Info Pendaftaran Pondok Pesantren Gontor & Biaya Masuk

Sehubung banyaknya pertanyaan terkait Pendaftaran Pondok Pesantren Gontor yang kami temukan. Rasanya, kami berkewajiban untuk menyediakan informasi seputar pendaftaran Gontor ini. Sekedar membantu para orang tua yang sedang merancang pendidikan anak-anak mereka.

Jika ada pertanyaan yang belum terjawab, boleh menulisnya di kolom komentar. Insya Allah akan kami bantu cari jawabannya.

Baru Lulus SD, Anak Saya Bisa Masuk Gontor?

Ponpes Gontor membuka dua kelas kurikulum KMI. Kelas Reguler dan kelas Intensif. Kelas Reguler diperuntukan bagi calon santri yang baru tamat SD atau yang sederajat. Sementara Kelas Intensif diperuntukan bagi pelajar tamatan SMP atau sederajat.

Saya Seorang Sarjana, Apakah Boleh Mendaftar?

Gontor sangat terbuka bagi pendidikan. Tahun 2017 saja terdaftar ada 2 pelajar lulusan S-1. Syawwal 1439, Pesantren ini mencatat ada 12 calon pelajar yang berasal dari SMA. Nantinya, mereka akan digolongkan dalam kelas intensif.

Berapa Tahun Lama Studi di Gontor?

Untuk kelas Reguler, waktu belajar kira-kira 6 tahun ditambah 1 tahun masa pengabdian. Kelas Intensif berlangsung selama 4 tahun ditambah 1 tahun masa pengabdian.

Kelas Intensif, Kenapa Lulusan SMP Harus 4 Tahun?

Sebagian orang tua dan calon santri bertanya-tanya, “kenapa lulusan SMP lama sekali masa studinya. Bukankah seharusnya cuma 3 tahun?”

Gontor ingin menciptakan alumni yang kaffah alis berintegrasi dengan ilmu dan saudara-saudara sesama alumni. Mayoritas santri di Gontor adalah lulusan SD. Mereka mulai belajar di usia SMP kelas 1. Pelajaran mereka lengkap dan utuh. Pelajaran kelas 3 KMI, ada hubungannya dengan materi di kelas 6 kelak. Kelas 5 KMI ada kaitannya dengan materi saat kelas 2.

Untuk itulah, lulusan SMP bahkan SMA yang masuk ke Gontor harus menempuh masa studi sepanjang 4 tahun.

Dua tahun pertama, untuk mengejar ketertinggalan materi. Satu tahun pertama isinya pelajaran kelas 1-2 KMI, satu tahun kedua untuk materi kelas 3-4 KMI. Sisanya, 2 tahun kedua normal karena tidak bisa dirangkum dalam satu tahun saking beratnya.

Dengan begitu, semua alumni Gontor punya standar yang sama.

Apa Itu Masa Pengabdian?

Masa pengabdian adalah waktu seorang santri yang barus lulus KMI dituntut mengamalkan segala ilmu yang telah ia dapatkan, minimal satu tahun. Pengabdian ini syarat mengambil ijazah yang tidak pernah dijanjikan Pondok Modern Gontor.

Apa itu KMI?

KMI (Kulliyatul Muallimin al-Islamiyyah) adalah kurikulum Gontor yang sudah baku dan paten diterapkan sejak pondok modern ini berdiri.

KMI menggunakan materi dan buku yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga ada keterkaitan antara satu pelajaran dengan pelajaran lain. Pelajaran kelas 1 berhubungan dengan pelajaran kelas 6 kelak.

Dengan Kurikulum KMI ini, Gontor tidak menginduk pada KEMENDIGBUD maupun KEMENAG, bahkan tidak ikut dalam ujian nasional (UN). Namun, ijazah Gontor tetap diakui dan dapat digunakan untuk melanjutkan kuliah di universitas dalam dan luar negeri, swasta maupun PTN.

Kenapa Gontor Tidak Menjanjikan Ijazah?

Gontor adalah lembaga pendidikan yang fokus pada praktik nyata terhadap ilmu. Bagi Gontor, “pengakuan masyarakat terhadap amal dan pengabidanmu, itulah ijazah”. Percuma saja lulus menurut akademi, tapi tidak lulus secara akhlak.

الأدب قبل العلم

Moral lebih utama daripada ilmu

Transportasi yang Dapat Digunakan Untuk Sampai ke Pondok Modern Darussalam Gontor

Kalau kita menggunakan jalur udara, terdapat tiga bandara terdekat. Yaitu Bandara Jogja, Bandara Solo dan Bandara Surabaya.

Jika Anda ingin ke Gontor Putri Mantingan melalui Bandara Jogja, saran saya naik kereta api Prambanan Express (Pramex) menuju Solo. Nanti dari stasiun KA Solo lanjutkan ke terminal Tirtonadi, bisa naik taksi atau becak. Kalau naik becak waktu tempuhnya 10 menit ±.

Kalau dari Bandara Adi Somarmo naik taksi ke terminal Tirtonadi. Setelah dari terminal, banyak bus yang dapat kita gunakan untuk sampai ke Mantingan atau ke Ponorogo. Dari Solo ke Mantingan waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam.

Sementara dari Solo ke Ponorogo waktu tempuhnya sekitar 3,5 jam. Sedangkan dari Surabaya ke Mantingan waktu tempuhnya sekitar 3 jam. Dan kalau ke Ponorogo waktu tempuhnya kurang lebih sama.

Kalau naik kereta, bisa turun di stasiun Madiun. Dari sana banyak bus yang dapat ditumpangi. Kalau ke Ponorogo turun di terminal Ponorogo, dilanjutkan trayek atau ojek ke Gontor. Insya Allah semua warga sudah tahu. Bisa juga dari stasiun Madiun naik ojek, kurang lebih satu jam perjalanan.

Pendaftaran Gontor 2020 Online

Pertama dalam sejarah di tengah wabah Covid-19, Gontor membuka pendaftaran secara online. Hanya pendaftaran bukan test masuk. Mohon diperhatikan baik-baik.

Mohon para calon orang tua wali berhati-hati terhadap beberapa pihak personal, fanspage yang mengatasnamakan pesantren.

Pendaftaran ini resmi, syarat ikut ujian masuk, dapat diakses via website resmi Gontor https://capel.gontor.ac.id.

Berkas akan diproses dalam 2×24 jam, maka sebaiknya jangan menunda-nunda. Bapak-ibu bisa login untuk cek verifikasi.

Waktu Daftar

  • Dibuka tanggal 25 Ramadhan 1441/18 Mei 2020 pukul 08.00 WIB
  • Ditutup tanggal 25 Syawwal 1441/5 Juni 2020 pukul 24.00 WIB.

Data akan di verifikasi dalam 2×24 jam.  Untuk melihat perubahan status, dapat dilihat dalam halaman login pendaftaran.

Penyerahan Berkas Offline

Kemudian tanggal 26 – 30 Syawwal, bapak-ibu bersama buah hati diharuskan hadir menyerahkan berkas dan ikut ujian lisan di Gontor 2 Siman untuk putra & Gontor Putri 1 Sambirejo untuk putri.

Adapun syarat-syarat lain dan rincian biaya bisa dibaca dalam link berikut : https://www.gontor.ac.id/pendaftaran

Jadwal Ujian Tulis KMI

Jika tidak ada perubahan, maka test tulis akan dilaksanakan pada waktu dan tempat yang serempak.

  • Putra: 11 Syawwal 1441/3 Juni 2020, Pondok Modern Darussalam Gontor kampus Pusat, Gontor, Mlarak, Ponorogo.
  • Putri: 15 Syawwal 1441/7 Juni 2020, Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 1, Sambirejo, Mantingan, Ngawi.

Kontak Panitia Ujian Masuk

Untuk informasi lebih lanjut terkait tata cara dan syarat test dapat langsung diajukan kepada PANJIMAS (Panitia Ujian Masuk) melalui:

Berapa Biaya Masuk Pesantren Gontor?

Biaya pendaftaran tahun 2020/1441 ini sejumlah Rp.5.700.000. Biaya ini harus disetorkan pada saat pendaftaran dan akan dikembalikan sebagian jika anak kita tidak diterima. Rincian biaya pendaftaran dapat di akses melalui web di atas.

Apa Materi Test Masuk Gontor?

Ujian masuk terdiri dari ujian lisan (interview) dan ujian tulis. Materi ujian lisan adalah:

  • test membaca al-Quran ,
  • Ilmu Tajwid,
  • praktik ibadah shalat,
  • doa harian.

Sementara ujian tertulis berupa pengetahuan umum:

  • Bahasa Indonesia,
  • Berhitung soal dan angka,
  • Imla (dikte aksara Arab).

Untuk materi Imla menggunakan bahasa Arab ini biasanya menjadi batu sandungan bagi anak yang berasal dari sekolah umum. Beberapa capel yang berasal dari sekolah agama pun seringkali kesulitan menyelesaikan ujian Imla ini.

Pendaftaran Rombongan

Beberapa alumni Ponpes Gontor di daerah biasanya berinisiatif untuk mengorganisir proses pendaftaran calon santri. Jika di daerah Anda ada alumni Gontor, mungkin bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi tentang proses pendaftaran rombongan.

Para alumni akan menjadi guide bagi para calon santri dan orang tuanya selama proses pendaftaran hingga pelaksanaan ujian masuk.

Pendaftar Luar Jawa

Pendaftaran ini berlaku untuk pondok dalam pulau Jawa. Untuk Ponpes Gontor di Sumatera dan Sulawesi memiliki ketentuan yang sedikit berbeda, di mana mendaftar, di situ pula ditempakan sementara waktu.

Adapun jika mendaftar di pulau Jawa, maka akan ditempatkan di pulau Jawa juga, meski tidak pasti di Gontor Pusat, 2, atau 3.

Untuk bapak-ibu yang berada di Sumatera atau Sulawesi, dan merasa keberatan untuk mendaftar di Jawa, silakan bisa daftar di pesantren Gontor yang ada di pulau tersebut. In sya Allah kurikulum, metode pendidikan dan kegiatanya sama persis.

Berapa Lama Proses Pendaftaran Hingga Ujian Masuk?

Secara umum proses pendaftaran hingga ujian masuk memakan waktu kurang lebih 10 hari. Beberapa calon wali santri bahkan ada yang sampai bermukim satu bulan di Pesantren Gontor untuk mendaftarkan anaknya.

Saya sendiri, pernah menjadi calon pelajar selama 6 bulan, teman saya juga ada yang setahun jadi calon pelajar. Karena Gontor menggunakan penanggalan hijriyah, dengan tahun ajaran baru dimuali dari bulan Syawwa. Saat itu, kelulusan sekolah saya terpaut cukup jauh dari bulan Ramadhan.

Perlengkapan Apa Saja yang Perlu Disiapkan Calon Santri & Wali Santri?

Para CAPEL (Calon Pelajar) harus membawa pakaian sehari-hari yang menutup aurat, seperangkat alat shalat, kemeja putih-celana hitam, keperluan mandi, perelengkapan mencuci, peralatan makan minum, perlengkapan tidur (tikar, bantal, selimut), kain kafan, hingga obat-obatan. Jika tidak sempat membawa, semua itu dapat dibeli di koperasi pelajar.

Mengenai pakaian ini, silakan baca tulisan tentang Kegiatan Ospek di Gontor.

Serius harus bawa “kain kafan”?

Ya, ini hanya pribahasa yang turun-temurun disampaikan para guru dan ustadz di Gontor, “menyerahkan anak ke Gontor, harus beserta kain kafannya.”

Artinya, kita harus punya persiapan penuh, rasa percaya bahwa anaknya di pondok itu dididik. Ikhlas anaknya disuruh ini dan itu, demi pendidikan. Selengkapnya, baca di kutipan Nasihat K.H Hasan Abdullah Sahal untuk Wali Santri.

Bagaimana Dengan Fasilitas Penginapan dan Makan Selama di Gontor?

Di Pontok Putri, pengelola Gontor menyediakan seluruh areal Pondok sebagai tempat untuk menginap. Khusus di Gontor Putri I, lokasi menginap terpusat di Aula utama. Aulanya sangat besar, kira-kira sebesar Gedung Olah Raga. Aula itu dilengkapi dengan mushola, kantin untuk memesan makanan dan minuman, serta kamar mandi umum.

Selain di Aula, beberapa teras gedung juga sering digunakan oleh orang tua capel untuk menginap. Area lapangan pondok ada fasilitas gazebo berukuran 2 x 2 meter. Gazebo ini bisa dipergunakan pula untuk menginap. Banyak pula orang tua capel yang membawa tenda dan mendirikannya di lapangan pondok.

Di Pondok Putra, orang tua bisa menginap di Gedung beberapa Gedung yang telah disediakan Gontor Pusat. Seingat saya, orang tua juga bisa tidur di Masjid yang cukup nyaman.

Di ruang makan tamu, juga disedikan makanan yang boleh dikonsumsi dan disediakan bagian penerimaan tamu 3 kali sehari sesuai jam makan. Tapi, umumnya para orang tua membeli makanan di kantin.

Ada juga warung makan yang banyak di terdapat diluar kawasan pondok. Saran saya, jika mengajak anak makan di luar pondok, jangan ajak putra-putrinya.

Di Gontor Putri, para ortu juga boleh memasak. Untuk bahan makanan, jangan khawatir. Karena di depan Gontor Putri 2 ada pasar pagi yang menjual aneka keperluan untuk dimasak.

Untuk kebutuhan minum, di hampir setiap gedung di Gontor tersedia depot air minum yang dapat diambil airnya yang sudah ready to drink. Di kantin juga disediakan air putih dalam kemasan, minuman hangat dan nasi bungkus dengan harga murah meriah.

Mandi dan Cuci Baju

Untuk keperluan mandi, tidak perlu khawatir karena fasilitas kamar mandi di Gontor sudah memadai. Kalau gayung di toilet kamar mandi tamu tidak ada, silakan hubungi bagian penerimaan tamu.

Kemungkinan bapak-ibu tinggal di Gontor tidak hanya serhari. Mau-tidak mau, pakaian akan kotor. Kalau sudah begitu, cuci pakaian bisa dilakukan di tempat wudhu secara mandiri.

Untuk putra-putrinya, sebaiknya dilatih cuci pakaian sendiri. Jika tidak sempat, bisa menyerahkan pakaianya ke bagian penatu (laundry).

Apakah Calon Wali Santri Harus Menunggu Anaknya?

Tidak harus. Namun, jika anak kita ingin menempuh jalur reguler (baru tamat sekolah dasar), saran saya calon wali santri lebih baik menunggu anaknya hingga selesai ujian masuk.

Ada beberapa aktivitas yang sulit untuk dilakukan oleh capel, seperti mengisi formulir pendaftaran, mengantri dan memasukan berkas pendaftaran, membeli perlengkapan tambahan selama menjadi capel seperti perlengkapan mandi, tikar/kasur untuk tidur dan bahan makanan.

Di Gontor Pusat Ponorogo, biasanya juga ada acara silaturrahim bersama Pimpinan Pondok yang diadakan di Aula.

Setelah pengumuman ujian masuk, capel yang diterima juga akan langsung diasramakan. Para Santri harus membawa seluruh perlengkapannya seperti peralatan tidur, koper berisi pakaian, tas, ember dsb. ke Pondok yang telah ditetapkan.

