SHARE

Nigella Sativa atau yang lebih dikenal dengan Habatussauda alias jinten hitam, telah digunakan secara tradisional oleh berbagai budaya di seluruh dunia sebagai obat alami untuk beberapa penyakit dan untuk meningkatkan kesehatan secara umum.

Sejarah Habatussauda atau Jintan Hitam

Orang-orang Mesir kuno telah mengetahui dan menggunakan habbatussauda sebagai obat mujarab. Tutankamun (Firaun dari Dinasti Kedelapanbelas Mesir (memerintah 1333 SM -1324 SM), pada masa yang disebut Kerajaan Baru Mesir) bahkan punya botol minyak habatussauda di makamnya !

Bangsa Romawi juga mengenal habatussauda dan menyebutnya “Ketumbar Yunani” yang digunakan sebagai suplemen makanan.

Pada abad pertama, dokter Dioscoredes Yunani mencatat bahwa jinten hitam digunakan untuk mengobati sakit kepala, hidung tersumbat, sakit gigi, dan cacing usus.

Jintan hitam telah dikenal luas di berbagai agama. Keberkahan jinten hitam disebutkan dalam hadist rasulullah ,

Diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah radiallahu anhu, bahwa Nabi Muhammad shallahu alaihi wa sallam bersabda:

فِي الحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ، إِلَّا السَّامَ

“Dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat obat segala penyakit, kecuali mati.” (al-Bukhari dan Muslim)

Selain itu jinten hitam juga disebutkan dalam Injil Surat Yesaya 28 ayat 23-27, dalam surat ini diterangkan dengan tegas bahwa jintan hitam merupakan berkah dari Allah, dan ada peringatan untuk memperhatikan firman ini dengan serius dan seksama,

28:23 Pasanglah telinga dan dengarkanlah suaraku; perhatikanlah dan dengarkanlah perkataanku!
28:24 Setiap harikah orang membajak, mencangkul dan menyisir tanahnya untuk menabur?
28:25 Bukankah setelah meratakan tanahnya, ia menyerakkan jintan hitam dan menebarkan jintan putih, menaruh gandum jawawut dan jelai kehitam-hitaman dan sekoi di pinggirnya?
28:26 Mengenai adat kebiasaan ia telah diajari, diberi petunjuk oleh Allahnya.
28:27 Sebab jintan hitam tidak diirik dengan eretan pengirik, dan roda gerobak tidak dipakai untuk menggiling jintan putih, tetapi jintan hitam diirik dengan memukul-mukulnya dengan galah, dan jintan putih dengan tongkat.

Catatan: Diirik maksudnya dibersihkan, atau ditampi, atau dipisahkan dari kulitnya, sebagaimana gandum diirik untuk memisahkannya dari kulit (sekam)nya dengan cara dipukul-pukul. Seperti memisahkan beras dari kulitnya, namun sekarang pengerjaannya sudah menggunakan mesin pengirik, atau mesin gilingan padi.

Tentang manfaat jinten hitam juga telah dimuat Ibnu Sina dalam Kitabnya, al-Qanun fi al-tibb atau oleh orang barat dikenal dengan nama Canon of Medicine. Ibnu Sina menjelaskan bahwa jintan hitam merangsang energi tubuh dan membantu pemulihan dari kelelahan.

Saran: Bagi para praktisi kesehatan dan mahasiswa kedokteran sebaiknya membeli buku ini. Orang barat saja menggunakannya sebagai referensi, lantas kenapa kita umat Islam tidak?

Pengenalan dan Manfaat Habbatussada atau Nigella Sativa

Habatussauda yang dengan nama ilmiah Nigella Sativa berasal dari Asia Barat, ia merupakan tumbuhan yang tumbuh dengan tinggi sekitar 16-24 inci dan memiliki bunga putih ketika mekar. Tanaman ini sekarang dibudidayakan di timur dekat India. Jinten hitam, bijinya berbentuk persegi panjang dengan ukuran tidak lebih dari 3 mm.

Nigella Sativa dikenal dalam bahasa Inggris dengan istilah yang romantis, yakni Love in the Mist (Cinta dalam kabut), sedangkan dalam bahasa Arab istilahnya lebih relugius, yakni Habbatul Baraka (biji yang diberkati).

Sejak tahun 1959, lebih dari 200 penelitian telah dilakukan di universitas-universitas internasional dan artikel yang dipublikasikan di berbagai jurnal telah menunjukkan hasil yang luar biasa yang mendukung penggunaan habatussauda sebagai obat herbal tradisional.

Salah seorang peneliti Mesir terkemuka Mahfouz dan el-Dakhakhny, menyebutkan bahwa Habatussauda mengandung lebih dari 100 komponen kimia.

Nigella dan melatin merupakan dua bahan aktif dalam Habbatussauda yang berkontribusi besar terhadap manfaatnya yang sangat beragam dalam kesehatan. Zat-zat ini bekerja sama untuk memberikan manfaat bagi sistem pencernaan dan detoksifikasi terhadap zat-zat beracun yang masuk dalam tubuh.

