SHARE

Tahukah Anda, bahwa motivator terkadang menjelma menjadi ustadz “universal” dan acara pelatihan bertajuk pengembangan diri serta motivasi banyak dipengaruhi dengan kesyirikan?

Mungkin bagi umat di luar Islam, lunturnya iman dan rusaknya aqidah bukanlah hal yang berbahaya. Tapi, bagi seorang muslim, Aqidah adalah hal yang utama. Percuma shalat, haji, zakat dsb. jika ditaburi kesyirikian. Allah berfirman:

لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Jika kamu berbuat syirik, niscaya amalmu akan sirna dan kamu pasti merugi. (Az-Zumar [39]: 65)

Sekilas, para motivator adalah orang yang baik dan mengajarkan kita untuk selalu bersemangat dalam hidup, meniti karir dan jenjang pendidikan. Tapi, di balik itu semua ada ajaran sesat terselubung yang disebut dengan New Age Movement.

Apa itu New Age Movement? Menurut Wikipedia:

New Age adalah gerakan spiritual yang terbentuk di pertengahan abad ke-20. Merupakan gabungan dari spiritualitas Timur, dan Barat, serta tradisi – tradisi metafisika yang mengemukakan suatu filsafat yang berpusatkan kepada manusia.

Tujuannya untuk menciptakan sebuah “spiritualitas yang tanpa batasan atau dogma-dogma yang mengikat”. Dengan menekankan bahwa Pikiran, Jiwa, dan Raga saling berhubungan, serta adanya bentuk Monisme dan kesatuan di dalam alam semesta.

Lebih jauh gerakan ini mencoba menciptakan “satu pandangan yang menggabungkan ilmu pengetahuan dan spiritualitas”.

Mungkin, kalau hanya membaca definisinya, bisa jadi kita akan menolak, “Engak… tidak mungkin saya mengikuti pandangan seperti ini.”

Kenyataanya, sadar atau tidak, kita sudah mengikuti bebagai kegiatan yang mengandung nuansa New Age Movement ini.

Kegiatan seperti ini sangat marak di Indonesia, yang diwujudkan dalam pelatihan bertajuk pengembangan diri dan motivasi.

Hebatnya pelatihan tersebut dibalut dengan spiritualitas, termasuk bernuasa islami. Misalnya, yoga dan meditasi dengan dzikir.

Selain berbalut spiritualisme yang dicampur dari berbagai agama, ciri kental New Age Movement juga memunculkan kajian secata saintifik yang umumnya merupakan pseudosains.

Buku Motivasi Sugesti Merusak Akidah IslamDi antara buku terkenal yang dianggap mewakili gerakan ini adalah The True Power of Water karya Masaru Emoto yang menjelaskan bahwa air dapat bekomunikasi dengan manusia lewat beberapa percobaan.

Bentuk komunikasi air itu adalah perubahan molekul sebagai respon negatif terhadap foto tokoh kejam seperti Adolf Hitler dan reaksi positif terhadap semua simbol agama, termasuk bulan bintang.

Dari itu muncul pertanyaan logis, dari manakah air mengenali foto Hitler dan lambang agama? Siapakah yang mengajarkannya?

ٍSaya tidak menafikan bahwa air adalah rahmat, dapat menjadi media ruqyah dan pengobatan, khususnya air Zam-Zam, Nabi Muhammad bersabda:

مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

Air Zam-Zam fleksibel sesuai tujuannya diminum. (Ahmad, Ibnu Majah)

Tapi, yang tidak boleh dilupakan adalah air bagian dari makhluk Allah yang menyembah serta bertasbih kepada-Nya. Jika keajaiban ini dinisbatkan kepada Islam, saya setuju.