Aktivitas ini sangat menyulitkan bagi anak kita yang baru tamat SD, karena jarak antara komplek Gontor Putri (GP) I, II dan III berjauhan, Komplek GP I dan II walau bersebelahan namun kawasan ini besarnya sekitar 12 hektar atau 12 kali lapangan bola.

Sementara jarak dari GP I ke GP III harus menggunakan bus yang disediakan pondok dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Tanpa pendamping orang tua, anak kita tentu akan kebingungan.

Di Gontor Putra lebih dekat, namun lebih ketat. Calon pelajar harus tinggal di asrama sejak awal mendaftar. Santri yang sudah diasramakan, tak diizinkan lagi berada di luar pagar kawasan pondok.

Aktivitas Apa Yang Dilakukan Calon Pelajar Sebelum Ujian & Menjelang Pengumuman?

Pendaftaran Pesantren Gontor
Suasana Pengumuman Kelulusan

Selama berada di Pondok dan menjelang pelaksanaan ujian masuk, capel akan melaksanakan aktivitas layaknya seorang santri. Mereka diwajibkan menggunakan seragam sesuai alam pendidikan Gontor, shalat berjamaah 5 waktu di masjid, dan mengikuti bimbingan belajar dari santri senior.

Capel juga diwajibkan mengikuti upacara pembukaan tahun ajaran baru. Semua penghuni pondok akan hadir termasuk para ustadz. Di sana mereka akan dikenalkan, apa itu pondok, siapa dan bangaimana pimpinan, pengasuh pondok serta direktur KMI.

Setelah itu capel akan langsung diarahkan menuju ruangan ujian. Setelah ujian masuk dilaksanakan, kita masih harus menunggu beberapa hari (sekitar 4 hari) sampai pengumuman kelulusan.

Proses pengumuman berlangsung sangat dramatik. Seluruh capel yang menggunakan seragam putih-hitam dikumpulkan di bawah tenda besar. Dengan saksama para ustadz pondok akan membacakan nomer peserta ujian yang dinyatakan lulus satu persatu beserta cabang pondok mana yang akan ditempati. Mereka yang tidak disebut, dinyatakan tidak lulus.

Persentase Kelulusan

Tidak dapat dipastikan, berapa banyak Gontor akan menerima santri baru. Sangat mungkin ponpes ini tidak meluluskan seluruh capel lantaran tidak lolos kualifikasi. Sangat mungkin pondok modern ini menerima semuanya, selama pantas, kenapa tidak?

Di Gontor tidak ada yang di istimewakan, entah itu pejabat atau orang yang memiliki jasa terhadap pesantren seperti keluarga pondok, alumni, dan donatur. Bahkan putra pendiri Gontor, mendaftarkan putrinya layaknya orang tua pada umumnya.

Saat pendaftaran pesantren Gontor, tidak ada yang namanya calo, orang dalam, pintu belakang atau suap-suapan. Semuanya diperlakukan sama.

 2016201720182019
Pendaftar2597267532413714
Lulus1902223626412824
Tidak Lulus698439600890
Data Peserta Ujian Masuk Gontor Putra

Apa Saja yang Harus Dilakukan Jika Tidak Lulus Masuk Gontor?

Saat pengumuman ujian masuk, di kawasan pondok banyak stand pendaftaran pondok alumni Gontor. Beberapa orang tua banyak yang menitipkan anaknya ke pondok alumni ini ketika dinyatakan tidak lulus ujian.

Tidak jarang, tahun depannya para orang tua itu akan mendaftarkan kembali anaknya untuk mengikuti test masuk Gontor. Jurus ini biasanya dilakukan oleh para ortu yang berasal dari daerah yang jauh. Biasanya, mereka yang mondok di pondok alumni akan lebih terampil menjawab soal-soal pada ujian masuk.

Setelah Diterima Jadi Santri Gontor …

Orang tua dan anaknya harus terbiasa berpisah. Jika ada waktu, sang wali boleh menginap sampai sebulan. Tapi, anaknya tidak akan leluasa bertemu seperti ketika masih capel. 100% harus ikut kegiatan pondok.

Santri yang lulus dan ditempatkan di pondok cabang Gontor, sore harinya akan langsung diantarkan. Pendidikan, sistem, kurikulum, silabus di pondok cabang seutuhnya sama.

Beberapa hari setelah pengumuman, santri kelas intensif akan melaksanakan placement test untuk menentukan kelas apa dia akan ditempatkan.

Bagi santri yang memiliki pengetahuan lebih, boleh ikut ujian kelas akselerasi. Sejauh ini, ada beberapa santri yang langsung naik kelas 3, langsung naik kelas 5. Bahkan langsung naik kelas 6 sebagaimana yang dialami putra Kiyai Anang Azharie, Pimpinan Ponpes Modern Al-Mizan.

589 Comments

  1. Assalamualaikum Wr, Wb
    Mohon penjelasan Ustadz, anak saya laki-laki saat ini kelas 5 SD Al-Islam di Solo, rencananya lulus SD dia ingin belajar di Gontor Darussalam Ponorogo.

    1. Apakah bisa daftar gontor, sementara SD nya belum lulus, karena Daftar Gontor dibulan Syawal 1443 H jatuh nya dibulan Mei 2022, sedangkan kelulusan SD di bulan Juni 2022 ?
    2. Apakah dalam pendaftaran ada preferensi mengisi formulir keinginan utk ditempatkan di cabang gontor mananya ?
    3. Jika putra saya di gontor dari Setingkat SMP hingga lanjut setingkat SMA, maka ijazahnya baru diberikan semua setelah pengabdian ?
    4. Apakah ada semacam bimbel untuk masuk gontor Darussalam di Solo, mohon infonya ?

    جَزَاكَ اللّٰهُ خَيْرًا

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      1. Kalau belum dapat ijazah, in sya Allah bisa menggunakan surat keterangan lulus ujian sebagaimana 2 tahun belakangan. Untuk selebihnya, kita masih menunggu keputusan pimpinan. 2 tahun lalu, kurang-lebih terjadi selisih bulan juga. Saat itu, ada yang jadi capel 1 tahun, 3 bulan.
      2. Jika daftarnya di Gontor Pusat, tidak bisa memilih mau ditempatkan di pondok mana. Sedangkan kalau daftarnya di pondok luar Jawa, kemungkinan ditempatkan di pondok tersebut.
      3. Ya, benar. Ijazah Gontor hanya satu, dan diberikan jika lulus pengabdian.
      4. Bapak bisa coba search IKPM Gontor untuk Solo, biasanya kalau ada IKPM-nya, ada pula bimbingannya.
      5. Semoga cukup menjawab. Mohon maaf kalau ada kurang-kurang kata. Terima kasih.

  2. Assalamualaikum warahmatullah wa baraakatuh

    Ustadz mau tanya …apakah tiap tahun daftar ulang di pondok gontor besaran biayanya sama dengan ketika mendaftar masuk?…terima kasih

  3. Assalamualaikum,
    Mohon informasi mas, saya ingin berkunjung bersama anak dan isteri saya ke Ponpes Darussalam Gontor ( Putra )
    Adapun maksud dan tujuan saya, ingin memperkenalkan kepada anak dan isteri saya seperti apa pondok Gontor.
    Anak saya saat ini masih kelas 3SD.
    Besar harapan saya setelah lulus SD anak saya bisa mengenyam pendidikan di Ponpes Darussalam Gontor.
    Mohon bantuan dan arahannya, bila berkenan saya minta kontak wa panjenengan. Terimakasih wassalamu’alaikum wr.wb

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Semoga Allah mudahkan niat mulia bapak dan keluarga. Saat ini Pesantren Gontor masih menutup gerbang dari tamu, demi menjaga keamanan di tengah pandemi ini. Bahkan wali santri sendiri tidak boleh jenguk anak.

      Adapun untu memotivasi anak agar mau mondok saat ini hanya dapat dilakukan dengan cara bercerita, atau nonton Youtube. Bapak bisa cari GontorTV, di sana banyak konten tentang Gontor yang in sya Allah menarik buat anak.

      Semoga membantu, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

  4. Assalamualaikum ustad…
    ustadz mau tanya..
    adik saya kan sekrang kls 3 intensif di gontor.
    nah taun depan insaAllah dia kls 5.
    mau tanya ustad…
    apakah daftar ulang naik kls 5 KMI it sampai 15jtan?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Mana mungkin! Daftar ulang, gak jauh beda dengan tahun kemarin.

    • Saya tinggal di jakarta, berumur 60 th luluda S1 badan sehat sekali krn sering berolahraga, baru pensiun dr perusahaan swasta per bln juli th2020 sebelumnya sdh pensiun dr perusahaan BUMN Garuda Indinedia th 2016 dan sekarang pengin mondok di pesantren Gontor ingin belajar bhs arab dan inggris dan ilmu agama yg lain agar bisa memperluas wawasan… Bisakah saya diterina? Biaya semuanya brp dan informasi saya lancar mengaji dg tajwidnya…

      • Masya Allah tabarakallah. Tentu saja bisa Pak.
        Sejauh yang saya tahu, usia santri Gontor paling dewasa pernah 35 tahun, lulusan S1 juga. Ada juga orang Australia, udah punya anak & istri.
        Tapi, apakah bapak sebelumnya sudah kenal Gontor?

        • Zainal Abidin …..yg benar (ralat ustadz)
          Saya tahu Pondok Gontor Sejak smp di jombang, krn orang tua rencana akan memasukan saya ke Gontor berhubung bersamaan kedua kakak sy masuk ke IAIN Sunan Ampel surabaya dan IAIN Malang Pada akhirnya biaya tdk ada
          Dalam artian kurang utk masuk ke Gontor….banyak saudara dan teman2 di jonbang banyak menjadi alumni P.Gontor…..

          • Silakan Pak, Gontor selalu terbuka. Soal pengajaran & KBM, saya rasa bapak tidak akan terkendala. Tapi, namanya juga ponpes, di luar kelas ada program pendidikan. Untuk yang satu ini, saran saya, bapak memastikan diri bahwa bapak sanggup atau ada pengecualian.

            Misalnya, kegiatan di asrama harus ikhlas diatur oleh pengurus yang tentunya lebih muda usianya. Hampir setiap peralihan aktifitas dilakukan dengan berlari, dsb…

      • assalammualaikum izin

        sher ada baik nya saudara hubungi fb ustadz haji nur achnmad

  5. Agung Syahputra Mairis

    Assalamualaikum

    Saya Agung saat ini berdomisili di Malaysia, ingin bertanya apakah saya bisa masuk Gontor sedangkan saya Lulusan S1, saya ingin memperdalam agama Islam lagi. Mohon penjelasannya

    Jazakullahu khairu

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Tentu saja bisa. Abang, bisa mendaftar ke pondok sebagai santri, tapi abang juga bisa daftar untuk lanjut kuliah S2 sebagai mahasiswa.

      Semoga bermanfaat

  6. assalamualikum

    saya dari belitung, mau tanya untuk bimago didaerah mana? apakah ada contact personnya

    Mohon informasinya

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Ibu bisa hubungi alamat berikut: IKPM BANGKA BELITUNG
      – Edduar Setiawan
      – Alamat : jln fatmawati kampak depan masjid al mizan taman bunga gerunggang pangkalpinang babel
      – nomer hp 081367658280

  7. Maaf sebelumnya.
    Apakah menerima santri dewasa? Saya lulusan S1, rencana mau mondok untuk belajar alquran karna saya kurang dalam ilmu agam. Apakah ada program nya? Kalo ada bisakah diberi tahu gimana cara pendaftaran, apa2 saja program yg dikasih utk santri dewasa, fasilitasnya. kalo semisal ada link utk lebih jelas atau file/doc tentang santri dewasa tolong diberitahu ya.
    Terima kasih.

    • Sepanjang yang saya tahu, setiap angkatan hampir selalu ada santri dewasa. Zaman saya, ada yang udah punya anak, kakak kelas saya ada yang udah selesai S1. Pembimbing saya juga masuk Gontor selesai S1. Tahun kemarin juga ada yang udah kerja, sarjana, malah masuk Gontor.

      Nanti masuknya kelas intensif. Ini kurikulum 4 tahunan khusus untuk tamatan SMP, SMA setingkat. Begitu juga kalau mbak lulusan S1, masuk program ini.

      Untuk al-Quran, di Gontor mungkin tidak belajar mengeja huruf Quran, paling dasar belajar tajwid. Kemudian akan belajar bahasa Arab beserta kelengkapannya untuk memahami Kitabullah. Ada juga mapel tafsir, tarjamah, serta usul fiqih, hadits sebagai alat mengurai makna.

      Di luar itu, ada ekstrakulikuler qiroah dan eskul tahfiz.

  8. Assalamualaikum ustad. Mau nanya, apa ada program untuk mahasiswa?

  9. Assalamu’alaikum, saya smk jurusan tataboga dan ingin melanjutkan di unida jurusan tafsil Al-Qur’an. Apakah bisa?

  10. Tadz. Apa pertimbngan penempatan Gontor Putri 1,2,3 dan 5? Mohon penjelasannya.

  11. Assalamualaikum,,, anak saya sangat berminat sekolah di gontor tetapi karena Covid-19 jadi terhambat hingga terlambat daftar ke gontor. Apakah ada pendaftaran gelombang selanjutnya untuk tahun ini ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Mohon maaf ibu tidak ada gelombang selanjutnya untuk tahun ini. Harus menunggu Ramadhan yang akan datang.

  12. Assalamualaikum mohon bertanya, apakah ada grup WhatsApp/ nomor ponsel untuk belajar madrasah ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Maaf, kami kurang tahu.

      • Assalamualaikum..
        Anak saya tahun batal ikut ujian masuk gontor putri dikarenakan bandara ditutup dan sy tidak bisa cuti. Mungkin ada no kontak dari pondok alumni yg bisa dihubungi, biar saya bisa titip anak sy disana u/ persiapan masuk Gontor putri tahun depan.
        Terima kasih

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Boleh tahu lokasi bapak atau putrinya? Ada banyak pondok alumni di Indonesia, agar saya bisa mengabarkan yang terdekat dengan daerah bapak.

          • Saya di papua… Pondok alumni di jawa juga gak apa2. Biar satu kali jalan..
            Makasih

          • Berikut pondok alumni yang masih buka pendaftaran. Berikut ini sebagian. Kalau cari lokasi lain, kasih tahu ya Pak. Untuk Papua sepertinya sudah tutup.
            Sulawesi :

            1. PP Husnayain Salulebbo Mamuju Tengah Sulawesi Barat, Ust. Nusrah Al Mukhtar 081248063985
            2. PM Daqu Al-Umm Laiya Ds. Tompobulu Kec. Bulupoddo Kab. Sinjai. Prov. Sulawesi Selatan, H. Muhammad Wahid Dahlan Lc. 085344464885

            Jawa Timur:

            1. Ihyaul Qur'an Nururrahman Malang – Jatim, 085748748777

            2. Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura, Ust Suhaimi (+6285217931890)

            3. Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso Bondowoso, Ust Misbahul Mushleh (085233278070) / Ust. Mujahidin (082302178873/085203813991)

            4. Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso Bondowoso, 082 111 888 677

            5. PP Darul Islam Sidomukti Brondong Lamongan Jatim, Ust. M. Natsir (08123410636)

            6. PP. Baitul Arqom Balung Jember, 082231423353

            7. PP. Darul Muhajirin, Gucialit,Lumajang, 085234009991

            8. Ponpes Al Munawwarah Brondong Lamongan Jawa Timur, Ust. Hasan Al Banna (082140098888)

            9. PM. Al Furqon , Segok Bangil. Ust. M.Hidayat Muchsin (08113525599)

            10. Pondok Pesantren Modern Al-Barokah, Nganjuk, 081326001409

            11. PM MBS (Muhammadiyah Boarding School) Jetis Ponorogo, Ust. Arif Rahman H (085330802484)

            12. Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo

            13. Pondok Modern 'Aisyiyah Islamic Boarding School (PM-AIBS) Sumberrejo - Bojonegoro. Jl. Sikatan 331B (Belakang Kantor Kecamatan Sumberrejo) Sumberrejo Bojonegoro Jatim 62191, Usth. Irma (082338019747) / Ust Afghan (081284179999)

            14. Pondok Pesantren Darussalam Ngesong (Jenjang Pendidikan Madrasah Aliyah) Jl. Kapten P. Tendean No. 10 Ngesong Sengon Jombang, Ust. Achmad Junaidi (085648566446)

          • Kalau daerah Surabaya/kediri ada pondok alumni gontor gak ya ust..? Kira2 pendaftaran buka sampai akhir juli, karena harus tunggu pesawat Hercules u/ berangkat ke jawa… Terimakasih infonya ust..