Dalam jintan hitam ditemukan nigellone dan thymoquinone. Nigellone berfungsi sebagai anti-spasmodik dan bronchodilating, sehingga habatussauda sangat bermanfaat terhadap penyakit pernapasan. Ia juga bertindak sebagai antihistamin yang membantu untuk mengurangi gejala negatif penderita alergi, seperti gatal dan bengkak.

Thymoquinone mengandung sifat anti – inflamasi dan analgesik yang sangat baik. Ia juga merupakan anti – oksidan yang kuat yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun.

Habbatussauda menyediakan pasokan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda. Bahan ini memainkan peran penting dalam mempertahankan kesehatan seseorang. Ia juga membantu mengatur metabolisme, membawa racun ke permukaan kulit untuk dikeluarkan, menyeimbangkan kadar insulin, mengatur kolesterol, meningkatkan sirkulasi tubuh, dan meningkatkan fungsi hati yang sehat.

Kekurangan asam lemak tak jenuh ganda dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk gangguan sistem saraf, abnormalitas pertumbuhan, dan penyakit kulit. Terlepas dari itu, habatussauda juga mengandung 15 asam amino, karbohidrat, serat makanan, serta mineral seperti kalsium, zat besi , natrium, kalium, seng, magnesium, selenium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B2, niasin (vitamin B3), dan vitamin C.

Penelitian terbaru tentang habatussauda mengungkapkan bahwa ia memiliki peranan sebagai:

  • anti bakteri
  • anti virus
  • anti jamur
  • Insulin sensitizing dan glukoneogenesis (penambah daya kepekaan fungsi insulin)
  • anti diabetes
  • anti ulkus (luka, borok atau bisul)
  • antispasmodik (anti kejang)
  • hepatoprotektif (perlindungan hati)
  • anti inflamasi
  • renoprotective (pertahanan ginjal)
  • anti histamin
  • anti tumor

Penggunaan Habbatussada

Selama berabad-abad, jinten hitam dan minyaknya telah digunakan oleh orang-orang di Asia, Afrika, dan Timur Tengah untuk meningkatkan kesehatan dan melawan penyakit. jintan hitam telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai penyakit dan kondisi yang berkaitan dengan kesehatan pernafasan, perut (keluhan usus), ginjal, fungsi hati, memperlancar sistem peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara penggunaannya untuk berbagai penyakit, yaitu :

1. Batuk dan asma

Oleskan minyak biji Hitam untuk dada dan punggung. Campur satu sendok teh minyak habatussauda dalam air mendidih lalu hiruplah uapnya dua kali sehari.  Lalu ambil minumlah setengan sendok teh minyak habatussauda setiap hari di pagi hari.

2. Sakit punggung dan rematik

Hangatkan minyak habatussauda secukupnya, lalu olekan di punggung atau di bagian tubuh manapun yang terasa sakit atau nyeri. Selain itu konsumsilah satu sendok teh minyak habatussauda 3x sehari.

3. Diabetes

Campur secangkir jinten hitam, secangkir biji Mustard, setengah cangkir kulit delima dan setengah cangkir fumitory kering, yang semua bahan telah dihaluskan menjadi bubuk. Konsumsi setengah sendok teh campuran tersebut ditambah dengan satu sendok teh minyak jintan hitam setiap hari sebelum sarapan selama satu bulan.

4. Diare

Campur satu sendok teh minyak habbatussauda dengan secangkir yoghurt. Minum campurantersebut dua kali sehari sampai gejala hilang.

5. Batuk kering

Satu sendok teh minyak habbatussauda dicampur dalam segelas kopi dan diminum dua kali sehari. Lalu gosok dada dan kembali dengan minyak habatussauda.

6. Flu dan hidung tersumbat

Teteskan 3-4 tetes minyak habatussauda kedalam lubang hidung.

7. Rambut berubanan

Pijat rambut dengan minyak habatussauda secara teratur setiap hari.

8. Rambut rontok

Oleskan kulit kepala secara menyeluruh dengan lemon dan biarkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas, lalu keringkan rambut. Lalu pijat minyak habatussauda ke kulit kepala. Selain itu minumlah satu sendok teh minyak habbatussauda yang telah dicampur segelas teh atau kopi.

9. Alergi musim semi

(Hay Fever) Campurkan satu sendok makan minyak habbatussauda dengan segelas jus lemon, konsumsi 2x sehari sampai gejala hilang.

10. Sakit kepala

Gosok dahi dan sisi wajah dekat telinga dengan minyak habbatussauda. Juga minum satu sendok teh minyak habbatussauda sebelum sarapan.

11. Mehatkan kulit wajah

Campur satu sendok makan minyak habbatussauda dengan satu sendok makan minyak zaitun. Gosok wajah dengan campuran ini dan biarkan selama setidaknya satu jam, kemudian bilas dengan sabun dan air.