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ

Tidaklah kamu memahami bahwa semua yang ada di langit dan bumi bertasbih kepada Allah, termasuk burung yang membentangkan sayapnya. Setiap makhluk memiliki cara shalat dan tasbih mereka masing-masing. Allah pun mengetahui setiap tindak-tanduk mereka. (An-Nur [24]: 41)

Tapi jika dikait-kaitkan dengan agama lain, bahwa doa dan jampi-jampi mereka pun direspon dengan baik oleh molekul air, secara tidak langsung, mereka telah mengajarkan liberalisme agama, setiap agama sama.

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Hanya Islam agama yang benar di sisi Allah. (Ali-‘Imran [3]: 19)

Anda yang telah membaca The Secret ataupun Law of Attraction tentu paham yang termaktub dalam buku-buku itu.

Keduanya mengungkap sebuah pemikiran sesat New Age Movement yang juga sering kita dengar dari para motivator sejak lama, yakni, “Jika Anda berfikir bisa, Anda pasti bisa!”

Inilah yang mereka anggap sebagai “Secret”, “Rahasia”.

Michael J. Losier pengarang buku Law of Attraction menulis, “Segala sesuatu yang saya pikirkan dengan segenap perhatian, energi, dan konsentrasi pikiran saya, baik hal yang positif maupun negatif, akan datang ke dalan kehidupan saya.”

Dengan kata lain, alam akan mendukung seseorang yang memikirkan sesuatu yang baik ataupun buruk dalam otaknya.

Teori inilah yang sangat membingungkan:

Pertama, mereka ingin mencampuradukan semua agama dengan ekperimen air yang merespon semua lambang agama dengan baik.

Kedua, mereka ingin meniadakan Tuhan dengan doktrin “sugesti” dalam konteks ini.

Ooo…

Betapa berbahayanya jika setiap diri kita memiliki kendali atas alam semesta. Dunia sangatlah luas, kebaikan dan kebenaran saja sangat relatif menurut manusia.

Terlebih, ada kebajikan dan keburukan yang pasti dan akan selalu saling berbenturan.

Seandainya benar adanya sugesti, mengapa Nabi Muhammad  dan Abu Bakar sebagai manusia yang memiliki pikiran paling positif tidak bersugesti untuk sembuh ketika sakit!

Bukti lain, sugesti kita tidak berfaidah ketika kematian datang, akhirnya semuanya binasa meski bersugesti “Aku akan hidup 100 tahun lagi.”

Tidak juga sugesti kita dapat mempercepat kematian orang lain. Allah berfirman:

قُل لَّآ أَمْلِكُ لِنَفْسِى ضَرًّا وَلَا نَفْعًا إِلَّا مَا شَآءَ ٱللَّهُ ۗ لِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۚ إِذَا جَآءَ أَجَلُهُمْ فَلَا يَسْتَـْٔخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Katakanlah, “Aku tidak berkuasa mencelakai seseorang, tidak pula memberi manfaat siapa pun, kecuali yang Allah dengan kehendak Allah.” Setiap umat mempunyai ajal. Apabila ajal itu datang, mereka tidak dapat menundanya sesaat pun, tidak juga mensegerakan. (Yunus: 49)

Saya tidak menuduh siapapun, tapi faktanya ada beberapa motivator yang memiliki pola pikir demikian. Tidak penting di mana dan siapa, yang perlu diwaspadai adalah ajaran sesat yang dibawanya.

Wabah ini bisa dibawa siapa saja dan di mana saja. Saat ada motivator berbica soal sugesti, jangan kedepankan sentimen. Kita perlu memahami apakah sugesti yang ia maksud adalah sinonim dari dorongan hati berdasarkan KBBI, atau “sugesti” yang dipahami oleh New Age Movement di atas.

Menarik dibaca:

Sumber:

  • Al-Quran
  • al-Hadits
  • KBBI.
  • Trim, Bambang. 2011. The Muhammad Effect: Getaran yang Dirindukan Sekaligus yang Ditakuti. Solo: Tinta Medina.
  • Wikipedia. 2015. Wikipedia. 11 Maret. Diakses November 13, 2015. id.wikipedia.org/wiki/Zaman_Baru.

1 Diskusi Asyik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here