          • Kalau Surabaya dan Kediri, bapak bisa merujuk list pondok alumni di Jawa Timur di atas.

          • Sy sdh kontak pondok alumni yg dikasihkn sm ust, u/ menanyakan batas akhir pendaftaran.
            Terimakasih atas informasinya ust.

          • Semangat terus ya Pak. Di manapun mendalami ilmu agama, semoga Allah mudahkan niat baiknya.

    • Assalamualaikum Ustd..mohon info untuk tahun depan tahun ajaran 2021 kapan pendaftarannya mulai dibuka.. Apakah selalu di bulan Ramadhan – Syawal?? Terimakasaih

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah
        Iya benar Bu, sejak berdiri Gontor, tahun ajaran baru selalu di mulai syawwal. Jadi, kemungkinan pendaftaran dibuka 3-1 bulan sebelumnya.

  13. Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh ustadz, mohon izin saya ingin bertanya/:
    Saya kelas 2 SMPN, saya lulusan tahun depan saya ingin mondok di Gontor, dan di sekolah saya tidak ada pelajaran seperti imlak dan di rumah sayapun jauh dengan madrasah Sampai² saya tidak sekolah madrasah, apakah saya bisa mondok di sana ? Mohon jawabannya terimakasih
    Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh 🙏

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh wa maghfirah

      Mas bisa coba belajar sendiri, lewat online, youtube. Atau bisa cari IKPM Gontor, di sana ada bimgingan belajar. Bisa juga ikut BIMAGO/PRIMAGO.

      Untuk gambaran ujian, bisa baca post berikut https://www.openulis.com/tes-masuk-gontor/

      • Assalamualaikum admin, saya mau tanya seputar biaya gontor dari awal masuk sampai 1th kedepan. Buat persiapan saat hendak mengunjungi anak nanti. Karna berhubung saya jauh jadi mungkin sekiranya secara administrasi, atau biaya lain terkait Gontor bisa kami bawa. Kira-kira setelah melakukan administrasi, pembelian seragam, buku, lemari, kasur, adakah biaya lain yg bisa di persiapkan? Seperti mungkin dana kegiatan, kesehatan setiap tahunnya? Atau ada daftar ulang? Mohon infonya admin

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah.

          Sebenarnya, biaya pendaftaran/daftar ulang udah mencakup semua biaya kegiatan selama setahun, biaya kesehatan, dll. Kecuali uang makan dan uang sekolah.
          Dulu wesel bulanan orang tua saya selalu ngepas. Cuma itu, gak bisa jajan. Alhamdulillah, makan di Gontor tercukupi.

          Aslinya biaya di Gontor murah, tapi kadang anak-anak sesama teman suka patungan bikin kaos bareng dsb.

          Untuk biaya resmi, ibu bisa merujuk website Gontor.

          Kalau pakai Android, Ibu juga bisa login aplikasi administrasi Gontor di playstore. Di sana ada keterangan lengkap in sya Allah.

  14. Assalamu’alaikum…
    Putri sy saat ini masih SMK jurusan perbankan Syariah
    dan bermaksud melanjutkan ke UNIDA Putri.
    Apakah bisa lulusan SMK nantinya lanjut ke UNIDA ?
    krn tdk semua universitas menerima lulusan SMK.
    Apakah ada jurusan keilmuan yang sejalan dengan
    bidang Perbankan Syariah di UNIDA Putri nantinya ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Tentu saja bisa, selama mampu menghadapi ujian masuk UNIDA.
      Nanti bisa masuk ekonomi Islam.

  15. Assalamuálaikum warah matullahi wabarokatuh..
    Pak Ustad… anak saya baru lulus MTs N 2 Lampung Selatan… berkeinginan masuk GONTOR Putri…
    sedangkan saya sedang kesulitan Perihal pensiapan Biaya Awal.. kalau untuk Biaya Pendaftaran Insya Allah Cukup dari tabungan saya, akan tetapi Untuk biaya Perlengkapan, Biaya Seragam, biaya Buku dan atau Biaya lainnya saya lagi kebingungan dalam kondisi saat ini jika harus dilunasi… pertanyaan saya Apakah ada kebijakan dari pihak pimpinan Gontor mengenai Biaya-biaya Selain Biaya Pendaftaran, apakah bisa di cicil maksud saya dianggsur…???
    Mohon Arahan dan Pencerahannya Ustad…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Menurut kabar yang beredar, biaya pendaftaran bisa dicicil. Mohon dibaca kembali halaman pendaftaran resmi Gontor. Di bagian bawah artikel ini juga ada kontak panitian ujian, coba dikonfirmasi ke sana.

      Untuk pakaian, bapak berli secukupnya saja, putri bapak kan rajin, pasti gak masalah cuci baju tiap hari. Dulu saya juga cuma 2 stel pakaian.

      Adapun buku paket pelajaran, bisa pinjam sama teman seangkatan yang sedang tidak digunakan, atau bisa ke kakak kelas pengurus asrama. Kuatkan tekad, niatkan karena Allah, apapun yang terjadi adalah takdir, tapi bapak punya kesempatan berusaha.

  16. Penempatan santri gontor 1,2,3,5,6 mutlak faktor.nilai apa faktor jarak, kondisi kesehatan, ekonomi, dll. Klo rotasi pindah.kampus dan pindah kelas saat naik kelas itu dasarnya apa saja. Terimakasih

    • Nilai menentukan urutan kelas B, C, D. Tidak ada faktor jarak, kesehatan, apalagi ekonomi. Wallahu ‘alam terkait penempatan di awal-awal masuk. Saya rasa tidak demikian. Pasalnya kawan saya yang pintar dan baik pun banyak yang dipindah untuk ditugaskan.

      Bagaimanapun juga semuanya akan merasakan Gontor Pusat, meski bermasalah dalam berdisiplin, jika belum pernah.

  17. assalamualaikum ustad saya mau nanya kita udah daftar online tapi kok lama pemeriksaannya ya nanti kalau seandainya ditolak apa masih bisa kita lengkapi kekurangannya karna waktu bua pendaftarannya singkat sekali ..

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Dipantau saja pak dulu, kalau ada yang kurang atau ditolak, isi kembali.

      Mohon maaf, bisa dijelaskan apa maksud dari “pendaftarannya singkat sekali”?

      • Assalamualaikum istadz … sy mw tanya kl untuk SD bisa ga ?? Anak sy naik kls 2 thn ini tp sy mau pondokin aja ustadz … kira2 bisa ga ustadz ??

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Maksudnya kelas 2 SD bu?

          Kalau benar, Gontor tidak menerima anak sekolah SD. Kecuali lulus SD mau masuk SMP misalnya.
          Untuk pondok anak SD, ibu bisa merujuk ke pondok Tahfidz al-Muqoddasah, 500 meter dari Gontor Pusat yang juga diasuh oleh KH. Hasan A. Sahal.

  18. Assalamualaikum ustadz mau tanya putri kami masih kelas 2 dan mau naik kelas 3 mts dipesantren apabila mau daftar untuk nanti SMA nya kira2 untuk pendaftarannya kapan bisa ya ustadz

    Terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Sebelumnya mohon maaf Pak. Gontor tidak menerima perpindahan pelajar. Jadi, jika bapak ingin memasukan anaknya ke pesantren tersebut, ada baiknya tamat MTS terlebih dahulu, nanti masuk kelas intensif.

      Pendaftaran dibuka 25 Ramadhan tahun ini ditutup 13 Syawwal.

    • Assalamualaikum pak ustad, mohon maaf saya mau bertanya bagaimana pendaftaran di gontor putri 1 dgn suasana yg sekarang ini?
      Kpn di buka nya?

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

        Bapak bisa coba daftar lewat online dari 25 Ramadhan. Kemudian mohon update info tiap hari, kapan tepatnya putri bapak harus datang ke pondok untuk menyerahkan berkas offline dan ujian.

      • Assalamualaikum pak ustad maaf mau tanya saya melihat website pendaftaran online masih tutup berarti hari ini tanggal 25 ramadhan 1441/18 mei 2020 blm di buka y pak udtad ?

  19. Assalamualaikum, Saya sudah beli tiket perjalanan untuk 2 juni 2020 apakah mungkin Pendaftaran siswa baru diundurkan lagi, jika mungkin mohon pemberitahuannya secepatnya ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Maaf pak, 2 Juni ini baru mau daftar atau mau kemana pak?
      Anaknya, putra atau putri?

      • Assalamualaikum stad boleh mintak no.wa nya stad

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah
          Mohon maaf bapak, untuk ini kami tidak bisa. Jika ada hal penting, boleh ditanyakan di sini saja. Atau jika hal itu sifatnya sangat pribadi, bapak bisa inbox kami di fanspage Openulis.

        • Ass, mau nanya ustad kita kira pendaftaran di gontor9 Lampung apa masih bisa terima pendaftaran murid baru

          • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

            Untuk tepatnya kami kurang tahu. Ibu bisa langsung menghubungi Gontor melalui kontak berikut

            Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 9 Solok : 0821-8852-8368, 0821-7411-9251
            Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Lampung : 0822-6964-6166, 0823-8341-2188

            Semoga membantu.

    • Assalamualaikum,
      Ustadz anak saya tahun ini masih kelas 9 MTs. Niatnya tamat nanti dia mau ke Pondok Modern Gontor. Domisili di Palembang, minta informasinya Ustadz, mengenai alumni dll. Atau kontak yang bisa saya hubungi. Terima kasih Ustadz

      Wassalamu ‘alaikum

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

        Ibu bisa buka web resmi Gontor berikut. Di sana sudah lengkap informasi Gontor berapa saja yang ada di sumatera beserta kontak : https://www.gontor.ac.id/kontak

        Ibu juga bisa cara informasi IKPM resmi di kota ibu. IKPM ini fungsinya untuk koordinasi sesama alumni dan wali santri.

        Semoga berfaedah. Kalau ada yang belum jelas, silakan ajukan pertanyaan lagi.

        Wassalamu’alaikum wa rahmatullah

  20. Assalamualaikum . . .
    Pak Ustad ada beberapa yang mau saya tanyakan
    1.Anak saya tahun ini lulusan setingkat SMP tapi dari pondok juga,untuk lanjut SMA nya apakah bisa masuk di pondok gontor ?
    2. Untuk biaya pendaftaran bagi anak yatim piyatu apakah ada perbedaan dengan yang umum?
    Terimakasih,wassalamualaikum . . .

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      1. Tentu saja pak, bisa.
      2. Maaf, mengenai biaya pendaftaran untuk anak yatim saya tidak tahu.

      Semoga Allah mudahkan proses anak bapak.

  21. ust saya ingin brtanya say lulusan pdf wustha apalah sama test masuknya atau tdk lalu masih perlu ikut kls intensif

  22. Assalamualaikum Ustadz, saya mau tanya apa bisa mendaftar langsung ke ponpres gontor Darul Amin yg ada di Aceh Besar? dan mengikuti ujian masuk santri nya disana juga? Krn saya tinggal di daerah aceh, mengingat sekarang juga indonesia sedang di landa virus corona, semua penerbangan ke jawa di tutup , mohon bantu info nya dan no tlp yg bisa di hubungi di pompres Darul Amin Ustadz 🙏🏻

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Pendaftaran Gontor dibuka serentak, silabus dan kurikulumnya sama. Ibu bisa daftar di sana. Tapi, nanti sementara waktu ditempatakan dan belajar di Gontor Darul Amin. Kalau daftar di Jawa biasanya yang ingin ditempatkan di Jawa. Itu pun belum tentu di Gontor Pusat.

      Jadi, orang tua wali tidak perlu khawatir di Gontor mana saja anaknya di tempatkan.

  23. yudha yuwana prayitno

    Assalamualaikum..
    Saya mau mendaftarkan anak saya yg skrg mau lulus SD, Mohon info tentang pendaftaran tahun 2020 apakah masih sesuai dengan tanggal yg di tetapkan,,apakah ada pemunduran jadwal pendaftaran terkait dengan pandemi COVID 19, dan untuk persyaratan surat kelulusan apakah boleh menyusul, di karenakan sampai saat ini msh belajar di rumah dan blm ada pengumuman kelulusan dari sekolah

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Masih menunggu perkembangan Indonesia Pak, soal penerimaan dibuka atau tidak juga tergantung keputusan Pimpinan.

    • Menurut info, pendaftaran tahun ini online. Tapi ujian, tetap offline di Pondok.
      + Putra:
      Dibuka tanggal 15 Ramadhan 1441/8 Mei 2020 pukul 08.00 WIB.
      Ditutup tanggal 6 Syawwal 1441/29 Mei 2020 pukul 24.00 WIB.

      + Putri:
      Dibuka tanggal 15 Ramadhan 1441/8 Mei 2020 pukul 08.00 WIB.
      Ditutup tanggal 10 Syawwal 1441/2 Juni 2020 pukul 24.00 WIB.

  24. Mohon info ustadz, apa saja kegiatan ekstrakurikuler di pondok Gontor putra, apakah ada karate ?. Anak saya yang akan mendaftar tahun ini menyukai olahraga beladiri. Terima kasih infonya..

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Di Gontor ada banyak ekstakulikuler, untuk beladiri Gontor menggunakan Tapak Suci, namanya PERBEDA.

  25. Assalamu’alaikum Ustadz.
    Saya punya anak laki2 kelas VI SD di Padang. Rencana mau masuk Ponpes Gontor yang di Solok Sumatera Barat. Adakah no yang bisa saya hubungi? Apakah jadwal pendaftarannya sama dengan yang di Pusat? Trims atas jawabannya ya Ustadz

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Untuk pendaftaran, Gontor masih menunggu keputusan Pimpinan berkaitan wabah Corona. Biasanya awal Syawwal dibuka.
      Berikut nomer kontak kantor yang bisa dihubungi,

      1. KMI Gontor Pusat.(0352) 313 336,
      2. Email Gontor 11 Solok [email protected],
      3. Telepon Gontor 10 Aceh (0742) 285 29
      4. Telepon Gontor 9 Lampung (0727) 700 0230

      In sya Allah syarat dan waktunya sama antar Gontor.

