ASI Ekslusif Menyusui Bayi

Aktifitas memberikan ASI ekslusif adalah ibadah yang cukup panjang. Dua tahun lamanya harus dilalui dengan ikhlas. Tapi, terkadang ibu-ibu harus merasakan payudara sakit saat menyusui.

Katanya sih gejala mastitis. Itu tuh infeksi karena penyumbatan pada saluran susu, peradangan bahkan nanah. Hih ngeri…

Tapi gak usah panik. Kalau masih nyeri payudara saat menyusui, mungkin masih milk blister yang masih bisa diatasi. Kalo diabaikan, tanggung sendiri.

Penderitaan yang juga dikenal dengan sebutan jerawat puting ini memang identik dengan mastitis, warna awalnya bening, terus spot kuning atau putih. Jadi ada lapisan kulit baru di atas saluran asi, makanya jadi tersumbat.
Milk Blister ASI EkslusifCoba lihat gambar di atas, itu salah satu dari sekian milk blister yang mampir mengisi my postpartum. Gambar di bawah contoh milk blister yang berhasil keluar setelah di uyek-uyek.
Mastitis Milk BlisterBentuknya kayak lendir ASI, kenyel dan lengket, udah gak cair lagi karena kesumbat. Yang slide ke 4 & 5 itu pas aku taruh di botol susu. Dia kecampur sama ASI encer, keliatan kan yang gumpalan-gumpalan?
Payudara sakit karena milk blisterKeliatan juga kok di gambar terakhir yang nempel di pinggir botol itu. Biasanya juga ada butiran kecil di antara gumpalan ASI.
Botol susu milk blisterKecil banget kan? Tapi kalo udah kena milk blister terus disusukan ke dedek bayi, masya Allahh rasanya maknyus. Mantep. kayak luka di uwek-uwek tanpa bius.

Nah, penyebabnya apa aja? Bisa karena bra gak sesuai ukuran payudara, ASI yang oversupply, lacth-on yang gak tepat, strees, terlalu capek, & payudara terbentur keras.

Kalo gejala awal kena milk blister ini biasanya terasa ada gumpalan di payudara, puting terasa sakit nusuk pas menyusui, ada rasa terbakar atau ditusuk jarum bila pas ga nyusu. solusinya?

Cara Mengobati Jerawat Puting

Solusi ini versiku pribadi. yang cocok boleh diikuti, yang punya solusi lain, boleh lah sharing together with comment.

  1. Kompres hangat agak panas puting sebelum menyusui. karena isapan baby bisa membuka saluran yang tersumbat. meski rasanya jos gandos, insya Allah sembuh.

  2. Bersihkan spot putih milk blister dengan waslap lembut. agak di uyek-uyek juga, tapi kalau susah, bisa pake jarum steril dan jari yang bersih.

  3. Tetap lanjut menyusui. karena sebenarnya obatnya ya ada di baby. Kalo masih sakit (ini mah pasti, gak usah ditanya wkwk) bisa di pump sampe kosong.

  4. Pijat lembut payudara yang ada gumpalannya ke arah puting dengan kompresan air hangat, atau bisa sambil mandi air hangat juga.

Alhamdulillah selama 3 bulan, milk blister mah udah sering terjadi, sampai nangis-nangis juga kalo lebih di ambang batas ketegaran, tapi meski drama menyusui bayi tetap ada, semoga emak-emak masih ngotot & egois buat ASI-nya.

Sumber Artikel Milk Blister Asi Ekslusif

Biru Launiy: facebook.com/biru.launiy1/posts/1827177947347592

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here