12. Hipertensi

Campur teh hangat dengan satu sendok teh minyak habbatussauda, lalu  konsumsi dua siung bawang putih setiap pagi sebelum sarapan. Kemudian, gosok seluruh tubuh dengan minyak habbatussauda setelah  itu berjemurlah di panas matahari selama setengah jam, setiap 3x sehari, lakukan selamasatu bulan.

13. Malas dan letih

Campurkan satu sendok makan minyak habbatussauda dengan segelas jus jeruk murni setiap pagi selama setidaknya 10 hari.

14. Meningkatkan memori

Satu sendok teh minyak habbatussauda dicampur dalam 100mg daun mint, direbus lalu minum airnya satu gelas per hari selama setidaknya 15 hari.

15. Nyeri otot

Pijat daerah yang nyeri dengan minyak habatussauda.

16. Stress dan tegang

Satu sendok teh minyak habbatussauda dicampur dengan secangkir teh / kopi lalu diminum tiga kali sehari.

17. Gangguan tidur

Konsumsi satu sendok makan minyak habbatussauda dicampur dengan madu yang dilarutkan dalam minuman panas, di malam hari.

18. Sakit gigi

Campur setengah sendok teh minyak habatussauda dengan air hangat lalu berkumurlah dengannya, kemudian oleskan minyak pada gigi yang terasa sakit, maka akan mengurangi rasa sakit dengan cepat.

19. Penyakit mata & gangguan penglihatan

Gosok kelopak mata dan sisi sekeliling mata setengah jam sebelum tidur dengan minyak jinten hitam. Juga konsumsi lah satu sendok makan minyak jintan hitam yang dicampur dengan secangkir jus wortel. Hasil akan terasa dalam satu bulan, insya Allah.

20. Kelumpuhan otot wajah

Hiruplah uap dua sendok minyak habatussauda yang dicampurkan dengan seember kecil air panas.

21. Batu empedu dan batu ginjal

Ambil 250 gram jinten hitam ditambah 250 gram madu (terserah berapa campurannya yang penting 1 : 1), ambil dua sendok makan formulasi ini aduk dengan secangkir air panas, setelah itu camprkan dengan satu sendok teh minyak jintan hitam. Campuran ini harus diminum setiap pagi sebelum mengkonsumsi makanan.

22. Aktif di siang hari

Satu sendok teh minyak jinten hitam dicampur dalam segelas jus jeruk diminum setelah sarapan.

23. Tenang di malam hari

Satu sendok teh minyak jintan hitam dicampur dalam minuman panas setelah makan malam membuat anda tidur nyenyak sepanjang malam.

24. Menumbuhkan jenggot

Pijat daerah jenggot dengan minyak jinten hitam, pastikan minyak menembus ke akar. Ini merangsang pertumbuhan jenggot.

25. Memperlancar aliran ASI

Campurkan jintan hitam dan madu dengan perbandingan 1 : 1. lalu ambil dua sendok campuran, konsumsi bersama satu sendok teh minyak habatussauda setiap hari.

26. Penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah

Ambil setengah sendok teh minyak jinten hitam dicampur dengan minuman panas setiap hari di pagi hari. Insyaallah ia akan mencairkan lemak di dinding dalam pembuluh darah dan memperlebar pembuluh darah dan arteri.

27. Radang tenggorokan

Masukan beberapa tetes minyak ke secangkir air mendidih dan hirup uapnya. Kemudian ambil setengah sendok teh minyak jinten hitam campurkan dengan jus lemon, konsumsi setiap hari.

28. Sakit kepala dan telinga

Oleskan minyak jinten hitam ke dahi ,sisi wajah yang berdekatan dengan telinga dan di belakang telinga. Ambil setengah sendok teh minyak jinteni hitam konsumsi selama 3 hari.

29. Muntah

Ambil setengah sendok teh jus jahe segar yang dicampur dengan jumlah yang sama dari minyak jinten hitam, konsumsi dua kali sehari.

30. Menjaga kesehatan

Konsumsi satu sendok teh minyak habatussauda dengan satu sendok teh madu, dua kali sehari.

Masih banyak lagi khasiat dari Nigella Sativa ini. Selain itu, obat herbal ini dipercaya berkhasiat untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh bagi penderita HIV dan AIDS.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai habbatussauda dan manfaatnya. Saudaraku, janganlah ragu akan obat-obat yang diajarkan Rasulullah dalam sunnahnya, karena semua itu datang dari wahyu Allah.

إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى

Ucapan Rasul itu adalah wahyu. (an-Najm: 4)

Allah lebih tahu terhadap ciptaannya daripada dokter ataupun praktisi kesehatan lainnya. Karenanya, yakinlah sepenuhnya akan pengobatan nabawi dan jadikanlah ia sebagai sebab kesembuhanmu.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here