  26. Assalamualaikum Wr.Wb Mohon info ustad ank sy thn 2020 ini lulus SMP.rencana saya mau masukkan di ponpes gontor 9 Lampung.
    1).Mhn info kontak pengurus yg bisa dihubungi untuk info pendaftaran dll di ponpes Lampung. Krn no hp yg tertera di website Tdk bisa dihubungi (selalu tidak aktif)
    2).Apakah pendaftaran dan test masuk ponpes gontor 9 Lampung sama dengan jadwal pendaftaran ponpes gontor pusat (jawa) ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      1. Telepon (0727) 700 0230
      2. Waktu pendaftaran in sya Allah sama, tapi mungkin ada perbedaan dalam ketentuan. Silakan kontak Gontor 9 nya
  27. Assalamualaikum,mau tanya mengenai jadwal pendaftaran santriwati tahun ini,apa ada perubahan jadwal yg udah ada apa tidak?
    Karena terkait kondisi saat ini yang sedang di Landa virus Corona,terimakasih.
    Wassalamualaikum.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Wallahu ‘alam Pak. Semoga wabah Corona Wuhan ini segera berakhir. Kita masih menunggu perkembangan Indonesia serta keputusan pimpinan.

  28. Assalamu alaikum warahmatullahiwabarakatuh.
    Ustad anak sy hiper aktif bahkan cenderung nakal dan usil. Sy sampai takut tidak sanggup mendidiknya supaya berakhlak baik. Apakah anak sprti anak sy bisa dititipkan dan diterima di pondok gontor?
    Assalamu alaikum warahmatullahiwabarakatuh

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      In sya Allah bisa bu. Yang penting sekarang dilatih saja sesuai test yang akan diujikan.

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barkatuh

      • Assalamualaikum,kami mau mendaftarkan anak kami,bisakah kami mendaftar walaupun kami sudah terlambat dr pendaftaran yg ponpes Gontor sudah menutup pendaftaran dr yg ditentukan.mohon info nya

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Setahu saya, berdasarkan web resmi Gontor, pendaftaran tutup besok pak. Jadi, in sya Allah masih ada kesempatan hari ini.
          Jangan lupa, pendaftaran online.

  29. Assalamualaikum.. Pendaftaran th 2020 apa ada perubahan jadwal?
    Mengingat ada wabah covid19, saya mau daftarkan anak lulus sd thn ini, saya dr kaltim

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Kita masih menunggu keputusan Pimpinan dan perkembangan Indonesia. Semoga Allah selamatkan negeri ini.

  30. Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh..
    Pak Ustad…..sy berasal dari Provinsi BABEL, sy punya anak laki2 kelas 6 SD yang ingin sekali masuk PP Gontor pada th 2020 ini, anak sy kesehariannya agak sulit makan apalagi makan sayuran dan buah2an (kalaupun mau makan itu sesuai dengan selera dia saja), selain itu saat sekarang anak saya pakai kawat gigi dan harus kontrol setiap bulannya karena kadang kawat giginya ada yg lepas,pertanyaannya apakah nanti selama mondok di pesantren ada yg bisa bantu antar ke Dokter Gigi yg khusus menangani kawat gigi.

    Untuk olahraga, apakah santri nanti ada waktu untuk olah raga…? kira2 fasilitas olahraga apa saja yg ada, bolehkah seandainya ada pertandingan olah raga di luar pondok anak santri ikut lomba…..?

    Demikianlah pak ustad…mohon maaf sebelumnya ya jika ada kalimat saya yang kurang berkenan…

    Wassalamualikum,

    • Wa ‘alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Pengalaman saya, anak-anak akan terbiasa makan yang disediakan dapur ponpes. Daripada gak bisa makan.
      Di pondok tiap pekan sejumlah anak yang dikoordinir bagian kesehatan untuk berobat ke dokter gigi. Ini bisa jadi solusi.

      Adapun olah raga, Alhamdulillah semua fasilitas olahraga telah lengkap. Waktunya setiap pagi-sore dan hari Jum’at. Tapi anak baru belum bisa ikut ujian penerimaan tim khusus dulu, karena kami yakin butuh penyesuaian.

      Semoga informasi ini membantu.

      Wa ‘alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

    • Assalamualaikum pa ustad mohon maaf mau tanya,kl misal kan ada perubahan jadwal pendaftaran karna wabah virus apakah akan di informasikan lewat internet…?trimakasi…

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

        In sya Allah akan diberitahukan dan dirilis di internet.

      • Assalamualaikum pak ustad, mohon maaf saya mau bertanya dgn situasi yg sekarang ini apakah pendaftaran ponpes gontor putri 1 mantingan ngawi bisa di wakilkan oleh saudara di sana? Trimakasih

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Kita masih menunggu keputusan Pimpinan Pondok dan perkembangan di Indonesia. Apa saja bisa terjadi. Untuk sekarang, lebih baik berdoa saja bu untuk kebaikan negeri ini dan semuanya. Semoga Allah angkat wabah segera.

  31. Assalamualaikum…. apakah anak autisme bisa masuk gontor?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah
      Setahu saya di Gontor tidak ada pembatasan untuk itu. Selama sikapnya baik dan lulus ujian materi, kemungkinan besar diterima.

  32. Siti Azzahrotul Khoiriyah

    Assalamualaikum.. saya mau tanya, jadi begini saya saat ini sedang menempuh studi S1 di universitas Airlangga, insyaallah tahun ini saya ingin pindah ke unida Gontor, apakah bisa ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Kenapa mau pindah ukhti? Apakah sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu?
      Omong-omong, apakah pindah untuk jurusan yang sama?
      Sekarang semester berapa?

  33. Assalammu’alaikum ,mau bertanya ,ada beberapa pertanyaan
    1. jika anak tidak lulus ujian masuk, ikut alummni pondok gontor itu sama seperti mondok atau gimana ya pak, apakah juga mendaftar dengan biaya yang sama.
    2.mengenai makannya apakah menunya selalu sama cuma tempe dan sayur bening terus? yang saya alami di pondok
    menunya begitu di beberapa pondok.
    3. mengenai pakaian misal peralatan sholat harus beli sesuai standar pondok,atau baju pramuka kita sudah punya
    harus beli lagi di sana?
    4. jika di kamar ada yang di buli apakah pihak pondok bisa segera mengetahui, tanpa korban melaporkan.
    5. apakah di gontor banyak kehilangan barang santrinya,

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah.

      Mohon izin menjawab:

      1. Pondok alumni, in sya Allah kurikulumnya sama seperti Gontor, bisa jadi ada beberapa modifikasi penyesuaian. Sistemnya tetap asrama, tinggal dalam pesantren. Adapun biaya, sepenuhnya wewenang pondok alumni tersebut.
      2. Makanan santri di Gontor bervariatif, tempe & tahu pun sajiannya beda-beda. Dalam sepekan, ada ayam, kadang ikan, pecel, pentol baso. Dalam 1 hari 3x makan, tapi lauknya ganti-ganti.
      3. Pakaian, harus sesuai pondok. Kalau sudah punya, tapi sama seperti yang dipondok, sesuai PMDG, bawa dan dipakai saja. Kecuali yang putri, mungkin akan lebih detil. Bisa dilihat contohnya pada artikel kami tentang Khutbatul Arsy di PMDG
      4. Setahu saya, Alhamdulillah di Gontor tidak ada bullying atau perundungan, semua merasa sama, tidak terlihat siapa orang kaya, anak pejabat atau lainnya. Tentu saja karena aturan dan kegiatan yang ketat dan adil. Ini pembahasan panjang bagaimana Gontor mengaturnya.
      5. Kalau dijaga benar, in sya Allah tidak akan hilang. Kebanyakan kasus kehilangan terjadi pada anak baru yang mungkin belum bisa berdisiplin. Semua barang harus diberi nama, jangan ditinggal bergeletakan, pondok bukan rumah sendiri, di pesantren ada ribuan orang, barang dengan merek dan warna sama ada ratusan. Karenanya, perlu ke telitian.
  34. Assalamualaikum warohmatullah.Untuk pendaftaran thn 1441 h /2020 tahun ini apakah diundur ustad karena wabah virus ini.atau tetap sesuai jadwal.karena kami dari luar daerah ustadz.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Kita tunggu keputusan Pimpinan. Beliau punya pertimbangan, melihat keadaan negara.

      • M farhan zaqie maulana

        Assalamu’alaikum wr wb… Sebelum nya afwan pak ustadz… Saya sekarang positive lagi mondok di pondok alumni… Saya baru kelas 1 intensif Dan sekarang mau naik kelas 2 intensif … Rencana Saya mau pindah ke gontor… Begini ustadz apakah di gontor masih ada test kelas loncatan??? Dan yang ke 2 afwan ni ustadz apakah Saya holes minta kontak Wa ustadz untuk lebih dalam… Syukron ustadz w assalamu’alaikum wr wb

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Untuk kedepannya kami belum tahu, tapi sebelumnya ujian lanjutan masih ada.
          Mengenai WA, mohon maaf tidak bisa saya berikan. Tapi, kalau ada yang perlu ditanyakan, silakan berkomentar saja di blog ini atau fanspage FB kami. In sya Allah akan kami respon selalu.

  35. Assalamualaikum
    Bapak pondok gontor yg di profinsi jambi dmn nya ya jambi nya

  36. Assalamu’alaikum wr.wb, Saya mutia kelas 2 mts raudhatul muttaqien jogja. Saya juga ingin masukin kakak angkat saya (Dian) ke Gontor pas SMA, intensive 4 th. Kata ibuku gontor mahal, dsb. Apakah saya sama kk angkat saya yang dari MTs NU bisa masuk gontor intensif…? Apa harus lulusan IT untuk masuk gontor? Wassalam.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Soal mahal, saya kira relatif. Silakan bandingkan dengan sekolah setingkat di daerah saudari Mutia. Rincian biaya kurang lebih tercantum di atas.
      Terkait NU, Gontor terbukan untuk madzhab dan ormas apapun. Selama dia muslim, kemudian lulus test, in sya Allah diterima.

      Semoga membantu.
      Wassalamua’alaikum wa rahmatullah

      • Terus yang mualaf gimana?

        • Sebenarnya, ujian masuk Gontor itu mudah. Standarnya, sebagaimana di atas, standar anak SD. Bahkan, ada yang mulai latihan membaca al-Quran 3 bulan sebelum ujian. Saya kira cukup selama diselingi latihan menulis dan menghafal doa sholat dan harian.
          Tidak instan, tapi mudah in sya Allah

  37. Assalamualaikum…

    Jika tidak pintar matematika tapi bisa di materi imla Al-Qur’an dan tajwid bagaimana …

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah
      Matematika tidak harus pintar, yang penting bisa secara mendasar. Pertanyaanya gampang-gampang seperti di SD.
      Imla, al-Quran sangat penting. Dilatih lagi, hafalan juz Amma, doa dan bacaan sholat ditingkatkan.

  38. Assalamualaikum mohon tanya apakah di gontor dapat menerima lulusan Strata 1

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah
      Bisa, tahun sekarang ada santri kelas 1 intensif, udah lulus S1.

      Tapi, kenapa gak ambil S2 atau S1 saja di UNIDA?

  39. Assalaamu’alaikum wr wb. Terima kasih atas responnya, anak saya sakitnya kadang panas sering gatelan, batuk bahkan waktu bayi kata dokter ada gejala paru paru, tapi sekarang batuk juga sewaktu waktu aja. Yang dikhawatirkan karena anaknya pendiam terus ketika sakit tidak ada Yang tau. Trm ksh.

    • Wa’alaikumussalam
      Insya Allah kalau cuma itu tidak perlu khawatir. Di Gontor semua bersaudara, kalau sakit pun saling menolong. Setiap hari piket keliling kamar untuk mendata.

  40. Assalamu ‘alaikum wr wb. Pa ust. Anak saya mau selesai SD ingin belajar di gontor namun anak saya sering sakit apa di tempat santrinya itu ada pengawas khusus Yang menangani santri khususnya santri baru.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.
      Di Gontor ada bagian kesehatan, ada juga balai kesehatan. Tapi mohon maaf, bisa dijelaskan untuk pengawasan khusus yang ibu maksud?
      Anak ibu sering sakit apakah?

  41. Assalammmualikum ustad.pendaftaran thn ini 16-20 mei 2020 sedangkan ujian lisan 16-20 mei.pertanyaan sy apakah mendaftar nya sebelum tanggal 16 ustad atau di situ mendaftar langsung ujian ustad mohon keterangannya ustad.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Untuk ujian lisan, di lakukan secepatnya setelah mendaftarkan diri.
      Untuk ujian tulis, dilaksanakan setelah pendaftaran ditutup.

  42. Assalamualaikum,apakah ada program pesantren dewasa? Terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Sebenarnya Gontor sangat terbuka untuk siapa saja, angkatan saya ada orang malaysia yang udah berumah tangga. Kakak kelas saya ada yang sudah S1 baru masuk Gontor. Tapi, memang kalau mondok di Gontor harus ikut semua KBM.

      Kembal lagi ke pertanyaan Ibu. Dewasa bagaimana maksudnya?

    • Assalamualaikum wr wb
      Anak saya sedang mondok takhasusu quran di majalengka, tapi tdk betah ustadz alasan nya asrama nyaberbaur dgn pemukiman warga ,, sekarang kls 7 bisa kah pindah ke gonotor ustadz ,,,
      Syukron

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

        Kalau masuk Gontor, mulai dari pertama lagi bu. Dari kelas 1. Kecuali setelah dinyatakan lulus, anak ibu ikut ujian lanjutan untuk langsung kelas 2 KMI.

  43. Assalamualaikum..
    Saya lulusam MA,saya mau mau masuk ke pesantren gontor bisa?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Tentu saja, tapi kalau lulusan SMA nanti mengulang lagi dari kelas 1 MA. Apakah tidak sebaiknya masuk kuliah aja? Gontor juga punya kampus, Universitas Darussalam.

  44. assalamualaikum, saya telah menyimak koment koment diatas. Mohon maaf Ustaz, saya baca tidak ada ijazah bagi lulusan gontor. terus tanda lulusnya berupa apa? apakah lulusan gontor bisa masuk perguruan tinggi umum?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Bukannya tidak ada ijazah, tapi tidak dijanjikan ijazah. Supaya orang tua dan santri benar-benar ikhlas mendalami ilmu karena Allah. Karena sejak awal tidak dijanjikan, ke depannya diharapkan tidak kecewa saat tidak menerima ijazah.

      Apakah ada yang tidak dapat? Ada. Umumnya mereka yang tidak lulus akhlaknya. Contohnya saat pengabdian harusnya serius mengajar di pondok alumni, teryata pacaran, dsb.

      • Lulusan gontor dapt ijazah yg dikui nasional dan internasional. Syaratnya harus pengabdian dulu minimal 1 tahin

  45. christiandesanipratama

    As’salamualaikum ustad keluarga saya dan anak saya seorang mualaf SMP kls 3 dan ingin masuk pesantren Gontor dan hrus dimana daftar nya?dan apakah 5,5jt itu sudah dengan sekolah nya saja atau sudah dengan masuk pesantren nya?
    Terima kasih jawaban nya ustd

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Masya Allah tabarakallah. Mohon doakan kami pak. Semoga selalu istiqomah.

      Mengenai pertanyaan bapak, jika domisili sekarang ada di pulau Jawa atau Kalimantan. Bapak bisa langsung datang ke Gontor Pusat di Ponorogo, pada akhir Ramadhan atau awal Syawwal untuk mendaftar.

      5,5 itu biaya pendaftaran untuk masuk Gontor sudah termasuk uang makan dan spp sekolah bulan tersebut.

      Mohon dibaca juga format ujian di Gontor agar tidak kesulitan. Bapak juga bisa mencari Bimbel masuk Gontor untuk dilatih.

  46. Assalamu’alaiku ustad..
    Saya mau nanya, apakah ponpes Gontor ada cabang untuk daerah Jakarta.
    Terima kasih 🙏

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Untuk Jakarta dan sekitarnya seperti Banten dan Jabar, tidak ada cabang Gontor. Tapi banyak pesantren modern alumni Gontor. In sya Allah mereka menginduk ke kurikulum KMI Gontor.

      • Assalamualaikum war,wab. maaf mau nanya biaya pendaftaran masuk kelas 5 int. berapa ya?

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Pendaftaran dan ujian kelas reguler atau intensif sama saja di Gontor, kurang-lebih sebagaimana tercantum di atas. Tapi kalau masuk Gontor, semua harus dari kelas 1. Kalau sudah diterima, anak bapak bisa ikut ujian lanjutan. Ada yang langsung kelas 5, kelas 3 bahkan kelas 6 pun ada.

    • assalamualaikum ustadz
      apakah ada cabang pesantren alumni di sekitar jakarta

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

        Ada banyak pak, di antaranya:

        • Ponpes Al Amanah Al Gontory, Tangsel
        • Darunnajah, Jakarta
        • Daarul Rahman, Jagaksars
        • Daarul Hikmah, Tangerang
  47. Assalamu alaikum wr wb.mohon maaf mau tanya info pendaftaran untuk jenjang SMAIT.
    Anak saya kls 10 diboarding school sekarang kalau mau pindah kegontor pas kenaikan kls 11. Gimana caranya apa dites lagi untuk masuknya digontor Mohon informasinya

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh wal magfiroh

      Mohon maaf ibu, Gontor tidak menerima murid pindahan. Semua yang daftar, dari awal lagi.

  48. Ustadz maaf untk masuk di pp gontor pusat setelah di terima 1 thn libur yg memungkinkan utk pulang berapa kali. Mengingat jauh di luar p jawa. Dan klu tdk pulang apakah boleh mengingat biaya yg besar. Klu punya sanak family di dekat gontor apakah di izinkan untk menjemput libur di rumahnya

    • Di Gontor ada 2x libur. Setelah ujian awal tahun 10 hari dan akhir tahun ajaran 50 hari.

      Sebagian kawan-kawan luar jawa biasanya pulang bareng temannya yang pulau jawa, saat liburan awal tahun. Kalaupun ada kerabat yang mau jemput, silakan saja. Tapi mohon jauh-jauh hari dikabarkan ke pondok/konsulat, beserta surat mandat agar anak tidak sembarang dijemput orang.

  49. Assalamu’alaikum.
    Kalo pendaftaran tahun 2020/2021 kapan dibukanya ya?

  50. Assalamualaikum ustaz
    anak saya klas 1 SMA Negeri trus mau masuk ke Gontor dia untuk imla nya masih kurang apakah 1 bulan sebelum test bisa masuk Salah satu pondok alumni untuk belajar?
    maaf says bertnya seperti itu

    • Wa;alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Ibu bisa coba masuk Bimago atau Primago, bimbel masuk Gontor. In sya Allah ini lebih efektif.

  51. Assalamualaikum..
    Ustad, mohon infonya, kami tinggal di palu, in syaa allah anak kami, laki-laki, mau kami masukkan ke pondok gontor di poso.. apakah mndaftar lgsung ke poso atau hrs ke jawa..?
    Dan kakak nya yg cewe, ingin kami masukan juga sklian tp dia sdh kls 1 MTS, apakah dia bisa lgsung di kls 2 atau bgmn..? Mksih atas jawan nya.. 🙏

    • Wa;alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Jika anak ibu di daftarkan di Gontor Poso, nantinya hanya akan ditempatkan di Poso selama kelas 1-5. Kalau daftar di Gontor Pusat di jawa, nantinya putra ibu bisa ditempatkan di cabang mana saja di jawa, saat kelas 6 ada kemungkinan di pindahkan ke pondok di luar jawa juga.

      Adapun putri ibu jika dimasukan ke Gontor, maka harus mengulang dari kelas 1.

      Semoga menjawab pertanyaan Ibu.

  52. Assalamualaikum ustadz
    Untuk materi imla nya apakah menulis surat dari Alquran atau cuma kata bahasa Arab…

  53. Assalamualaikum maaf mau tanya anak z bru memulai tahapan awal x sebagai santri putri d t4 km berdomisili saat in klo ingin masuk gontor saat aliyah/sma bisa tdk Pak ustad/ ustadzah, trus Kira” biaya pendaftaran & biaya perbulan x brapa mohon jawaban x klo tdk keberatan untuk menjawab x

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Tentu bisa Bu. Yang penting ada ijazah setingkat SMP, supaya bisa masuk kelas tingkat aliyah. Untuk biaya dan info lain yang terkait, minimal sebagaimana tertera dalam postingan blog ini.

  54. Assalamualaikum warahmatullahi…anak saya putra.sekarang masih dikelas 3 MTs dikabupaten Karimun Kepulauan Riau.pengen lanjutkah madrasah aliyah disini.tolong info.terimaksih. assalamualaikum warahmatullahi…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Untuk info umum, kurang-lebih sebagaimana tertera pada blog ini.
      Bapak juga bisa langsung berkunjung ke Gontor 14 yang belokasi di Lubuk Jering – Sungai Mandau – Lubuk Jering – Siak – Siak – Riau

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

    • Assalamualaikum, Anak saya putra pingin sekali mondok ke Gontor, sekarang kelas 6 tapi ya gitu anaknya masih ngompol, kira2 bisa gak ya anak saya lulus ujian masuk ke Gontor

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

        Bisa bu, yang penting lulus materi yang diujikan. Dulu beberapa teman dan adik kelas juga ada yang ngompol. Bahkan, ada yang melapisi kasurnya dengan perlak atau semacam karpet plastik agar tidak tembus.

  55. Assalamu’alaikum ustadz,

    saya ingin mendaftarkan anak saya setingkat SMA…
    untuk tahun 2020-2021
    apakah cara pendaftarannya sama dengan MI/MTS ?
    dan dimana saya harus mendaftarkan di gontor berapa untuk setingkat SMA ?

    terimakasih atas jawabannya

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Pendaftaran serta ujian antara lulusan SD dan SMP sama saja di Gontor. Pendaftaran bisa dilakukan di pondok terdekat, jika luar Pulau Jawa. Tapi kalau dalam Jawa, harus di Gontor Pusat Purta, atau Gontor Putri 1.

  56. Assalamualaikum
    Anak saya sekarang dia duduk dikelas 2 SMA di sekolah umum, rencananya dia tamat sma ini mau memperbaiki akhlak, apakan bisa tamat sma masuk kegontor? Terus kalo bisa itu sistem belajarnya ikut dimana ya?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Tentu saja bisa Bu. Tapi kalau masuk Gontor, anak ibu mengulang lagi setingkat 1 SMA.

  57. Maaf ya, mau nanya.. Kalau kami yg berada d malaysia bermint mau masuk k sana itu mcm mna

  58. Assalammu’alaikum Pak Ustadz,

    saya mau tanya, pendaftaran dan pembukaan Calon santri baru tahun 2020 kapan tepat tanggalnya ya Pak?
    Untuk materi ujiannya kira-kira mencangkup apa sahaja?
    Terimakasih atas jawabannya.

    Wassalammu’alaikum Warohmatullohi wabarokatuh.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Pembukaan Pendaftaran Calon Santri Gontor akan dibukan pertengahan Ramadhan dan Awal Syawwal insya Allah.

      Materi ujian sebagaimana yang telah dicantumkan pada artikel.

      Semoga membantu. 🙂

  59. Assalamualaikum ustadz, maaf mau tanya. Anak sy skrg kls 2 SMP di ponpes modern Alhassan Bekasi. Klo utk daftar k SMA/MA di ponpes Gontor, kira2 bln ramadhan thn 2020 atau thn 2021.?

  60. Assalamualaikum Ustadz,

    Anak saya kan saat ini kan di Pondok La tansa Lebak Banten kelas 2 SMP
    . Kalau mau pindah ke Gontor apakah harus test ulang lagi dan mengulang kelas 1 lagi ustadz.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Benar ibu, mengulang dari kelas 1 lagi. Sebaiknya lanjutkan dulu, kalau La Tansa mengeluarkan ijazah SMP, anak ibu bisa didaftarkan melalui jalur intensif. Tapi jika mampu bisa dimasukan kemudian ikut ujian lanjutan, sesuai kemampuan bahkan bisa langsung masuk kelas 5 di Gontor.

      Namun, menurut kami Pondok La Tansa juga bagus.

  61. Assalamualaikum tadz maaf sebelumnya, anak saya sekarang kelas 2 sma trus, dia minta pindah rencana mau saya masukin gontor aja maaf sebelumnya tadz banyak yang mau saya tanyakan, sebentar lagi kan 2020 jadi, untuk tahun mendatang kapan waktu pendaftarannya tadz, apa saja yang harus dibayar,tes nya juga harus di gontor 1 ya tadz, soalnya anak saya mau masuk ke gontor putri 9 klo harus ke gontor 1 kan jauh banget dari tempat saya tadz, berapa lama waktu ortu menemani anak ny, apa saja perlengkapan sekolah ny, perlengkapan asramanya seperti kasur dll itu bawa sendiri ya tadz. Mohon jawabannya ustadz, wassalamualaikum.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Pendaftaran insya Allah dibukan bulan puasa. Umumnya memang untuk mendaftar, perlu ke Gontor 1 kalau di pulau jawa. Untuk ibu, kalau dekat Gontor Putri 9, bisa langsung coba datang ke sana. Untuk memastikan apakah bisa daftar di lokasi pondok tersebut. Setahu saya untuk Gontor luar Jawa, bisa daftar di sana dan pondok di sana juga. Jangan sampai lalai ya Bu. Segera datangi pondoknya.

      Perlu diketahui, putri Ibu sekarang kelas 2 SMA, kalau masuk Gontor nanti kelas satu lagi. Pengalaman kami, tidak perlu canggung soal usia. Bahkan yang mondok setelah lulus S-1 pun ada.

      Terkait bayaran dan tes, ibu bisa baca selengkapnya di artikel yang sudah kami sediakan.

      Semoga membantu. In sya Allah udah cukup lengkap sampai kasur pun bisa dibeli di pondok.

  62. Assalamualaikum,
    Anak saya tahun depan lulus sd. Dia sejak kecil ikut saya tinggal di australia. Dia ikut madrasah tiap hari minggu selama 2 jam untuk belajar baca alquran. Karena terbatasnya waktu belajar, sampai saat ini dia belum bisa baca al quran. Apakah anak saya bisa diterima untuk mondok di gontor? Terima kasih
    Wassalam

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Bisa membaca al-Quran itu sangat dianjurkan kalau ingin masuk Gontor. Mumpung masih ada waktu, sebaiknya digiatkan dari sekarang. In sya Allah mudah. Dulu saya, Allah izinkan lancar membaca al-Quran 3 bulan sebelum ujian pendaftaran Gontor.

  63. Assalamualaikum, ustadz saya mau bertanya, kalau misalnya calon santri putri menginginkan untuk memakai Niqab/Bercadar apakah di pondok pesantren gontor ini diberi izin/dibolehkan?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh. Setahu saya, kalau keluar pondok boleh. Sementara di dalam tetap dibuka. Toh, di sana penghuninya perempuan semua. Ustadz kalau ada hanya mengajar.

      • Kalau keluar pondok maksudnya keluar dari area pondok untuk membeli sesuatu begitu ya ustadz? Atau bagaimana?? Memang apa akan diperbolehkan ya jika keluar dari area pondok begitu?

        • Sepekan sekali ada kesempatan izin keluar pondok, misalnya ke kota karena ada perlu beli sesuatu yang tidak ada di pondok. Saat itulah boleh pakai cadar.

  64. اسلامعلیكم ورحمتالله وبركته
    mohon maaf ustad,saya dari kalimantan barat,rencana tahun ajaran 2020 saya akan menyekolhkan anak saya di gontor,kapan tanggal / bulan mulainya pendaftaran,anak saya lulusan SD,terima kasih

  65. Assalamualaikum..
    Mau tanya , saya punya adik laki2 posisi saat ini sedang sekolah kelas 2 SMA di sekolah umum. Kalau rencana saya daftarkan mondok di gontor apakah masih bisa ?
    Jika bisa , brarti harus belajar materi Imla (bahasa arab) dulu ya untuk bisa lulus tes ..
    Terimakasih sebelumnya

  66. Suci prihatiningsih

    Apakah masuk gontor harus sudah hafal Al-Quran?? Atau sudah hafal beberapa juz al-Quran?? Kira-kira harus berapa juz supaya bisa diterima di gontor??
    Terima kasih

  67. Assalamualaikum maaf anak sy sbntar lg lulus sdit pengenx mondok u ponpes gontor jalur pendaftaranx sptri apa n apa psb 20/21 sdh dibuka? Km domisili di depok jawa barat n biayax brp?apa km hrs lgs daftar legontor?mksh wassalamualaikum

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Pendaftaran masuk Gontor dibuka bulan Ramadhan dan Syawwal. Untuk biaya, di atas kami cantumkan biaya tahun lalu. Insya Allah, tidak beda jauh kalaupun ada kenaikan. Kemudian sebagaimana tertera di artikel ini, calon santri pendaftar harus langsung ke Gontor. Tidak ada pendaftaran online.

  68. Assalamualaikum.Mohon maaf sy mau tanyak. Kalau pulangan santri gontor itu kapan.

  69. Adakah program murajaah tahfizhulquran untuk siswa yg sdh hafizh?

  70. Assalamualaikum. Saya mau bertanya apakah di gontor ada perogram tahfizul quran ? dan ada targer tertentu ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Mohon maaf ibu, kalau program khusus tidak ada. Biasanya anak-anak inisiatif sendiri menghafal al-Quran karena banyak pelajaran yang berhubungan dengan bahasa Arab dan Kitabullah. Di Gontor hanya wajib hafal Juz Amma dan beberapa surat.

  71. Assalamualaikum tadz..
    Mau tanya,di Gontor ada rutinan pembacaan simtuddhuror/ratib atau pembacaan sholawat tidak tadz?

  72. Assalamualaikum ustad….anak saya Akan Lulus Dari sekolah setingkat SMP Di Malaysia(Kami warga Megara Indonesia) dlm Bulan desember, Kalo ikut Persian Di gontor dlm 3-6bln, apakah Kami bisa langsung ke pondok gontor, apakah Ada no YG bisa dihubungi. Terima masih.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Ibu bisa datang ke Gontor kapan saja. Di Gontor ibu bisa langsung bertanya-tanya pada pengurus, santri bahkan wali murid yang sedang berkunjung. Tapi, Pendaftaran Masuk Gontor hanya buka di bulan Ramadhan dan Syawwal.

      Berikut kontak yang dapat Ibu hubungi:

      1. Pengasuhan Santri (0352) 311 711/311 911/313 102
      2. Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) (0352) 313 336
      3. Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Pusat (0352) 311 586
  73. Febria zahrotussitha

    Assalamualaikum ustazd
    Apakah biaya setiap bulan itu sudah termasuk kitab kitab dan buku penunjang d sekolah ataupun pondok???

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatulllah wa barakatuh

      Mohon maaf Bu. Belum termasuk. Bulanan itu hanya untuk makan dan operasional sekolah.

  74. Assalamualaikum ustadz.
    Saya mau tanya . Waktu ujian lisan / baca Alquran itu Alquran nya bawa sendiri atau sudah disediakan . Jika sudah disediakan Dan Alquran nya mushaf Indonesia bagaimana sedangkan saya terbiasa pakai mushaf Madinah secara kan tanda baca waqaf beda . Mohon dibalas ustadz Syukron

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Menurut saya, secara umum tidak ada bedanya mushaf apa pun. Biasanya di dalam ruang ujian sudah ada al-Qurannya. Tapi, kalau keberatan bisa bawa sendiri minta izin pada penguji.

      Kalau masih ada yang perlu ditanyakan, silakan.

    • Kalau waktu masuk ruang ujian langsung bawa Alquran gak papa ya tadz.

      • Sebaiknya izin saja dulu. Saya yakin boleh. Karena ujian di Gontor tidak ada ketentuan harus Quran Madinah atau tidak.

      • Assalamu’alaikum wr wb. Adik laki-laki saya saat ini sedang duduk di kelas 3 SMP. Berminat masuk ponpes gontor cabang lampung program intensif SMA putra. Utk info pendaftaran dll nya apakah harus ke lampung atau bagaimana ya? Terimakasih sblmnya

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Untuk info lebih jelas ibu bisa langsung ke pondok Gontor yang berada di Labuhan Ratu atau Kalianda, Ibu juga bisa hubungi kontak nomer berikut :

          1. Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 8

            Labuhan Ratu 6 – Labuhan Ratu – Lampung Timur – Lampung – Indonesia 34196

          2. Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 9

            Kubu Panglima – Taji Malela – Kalianda – Lampung Selatan – Lampung – Indonesia 35551, Telepon (0727) 700 0230

  75. Assalamualaikum.. Apakah masih ada sitem perpolcoan yg dilakukan senior ke adik tingkat.. serta bagaimana cara pondok mencegah terjadinya penyimpangan seksual sejenis yg marak terjadi saat ini.. terima kasih

  76. اسّلام عليکم ورحمة الله وبرکاتة
    Saya punya 2 orang putra. 1 kelas 6 SD dan 1 sekarang klas 1 SMA. Rencana kedua anak saya tahun ini saya mau masukan ke pondok gontor. yang SD setelah lulus mau langsung daftar ke Pondok Pesantren Gontor. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Seberapa sulitkah persayaratan tes untuk masuk gontor ? apa saja persyaratannya. Sebab banyak info yang beredar bahwa seleksi masuk gontor itu sulit. kedua anak saya berasal sekolah umum apakah bisa diterima di pondok pesantren gontor ?
    2. Anak saya yang SMA wataknya sangat pendiam, pemalu dan kurang bergaul diluar rumah. kira kira apakah wataknya bisa berubah setelah ikut pendidikan di pondok gontor ?
    3. Apa saja persyaratan tes untuk masuk gontor. dan apakah tempat bimbingan khusus sebelum anak test agar dapat mudah diterima di gontor.

    Mohon penjelasan dan bantuannya.
    جزاکم الله خير کثير

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Saya bantu jawab ya Pak:

      1. Masuk Gontor itu mudah. Syarat surat-menyurat gak jauh beda seperti sekolah umum. Sementara ujian, cuma beberapa mata pelajaran sebagaimana yang telah kami cantumkan. Paling penting, dan bisa disiapkan dari sekarang; baca-tulis al-Quran.
      2. Watak, in sya Allah dapat berubah. Di Gontor, tidak bisa diam-diam saja. Semua harus aktif dan ikut serta. Dengan izin Allah bisa membaur.
      3. Syarat masuk Gontor telah kami masukan di artikel tersebut. Alhamdulillah, bimbingan masuk Gontor sudah banyak. Ibu bisa coba cari di internet berdasarkan kota ibu.

      Semoga membantu.

  77. Ass. Ustad saya ingin menanyakan soal waktu pembukaan pendaftaran. Ponpes mulai thn ajaran baru d bulan Ramadhan/ syawal. Sedangkan untuk lulusan sekolah formal d bulan Mei/ Juni. Dan thn ajaran br d bulan Juli. Yang kemunkinan tidak bersamaan.. Bagaimana menyikapi pendaftaran yg salah satu syaratnya ijazah SD/SMP.apakah harus menunggu tahun dpnnya setelah lulus. Atau bisa daftar d ponpes sebelum kelulusan d sekolah formal
    Trimakasih

  78. Assalamu’alaikum, Saya siswi kelas 10 SMAN, tapi baru ± 3 bulan, saya juga lulusan dari MTs , apakah saya bisa menjadi santri untuk tahun ajaran sekarang? Terima kasih

  79. Neng siti farhatul azizah

    Asalamualaikum wr.wb
    Pak ustaz gimana kalou sekarang mau mondok langsung di pondok alumni yang dekat dengan kampus pusat gontor untuk persiapan pendaftaran masuk tahun depan,tolong di bantu pak ustaz.
    Terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Untuk putri, saya kurang tahu yang sekitar Mantingan. Apalagi pondok alumni, sepertinya juga tidak menerima santri di pertengahan semester. Saran saya, untuk persiapan saudari bisa masuk pondok tahfidz yang bulanan, 3-6 bulan. Atau bisa juga ikut Masuk Gontor insya Allah mudah, kalau sudah bisa baca-tulis al-Quran.

      Jazakillah khairan.

  80. Neng siti farhatul azizah

    asalamualaikum wr.wb
    Saya neng siti farhatul azizah dari bogor lulusan MAN2 kota bogor tahun 2019
    Saya ingin sekali masuk ke ponpes gontor sekarang bisa enggak? Biayanya apa dan persyaratan nya apa aja?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Ukti. pendaftaran tahun ini sudah ditutup. Insya Allah dibuka kembali bulan Ramadhan dan Syawwal. Untuk biaya dan persyaratan, bisa dibaca sebagaimana tercantum di blog ini.

      Jazakumullah khairan.

  81. Pak, anak saya thn depan lulus sd rencana mau daftar ke Gontor Putri, apakah boleh saya bulan depan mengunjungi pondok bersama anak saya utk melihat kegiatan dan tempat belajarnya ?

  82. assalamu’alaikum..
    kalau mau belajar dulu di pondok alumni ada info biayanya tidak.?
    apakah tata tertib nya se ketat di pondok utama.? trimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.
      Pondok Alumni ada banyak. Mengenai biaya, itu kebijakan pondok masing-masing. Mas sobirin bisa cari pondok terdekat. Daerah asalnya mana?

      Untuk disiplin, pondok alumni juga punya kebijakan tersendiri.

  83. assalamualaikum..
    maaf ustadz ustdazah …
    saya ingin brtnya..
    saya kan msih kls 2 sma..
    trus jika saya sdh tamat kls 2 sma..
    apakah saya msih bsa…mondok di ponpes gontor.
    dan prntanyaan saya yg ke dua…
    apakah di dlm ponpes ad kampus?
    makasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa baraktuh.

      Ukhti kalau masuk Gontor setelah tamat SMA, nanti masuk kelas intensif setingkat SMA juga. Kalau mau, ukhti masuk UNIDA (Universitas Darussalam Gontor). Kuliah tapi sistemnya kayak pesantren.

      Tapi, memang ujian masuknya lebih sulit dari ponpes Gontornya.

      Semoga membantu.

  84. Assalamu’alaikum Ustadz saya lulusan Smk apakah bisa masuk Gontor ,akan tetapi saya tidak mau kuliah sambil mondok ,saya mau lebih fokus mendalami agama ,belajar bahasa Arab dan terutama menghafal Qur’an Ustadz ,berapakah spp untuk mondok tersebut…Syukron Ustadz 🙏

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Mohon maaf Dendi, di Gontor proses mendalami agama dan memahaminya sebagian dilakukan di kelas. Memang demikian seharusnya. Jadi proses itu tidak bisa dilewatkan dengan membaca al-Quran 24 jam di masjid, misalnya. Kalau saudara masih berminat demikian, coba cari program tahfidz pondok al-Mizan Banten.

  85. Assalam’mualaikum. afwan ustadz saya dari tasikmalaya tahun sekarang saya lulus smk. dan saya sangat ingin tinggal di ponpes gontor. berpa biyaya/hari untuk yang mondok saja. terimakasih🙏🏻

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Mohon maaf Teh Jamilah, Gontor ini lembaga pendidikan dan keilmuan Islam. Kalau rencana mondok saja, tidak ada. Pasti harus ikut masuk kelas dan kegiatan lain-lain. Biaya bulannya 640rb/bln sudah termasuk makan 3x sehari, asrama, air dan listrik.

      Kalau saudari tertarik, bisa lanjut kuliah UNIDA Gontor. Kuliah, sambil mondok.

  86. Assalamualaikum afwan pa/bu
    Bolehkah mendaftar jikalau sudah lulus sekolah smk .?

  87. Assalamu’alaikum ustadz..
    1. Jika lulus gontor, ijazah nya belum tentu diberikan, begitukah maksudnya?
    2. Apakah mesti ada pengabdian? Dimana pengabdiannya ustadz? Mesti di gontor atau boleh saat kembali ke daerah asal? Setelah pengabdian, baru dapat ijazah, begitukah?
    3. Lalu bagaimana anak saya akan melanjutkan sekolahnya? tanda kelulusan yang bagaimana yang diberikan gontor agar mudah anak saya lanjut studi ke jenjang kuliah, PTN terutama, jika ingin langsung lanjut kuliah?
    Mohon penjelasannya ustadz..
    Trimakasih.. ma’assalam..

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      1. Maksudnya, ke Gontor jangan mengharap ijazah, karena pondok tidak menjanjikan ijazah dan sertifikat. Apalagi kalau tidak lulus mental dan adab.
      2. Pengabdian umumnya ditentukan oleh pondok. Kita tidak bisa memilih. Pengabdian hanya sebagian syarat mengambil ijazah.
      3. Kalau mengabdi di Gontor, otomatis terdaftar sebagai mahasiswa UNIDA, gratis. Kalau mau dapat ijazah, silakan mengabdi sesuai tempatnya, setelah 1 tahun boleh ambil syahadah.

      Semoga membantu.
      Ilalliqo…

  88. Assalamu’alaikum kak 🙂
    Saya sekarang kelas 1 MAN bireuen ,aceh (baru masuk tahun ajaran baru).
    Tapi impian saya dari dulu ingin masuk gontor , jadi insyaallah tahun depan saya akan mendafatar
    Jadi pertanyaan saya “apakah ada kemungkinan saya ditempatkan gontor , aceh .tapi saya inginnya di pusat :Mantingan ,jawatimur”
    ‘Afwan mohon penjelasannya🙎

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakutuh

      Umtuk putri, kalau daftarnya di mantingan, in sya Allah 70% diterima di pusat. Karena pendaftaran di Jawa hanya ditempatkan di pulau jawa. Sedangkan Gontor 1, 2 dan 3 putri itu berdekatan jaraknya tidak sampai 1 KM.

  89. assalamualaikum ustad.ana agus irwanto dari kabupaten asahan prov sumatra utara mau tanya ,anak ana sekarang sekolah di mtsn kelas 9 rencana mau ana lanjutkan ke aliyahnya di pesantren gontor dan riwayat pendidikan anak ana lulus sekolah mda,lulus sekolah sd islam terpadu,ikut program tahfiz quran.nah yang ana tanyakan berapa biaya masuk aliyah pesantren gontor dan biaya perbulan berapa baik spp,dana makan selama mondok,dan apahkan anak ana mengulang dari kelas sd,smp untuk kurikulum pondok

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Untuk tahun ini biaya bulanan sekitar 630 rb. Sudah termasuk makan 3x sehari. Pendaftaran sebagaimana tercantum di atas.
      Kalau putrinya lulusan MTSn, nanti akan dimasukan ke program Intensif, kurikulum pondok, belajar 4 tahun, materinya sama seperti reguler yang 6 tahun.

  90. M.Rafli Dwi Putra Kusuma

    Assaalmualaikum.. Ustadz mau nanya universitas yg ada di gontor itu bagaimana cara pembelajarannya dan apakah nanti akan mendapatkan gelaran sarjana? Dan untuk sekarang pendaftaran msih dibuka gak?

  91. Assalamualaikum, bisakah anak sma lulusan tahun 2018 mendaftar untuk menjadi santri di gontor?

  92. Assalamualaikum ang ,,,,
    Klu Gontor ada sekolah kejuaruan nya ga ,,setingkat SMK klu di umum ,,,
    Mohom info nya ,,,
    Syukron

  93. Assalamuallaikum ustadz. Afwan, niatan putri saya dan saya sebagai wali. Putri saya sekarang baru saja naek kelas 5 SDIT SMART CENDEKIA karanganom klaten, mohon info perkiraan biaya pendaftaran, biaya perbulan, mungkin ada biaya2 laen selama mondok. Wassalamuallaikum

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Untuk pendaftaran tahun ini kurang lebih 5.6jt dan bulanan 630rb. Kedepannya tergantung keadaan ekonomi negara. Kalau sedang baik, biasanya Gontor menurunkan biaya.

      Sebenarnya selain kebutuhan pakaian, sabun, atau mungkin uang kas kelas misalnya, 630rb itu sudah termasuk makan 3x sehari. Kalau anaknya gak suka jajan, makan di dapur sudah sangat mencukupi, in sya Allah.

  94. Rofika Sahyati Azni

    Assalamualaikum
    Ust kami dari pekanbaru riau, anak saya lelaki sekolah dasar negri , berniat tahun depan mendaftar bagimana alur nya ust?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Gontor menerima pendaftaran bulan Ramadhan dan Syawwal. Ibu bisa langsung menghubungi atau jalan-jalan ke Gontor Pusat di Ponorogo, atau Gontor Cabang salah-satunya di Lubuk Jering – Sungai Mandau – Lubuk Jering – Siak – Siak – Riau.

      Gontor juga ada di Lampung dan Aceh. Biasanya masyarakat akan daftar di Pusat, tapi beberapa cabang Gontor diberikan wewenan pendaftaran di cabang.

  95. Assalamualaikum Ustad mohon bimbingan bagaimana caranya agar bisa lulus tes di gontor ? insyaallah tahun depan anak sy lulus sd dan mau daftar pesantren dan sekolah di gontor. semoga Allah meridhoi aminnn….

  96. Assalamualaikum , jadi kalau mau mendaftar di Ponpes Gontor cabang manapun ( misalnya Magelang , Gontor 6 ) harus dipusat dulu untuk prosesnya ?
    Atau penempatan pondok diatur oleh pusat .
    Terimakasih

  97. Assalammualaikum..
    Untuk Gontor putra pengumuman kelulusannya kapan ya ??

  98. assalamualaikum ustadz
    maaf mau tanya lagi, untuk proses pendaftaran di hari jumat sampai dengan hari minggu apa berjalan seperti hari biasa atau ada perbedaan ustadz.
    mungkin setengah hari atau libur begitu ustadz ?
    insyaallah mau ikut pendaftaran di hari tersebut.
    terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Pendaftaran berjalan seperti biasa, tidak ada bedanya. Hanya saja, saat shalat jumat akan dihentikan.

  99. Assalamualaikum…
    Pengumuman kelulusan di Gontor putri tahun ini tanggal berapa ya ustadz dan biasanya dimulai dari jam berapa ?.
    Sukron…

  100. AsalamuAlaikum wr wb. Saya berniat mndftrkan putri saya. Tapi saya baru bisa terbang dari singapore besok tgl 12. Dan ank saya di klaten. Apakh saya bisa mndaftar di tgl 13. Atau ank saya harus di pondok trlebih dulu dari tgl 9?

  101. Assalamualaikum,
    untuk pendaftaran santri putri dilakukan dari tanggal 09 sd 18 Juni. seandainya kita melakukan pendaftaran di tanggal 09 dan menyelesaikan ujian lisannya, lalu apa kegiatan yg dilakukan calon santri di dalam waktu tersebut ?
    sedangkan ujian tertulis dilakukan di tanggal 19 Juni.
    haruskah wali santri wajib menunggu juga di waktu tersebut ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Selama menunggu itu, calon santri bisa berkenalan dengan pondok. Lihat-lihat lokasi perpustakaan, pabrik roti, show room keterampilan dan kesenian, dll. Selama waktu tersebut, wali santri tidak wajib menunggu. Yang penting hadir saat awal mendaftar dan pengumuman kelulusan, saran saya.

  102. Ustadz surat keterangan lulus saya belum keluar tapi saya ganti surat keterangan mengikuti ujian apakah itu boleh,terus surat keterangan mengikuti ujian tadi saya lupa melegalisir nya ke sekolah, sekarang saya sudah di Jawa barat sekolah saya di Aceh ini bagaimana solusinya pak ustadz, terimakasih.

    • Memang sebaiknya bawa ijazah, kalau tidak ada, bawa surat keterangan lulus dan raport yang sudah dilegalisir. Kalau persyaratan dari Gontor hanya fotokopi, mungkin bisa kirim lewat email/WA kemudian di print. Kalau yang diminta asli, coba kirim lewat pos dengan pengiriman kilat.

      Untuk masalah saudara, coba hubungi kontak berikut:
      Telepon dan Faksimile Sekretaris Pimpinan (0352) 311 766

      Pengasuhan Santri (0352) 311 711/311 911/313 102

      Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) (0352) 313 336

  103. assalamu alaikum wr wb !!!
    mau tanya di info pendaftaran untuk putri tertulis tgl 9-18 juni 2019.maksudnya apa ya.apa pendaftaran di buka tgl 9 s/d18 atau gelombang I = tgl 9 dan gelombang II tgl 18.dan kalau kami berangkat tgl 14 juni apa bisa daftar di tgl 15 juni.atau kami harus menunggu tgl 18 juni baru bisa daftar.mohon penjelasannya.karena kami tinggal di belitung bangka belitung.jarak kami cukup jauh menuju ngawi.terimah kasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa baratuh.

      Mohon maaf Pak, untuk putri tidak ada gelombang II. semuanya sudah harus mendaftar di tanggal tersebut dan melaksanakan ujian lisan. Kemudian, tanggal 19 juni akan dilangsungkan ujian tulis. Jadi, bapak bisa datang tanggal 15 juni dan akan langsung ikut oral test,

    • jadi setelah daftar tgl 9 itu.apakah capel sudah berada di pondok menunggu sampai tgl 19(ujian tertulis)?
      apakah di ujian lisan itu ada yang gugur/gagal atau yg jadi penentu(final) di ujian tertulis?terimah kasih

  104. assalamualaikum, kalo pendaftaran nya tgl 9-18 apa harus menginap pada tgl 9 sampai tes lisan nanti?

  105. “Santri yang lulus dan ditempatkan di pondok cabang Gontor, sore harinya akan langsung diantarkan. Pendidikan, sistem, kurikulum, silabus di pondok cabang seutuhnya sama.
    Berarti, Santri yang lulus ”
    Ini maksudnya Santri tsb ditempatkan di pondok pesantren lain?

    • Setelah pengumuman kelulusan, ada yang ditempatkan di Gontor pusat, ada juga yang dicabang Gontor. Yang dicabang, akan langsung diantarkan ke lokasi pondok cabang. Tidak semuanya di pusat.

  106. Assalamualikum ustad,
    Maaf ustad mau bertanya.
    Untuk persaratan mengenai surat keterangan sehat,dari dokter rumah sakit biasa atau rumah sakit khusus santri?.
    dan kalo misalkan dokter rumah sakit khusus santri,apakah di gontor ada dokter yang mengeluarkan surat keterarangan sehat.terima kasih pak ustad

  107. Asslkn saya dari Mojokerto mau mendaftarkan anak saya .rencana berangkat besok pagi.tapi kendalanya .surat keterangan lulus ujian SMP baru d berikan tgl 29 Mei .mohon solusinya

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Untuk masalah ini, biasanya para orang tua calon wali santri membawa surat keterangna dari sekolah dan raport anak yang dilegalisir.

      Untuk lebih jelasnya, bisa langsung menghubungi pihak Gontor

  108. Assalamualaikum
    Mau Tanya kalau surat kelulusan Dan STTB nya belom keluar, daftar nya bagaimana ya? Apakah bisa menyusul?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Ibu bisa minta surat keterangan dari sekolah, dan raport anak dari kelas 1-6 yang juga dilegalisir. Untuk lebih lengkap, bisa kontak nomer-nomer berikut:


      Telepon dan Faksimile Sekretaris Pimpinan (0352) 311 766

      Email [email protected]

      Pengasuhan Santri (0352) 311 711/311 911/313 102

      Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) (0352) 313 336

      Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Pusat (0352) 311 586

  109. assalamualaikum…..anak saya perempuan, sekarng kelas 1 SMK apakah bisa pindah ke gontor pak..
    dan adakah nomor yang bisa dihubungi untuk supaya lebih cepat berkomunikiasi….terimakasih sebelumnmya …

    • Telepon dan Faksimile Sekretaris Pimpinan (0352) 311 766

      Email [email protected]

      Pengasuhan Santri (0352) 311 711/311 911/313 102

      Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) (0352) 313 336

      Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Pusat (0352) 311 586

  110. Ujian tahap putra kan dari 4-10 Syawal apakah capel harus mengikuti tes pada 7 hari tersebut atau tes nya hanya 1 hari diantara tgl tersebut?

  111. Apa ada ma nya ya?
    Sama kalo tes itu bersamaaan semua nya yahh

  112. apakkah harus mengulang 4 tahun lagi bagi intensif sedangkan anak saya lulusan pesantren yang ingin lanjut aliyah nya di gontor

  113. Assalamu’alaikum ustadz..
    Untuk syarat STTB atau Surat Keterangan Lulus dari MTs belum diterbitkan pihak madrasah. Bisa dijelaskan kami harus pakai apa sbg syarat pendaftaran ke pondok
    Jazakallah khairan…

  114. assalamualaikum, sy amsyah bpk dari salsabila putri, apakah ada cbang gontor terdekat dengan kalimantan timur?,,

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Mohon maaf Bapak, untuk sekarang belum ada cabang Gontor di pulai Kalamantan. Yang ada pondok Alumni Gontor.

  115. Assallamualaikum
    Mohon infonya, jika naik bis dari jakarta, apakah ada bis yang melewati Ponpes Putri. Jika ada, bis apa jurusan kemana.
    Terima kasih.

  116. Apabila sudah diterima sebagai santri di Gontor dan orang tuanya akan kembali ke daerah asal, perlukah santri di berikan uang untuk membeli perlengkapan yang diperluan ustadz?.
    Kalau misal diperlukan, kira kira berapa besarannya ya ?
    Sukron ustadz

    • Untuk makan dan bayaran kegiatan sudah tidak perlu dipikirkan.

      Tapi, terkadang mungkin anaknya mau jajan lauk-pauk kebetulan anaknya tidak suka lauk yang tersedia di dapur, ini sangat mungkin. Atau, teman-teman satu daerah, teman-teman sekamar mau kompakan buat kaos, itu juga bisa jadi.

      Maka sebaiknya diberikan uang bekal. Untuk besarannya saya tidak bisa menentukan.

  117. Assalamualaikum ustadz..
    Saya dari Medan Sumatera Utara
    Insya Allah saya akan mendaftar anak saya ke ponpes Gontor. Dan insya Allah kami akan berangkat dari Medan menggunakan transportasi kapal laut yg di rencanakan akan berangkat pd tgl 09 Juni 2019. Dan insya Allah sampai di Tanjung Priok pada tgl 11 Juni 2019 pkl 18.00. jika Allah meridhoi kami akan langsung menggunakan transportasi kereta api dari St. Gambir menuju Madiun. Yg di perkirakan akan sampai di Madiun pd tgl 12 Juni sktr pkl 11.00. Dan kami akan langsung menuju ponpes Gontor untuk melakukan proses pendaftaran.
    Yg saya ingin tanyakan apakah dengan kedatangan saya pd tgl tersebut tidak menjadi masalah dalam proses persyaratan pendaftaran dan hal hal yg lain..??
    Syukron ustadz

    • Untuk bisa ikut ujian lisan, putra Bapak harus sudah mendaftar sebelum tgl 10 Syawwal. Kalau lewat, nanti tidak diterima. Setelah itu baru ujian tulis.

      Kalau ada rezeki, atau biaya transport tidak jauh beda dibandingkan pesawat, sebaiknya bapak naik pesawat saja. Tidak terlalu capek. Kasihan anaknya.

  118. Assalamualaikum ustadz.
    Untuk pasphoto bagi Capel putra latar belakangnya warna apa ustadz.
    Syukron

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Setahu saja latarnya bebas Ibu. Untuk lebih aman-nya, ibu bisa buat 2 latar berbeda. Sekarang teknologi sudah maju, tinggal edit.

      Buat yang banyak saja, kedepannya pasti dibutuhkan lagi.

  119. 1. Dari hari pendaftaran sampai dengan hari pengumuman diterimanya Capel di Gontor putri, apakah orang tua atau walisantrinya harus selalu ikut mendampingi capel terus di Gontor I ustadz?.
    2. Kami ada famili di Magetan, apakah boleh kami mabit dirumah famili yang di Magetan selama proses penerimaan Capel ?

    • 1. Untuk wali boleh pulang. Tapi capel harus menetap.
      2. Orang tua boleh mabit di rumah famili.

      Setiap hari calon pelajar boleh dikunjungi, memang sebaiknya didampingi. Tapi, harus disupport belajarnya. Mungkin akan ada perkumpulan konsulat antar daerah untuk capel, biasanya akan ada pelatihan tentang materi ujian tulis, saran kami anaknya didorong untuk hadir.

  120. Kamirin bin sojo sonto

    Maaf ustad. Apakah biaya pendaftaran sebesar 5 juta lebih itu sudah termasuk pakaian seragam santri seandainya sudah sah dinyatakan diterima masuk. Atau kah dipungut biaya lagi untuk pakaian seragam santri. Mohon informasinya ustad.

    • Maaf Ibu, itu belum termausk pakaian seragam.

      Untuk seragam, ibu bisa sediakan sendiri atau membelinya. Bentuk dan warna sebagaimana yang tercantum pada artikel OSPEK Pondok Modern Gontor berikut: https://www.openulis.com/mos-ospek-pesantren-gontor/

      Untuk baju pramuka bisa dimiliki setelah 1 bulan diterima. Karena kegiatan pramuka belum aktif di bulan Syawwal.

      Adapun Jas, saya rasa santri baru tidak membutuhkan.

  121. Jika keluarga kurang mampu apakah ada kurangan biaya?

    • Maaf, kalau itu saya tidak bisa memastikan.

      Yang saya tahu ada beberapa yang diberik keringanan, sebagian ada yang dibiayai teman seangkatan, ada juga yang dibiayai ustadz di sana.

  122. Maaf pak ustad klau pindahan sekarang kelas 1 smp pesantren naik kelas 2 tp mau ke gontor bisa ga

    • Mohon maaf ibu, Gontor tidak menerima pindahan. Masuk Gontor dari kelas 1 lagi.

      • termasuk yang pindahan tingkat SMU apakah juga harus mulai kel;as 1 lagi pak…terimakasih…….

        • Maaf Pak, Gontor tidak menerima pindahan. Kalau lulusan SMP, SMA, Universitas masuk ke Gontor masuk kelas intensif. Kalau sudah kelas 2-3 SMU lebih baik ditamatkan terlebih dahulu, lalu lanjut ke Gontor tapi masuk tingkat kuliah.

      • maaf pak,adakah contak yang bisa untuk dihubungi…terimakasih

        • Jika perlu kontak, bapak bisa hubungi langsung ke pihak Gontor. Berikut daftar kontak lembaga di Gontor, silakan buka link berikut:
          https://www.gontor.ac.id/kontak

  123. Assalamualaikum wr.wb
    Maaf ust mau tanya. Surat edaran dari kanwil jateng bahwa pengumuman USBN tingkat MI baru tanggal 12 Juni, apakah syarat pendaftaran sttb bisa menyusul? Karna sekolah asal bisa mengeluarkan suray kelulusan sementara juga harus setelah adanya pengumuman resmi tgl 12 Juni. Sedangkan pendaftaran gontor putra terahir tgl 14 Juni. Mohon pencerahannya. Terima kasih ust..

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Bapak bisa coba hubungi salah satu kontak berikut untuk lebih dalam mengajukan pertanyaan. Atau bisa minta kontak Direktur KMI untuk lebih pastinya.

      Telepon dan Faksimile Sekretaris Pimpinan (0352) 311 766

      Email [email protected]

      Pengasuhan Santri (0352) 311 711/311 911/313 102

      Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) (0352) 313 336

  124. Apakah pakaian pakaian yang akan dipakai tersedia di Gontor? (Untuk dibeli)

    • Ya, semua kebutuhan santri sudah tersedia di pondok.

      • Kira kira bro duit yg harus disiapkan untuk membeli seluruh pakaian pakaian yang diperlukan di Gontor

        • Untuk pakaian kurang tahu tepatnya, tapi kalau anak Ibu punya sarung, baju koko, kemeja, celana hitam, sepatu pantopel dan olah raga boleh dibawa.

          Silakan bisa dibaca pada artikel kami yang berjodol OSPEK di Gontor https://www.openulis.com/mos-ospek-pesantren-gontor/

  125. Transportasi udara yang terdekat dari Gontor 1 putra?

    • Ada tiga bandara terdekat; Bandara Jogja, Bandara Solo dan Bandara Surabaya.

      Kalau ingin ke Gontor Putri Mantingan melalui Bandara Jogja, saran saya naik kereta api Prambanan Express (Pramex) menuju Solo. Nanti dari stasiun KA Solo lanjutkan ke terminal Tirtonadi, bisa naik taksi atau becak. Kalau naik becak waktu tempuhnya 10 menit ±.

      Kalau dari Bandara Adi Somarmo naik taksi ke terminal Tirtonadi. Setelah dari terminal, banyak bus yang dapat kita gunakan untuk sampai ke Mantingan atau ke Ponorogo. Dari Solo ke Mantingan waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam.

      Jalur ke Gontor pusat dan pondok putri satu arah.

  126. Assallamualaikum wr.wb
    Maaf saya mau tanya, adik saya lulus SD akan melanjutkan ke gontor 6 magelang. Nah itu untuk pendadtaran apakah harus ke gontor pusat atau bisa daftar di gontor 6 magelang ? Terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Benar. Kalau adik mbak laki-laki harus ke pusat di Ponorogo. Kalau perempuan, ke Gontor Putri 1.

  127. Assalamualaikum
    Saya baca setelah mendaftar calon pelajar diharuskan menetap di pondok sampai dengan tes tulis dan pengumuman kelulusan.
    Pertanyaan saya, jika mendaftar saat Ramadhan apakah saat idul Fitri anak tetap dipondok?

  128. Assalamualaikum ust. Kalau semisalnya masuknya setelah lulus SMA umum, apakah masih bisa masuk/daftar di ponpes Gontor ini?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Ya bisa mbak. Tapi, apa gak sebaiknya masuk kampus Gontor aja sebagai mahasiswa? Daripada masuk ponpes jadi santri?

      • Apakah jika mendaftar sebagai mahasiswa gontor akan mondok di pesantren seperti santri?

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

          Benar, kuliah di UNIDA Gontor statusnya sebagaimana santri. Tinggal di lingkungan Universitas, ada absen, ngaji, setoran dll.

  129. Tadz kalo setelah kenaikan kelas apakah ada biaya daftar ulang seperti hal nya pertama biaya masuk gontor 5,3 juta ? Atau hanya biaya bulanan Rp 630.000

  130. Assalamualaikum,
    Tahun Ajaran Baru Gontor berdasarkan Tahun HIJRIAH dan pendaftaran setiap akhir bulan Ramadhan sampai Syawwal dan pasti selalu berubah-ubah tiap tahun krn pemerintah gunakan thn MASEHI bulan JULI, untuk persyaratan pendaftaran menyerahkan Surat Keterangan Lulus bagi yg blm dpt IJAZAH SD nya dari sekolah asal, jika surat keterangan lulus itu belum bisa didapatkan, karena pengumuman kelulusan untuk siswa SD kelas 6 di DKI Jakarta berdasarkan POS USBN BNSP th. 2018-2019 diperkirakaan tgl. 12 Juni 2019 (jika tidak ada perubahan), bisakah daftar dulu ke Gontor tanpa Surat Keterangan Lulus dan bisa di susulkan nanti.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Apakah tidak bisa menyertakan STTB? Atau minta tanda lulus dari sekolah yang dilegalisir.
      Lebih lanjut, ibu bisa menghubungi kontak berikut:

      Telepon dan Faksimile Sekretaris Pimpinan (0352) 311 766
      Pengasuhan Santri (0352) 311 711/311 911/313 102

  131. Assalamualaikum…
    Mohon pencerahannya,
    1. katanya di pontren Gontor selalu mengadakan kegiatan “pesantren Ramadhan”. Apakah kegiatan tersebut untuk santri Gontor saja ataukah untuk umum ?
    Kebetulan putri saya sekarang kelas 9 di SMP Islamic Boarding Schooll, ingin mengenal Pontren Gontor sebelum memutuskan untuk melanjutkan sekolah d Gontor.
    2. Putri saya bercita2 ingin mendapatkan beasiswa prestasi kuliah ke Mesir atau Madinah. Apakah pontren Gontor memfasilitasi untuk kuliah ke luar negeri ? ( Al Azhar / ummul quro).
    Terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah.

      1. Untuk pesantren Ramadhan tahun ini, saya belum dapat kabar. Bapak bisa langsung menanyakan ke pihak Gontor Putri secara langsung melalui kontak berikut:

      Telepon: (0351) 673 387/673 261/672 000/672 460/671 179

      Tapi, kalau bapak mau, bisa ajak putrinya langsung ke pesantren agar langsung bisa lihat.

      2. Alhamdulillah dari Gontor banyak menerima beasiswa dari Mesir dan Arab Saudi. Setiap tahun biasanya ada ulama yang datang untuk menguji secara langsung.

      Semoga bermanfaat.
      Wassalamu’alaikum wa rahmatullah.

  132. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,saya siswi SMA dr sulawesi selatan yg akan lulus di tahun 2019 dan Insya Allah akan daftar di UNIDA. Saya mau bertanya,jenis tes apa yg hrus di ikuti jika ingin masuk ke UNIDA? Tes tertulis ataukah tes online?Dan jika itu ter tertulis,apakah saya harus datang ke UNIDA secara langsung untuk mengikuti tes nya? Dan brpa biaya yg di butuhkan untuk berkuliah di UNIDA beserta biaya pendaftaran nya? Terima kasih,wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Untuk masuk UNIDA harus datang langsung untuk test. Untuk lebih lengkap, saudari bisa merujuk web resmi UNIDA Gontor berikut:

      http://unida.gontor.ac.id/informasi-pendaftaran-mahasiswa-baru-unida-gontor-2/

  133. Assalamualaikum
    Saya sudah bisa membaca tapi ketika imla saya kuerang/belum bisa apakah itu bisa?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatulllah

      Dicoba belajar. Kalau saudari hafal ayat al-Quran, coba saudari baca terus ditulis tanpa lihat al-Quran. Atau dengarkan qori mp3 baca Quran, terus Fitriah tulis. Itu cara belajar paling mudah. Intinya makharijul huruf dan panjang-pendek bacaan.

      Saudari bisa datang ke IKPM Gontor terdekat, minta ajarkan imla.

  134. Halo, saya ini lulusan SMA dan berniat untuk belajar kitab di Gontor (tanpa sekolah) / nonformal. Itu kira-kira bisa ngga ?? Apakah di Gontor adanya hanya pendidikan formal saja ?
    Terima kasih

    • Maaf sekali Mbak, kalau nonformal yang saudari maksud, Gontor tidak menyediakan. Saran saya, sebaiknya mbak melanjutkan kuliah di Gontor saya. Sambil meningkatkan jenjang pendidikan, Gontor juga punya 24jam program kajian rutin di luar jam masuk kuliah. Univertsitas Gontor juga punya banyak koleksi kitab yang menarik dikaji.

      Semoga bermanfaat.

  135. Assalamu’alaikum ustadz apakah di Gontor ada beasiswa untuk anak yang baru masuk pesantren?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Untuk beasiswa, Gontor tidak memberikan pengumuman. Tapi yang sudah-sudah, di Gontor kalau ada santri yang tidak mampu, biasanya akan dibantu teman-teman satu angkatan atau ustadznya.

      Kalau baru masuk langsung dapat beasiswa, kami tidak bisa menjamin.

  136. Assalamualaikum, afwan itu untuk Pembayaran Rp. 5.000.000 untuk perbulan atau bagaimana ya? Terimakasih.

  137. Assalamualaikum wrwb.
    ustad saya mau tanya, adik saya lulus SMP umum tahun ini.
    adik sy mau mandiri, mau pesantren. dan saya rencana mau memasukan adik saya di gontor
    adik saya termasuk anak yg sholeh, rajin ibadah gak aneh2 kelakuannya
    lokasi saya dibekasi. dan sedang bingung cari pessantren untuk adik
    kira2 berapa uang pendaftaran dan kebutuhannya yang harus saya siapkan?
    dan untuk cari informasi lebih detail lagi kemana ustad?
    terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Baik sekali mbak, adiknya didukung. Untuk pendaftaran Gontor tahun ini, biayanya 5.600 sudah termasuk SPP dan Makan bulan tersebut.

      Selain di blog ini, untuk info pendaftaran mbak bisa merujuk ke web Gontor: https://www.gontor.ac.id/pendaftaran

      Kalau ada yang perlu ditanyakan, silakan saja.

  138. Assalamu’alaikum,,,,maaf ustad mau tanya,,,anak saya saat ini sdh kelas 1 smp,,,tp semenjak masuk smp anak saya berubah total sdh g bs dikendalikan,,,berani sama orang tua,,suka berbohong,,,niat saya mau memindahkan anak saya ke pondok biar dapat pembelajaran ilmu agama yg lbh dalam dan bisa merubah karakternya yg terlalu keras,,,karena saya sndri dan guru2 di sekolahnya sdh kewalahan menghadapi sikap anak saya,,,tp anak saya blm bs baca al quran dan ga bisa berbahasa arab,,,dia saya tanya mau dipindahkan ke pondok dijawab mau tp saya suruh belajar baca al quran tdk pernah mau,,,ini solusinya gimana ya ustad mohon petunjuknya

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Untuk masuk pondok, mungkin bisa, tapi sepertinya kalau masuk Gontor tidak bisa. Karena, syarat diterima Gontor salah satunya adalah lulus test membaca al-Quran.

      Solusinya untuk sementara, diikutkan lembaga bimbingan masuk Gontor.

      Semoga Ibu diberikan anak-anak yang sholeh.

  139. Assalamuallaikum ……
    Pak ustd saya mau nanya .
    Adik saya kan tahun depan lulus MA/SMA .
    Mau mondok nya ke gontor.
    Kalo mondok sekalian kuliah itu biaya nya berapa .
    Yg 5.5 jt itu termasuk kuliah gax .
    Adik saya cowok .
    Terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Kalau mau mondok sekalian kuliah, bisa langsung ke UNIDA. Insya Allah biaya-nya tidak jauh beda.

  140. Assalamualaikum ustd…sya mau tnya.sya dri pekanbaru.adik saya ingin skli masuk gontor.apa kah gontor 7 yg ad d pekanbaru rimbo panjang kurikulum nya sama dengan gontor pusat ? Terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah.

      Untuk sekarang ini Gontor hanya baru ada di Lampung dan Aceh. Kurikulum dan pola pendidikannya sama dengan Gontor Pusat. Yang ada di cabang juga suatu hari akan dipindah ke pusat. Yang pusat ditugaskan ke cabang.

  141. Assalamu’alaikum ustadz, untuk pendaftaran putra dari tanggal 23-27 ramadhan itu tinggal di pondok selama 5 hari, atau pendaftaran nya bebas dari tanggal itu?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Benar ibu, itu tanggal pendaftaran. Calon pelajar harus menginap di pondok hingga pengumuman kelulusan.

  142. Assalamualaikum… sy dari tangerang saat ini putri sy mondok di kediri dan sekolah non pormal waktu masuk pondok baru lulus SD thn 2018 dan sekarang di pondok kelas 4 ibtidaiyah .
    Dan sy ada rencana ingin memindahkan putri sy
    Ke gontor .
    Yang ingin. Sy tanyakan :
    Apakah bisa putri sy masuk ke gontor ?…
    Seandainya bisa dan lulus ujian masuknya kelas apa ?….
    Sy mohon saran dan jawaban dari ustadz ,
    Mohon maap dan terimakasih
    Assalamualaikum wr wb.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Kalau ada ijazah SD atau SMP dan yang setingkat, anak ibu bisa masuk Gontor.
      Jika anak bapak lulusan SD, masuk kelas reguler. Kalau anak bapak lulusan SMP, kelas intensif.
      Yang perlu saya tekankan, di Gontor tidak ada anak pindahan. Jadi, semuanya mulai dari awal.

      Sekian.

      Semoga bermanfaat. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silakan ajukan.

      Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

  143. Assalamualaikum ustad…apa kah santri yang masuk gontor harus pintar,saya dapat info dari seseorang kalo tidak naik kelas di keluarkan dari pondok..apa betul begitu ustad?mohon penjelasannya, trimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Tidak benar, dikeluarkan dari Gontor kalau 13 kali gak naik kelas. “Emang ada ustadz gak naik sampai segitu banyak?” Ya Ada. Di Gontor tidak pandang bulu, ujian murni ujian, nilai tidak sampai ya jangan salahkan guru.

  144. Assalamu’alaikum ustadz,, saya mau daftar ke gontor, namun saya belum bisa bahasa arab dan belum lancar menulis arab tapi bisa baca al quran,, apakah bisa daftar ustadz?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Sebaiknya disiapkan dari sekarang. Latihan menulis, gak bagus gak masalah yang penting bisa. Tidak bisa berbahasa Arab tidak masalah, karena itu bukan syarat.

  145. assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh…
    maaf mau bertanya, apa benar ada perbedaan kualitas santri di gontor pusat dan cabng2nya? saya perna mendapatkan informasi bahwa ada kelas unggulan di gontor pusat dan apabila kurang berprestasi akan dipindah ke cabang2nya?? mohon infonya, trimakasih…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Tidak ada perbedaan antara pusat dan cabang. Pendidikan, silabus, kurikulum, pelajaran, jam kegiatan sama semua. Yang cabang suatu saat juga akan dikirim ke pusat, dan yang dipusat dipindah ke cabang.

      Penempatan cabang-cabang itu murni karena Gontor pusat sudah tidak muat.

      Terima kasih kembali

      • Ass wr wb
        Malam ustad, klo lulusan gontor apakah bisa untuk dsftar polisi atau tentara?

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

          Tentu bisa mas Dirjo. Sekarang sudah banyak yang jadi polisi dan tentara.

          • Maaf ustad, maksud saya apajah ijazah gontor bisa untuk ndaftar Akpol atau Akmil?
            Apakah juga bisa untuk ndaftar fakultas kedokteran atau jurusan eksak?

          • Bisa, Ijazah Gontor diakui di kampus negeri ataupun swasta. Banyak Alumni Gontor ikut Akpol/Akmil/Kedokteran/Sains

  146. Assalamualaikum ustadz saya mau tanya, kalau mau masuk ponpes gontor apakah harus hafal Al-Qur’an minimal 2 juz? Kalau belum ada hafalan tesnya tetap sama atau di bedakan?
    Terima kasih.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Masuk Gontor tidak harus hafal 1 juz. Yang di-test juz amma. Kalau bisa sampai An-Naba. Semua ujian disamakan.

      • maksudnya ustad yang juz amma yang diteskan sebagai apa bacaan atau imla

        • Juz Amma nanti dites hafalan.
          Al-Quran dites bacaan
          Imla, nanti penguji akan membaca teks bahasa Arab, bisa al-Quran, hadits, syair, berita. Kemudia calon pelajar menulis apa yang dibaca penguji.

    • Assalamu’alaikum ustadz mau tanya
      Saya kan lulusan smk tahun 2019 ini misalnya kalau mau daftar ke gontor putri, apakah harus tes terlebih dahulu juga?

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah.

        Mbak Yunan mau masuk pondoknya atau kampus Gontor?

        Dua-duanya pakai test, tentu saja ujiannya berbeda.

  147. Assalamu’alaikum ustadz saya mau nanya, kan pendaftaran mulai tanggal 5 syawal itu maksudnya kita harus nginep disana dari tanggal 5 sampai tanggal 14 syawal atau maksudnya kita bisa daftar diantara tanggal tersebut atau bagaimana ustadz? Mohon infonya. Terimakasih. Wassalamu’alaikum.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Ya Mbak, daftar sekalian langsung tinggal untuk ujian dan menunggu pengumuman.

      Kalau masih ada yang belum jelas, bisa ditanyakan kembali. Terima kasih kembali.

      Wa’alaikumussalam

  148. Bismillah…….

    Alhamdulillah…… Tulisan yg ust berikan sangat memberikan banyak manfaat serta wawasan bagi kami yg InsyaAllah tahun ini anak kami akan mengikuti ujian masuk gontor. (InsyaAllah lulus dengan baik). Hal yg masih ingin kami tanyakan adalah ;

    1. Apakah utk tahun 2019 ini sdh ada kepastian tanggal utk pengumuman hasil test gontor putra?
    2. Apabila calsan di nyatakan lulus, apakah kegiatan KBM langsung berjalan (lsg mondok) atau santri boleh kembali ke rumah masing2 terlebih dahulu?.
    3. Apabila calsan di nyatakan lulus namun di tempat kan di luar pondok gontor ponorogo misalnya pondok yg di Muntilan / Magelang bagaimana dengan akomodasinya? Di koordinir pihak gontor atau sendiri2?
    4. Mengingat waktu kami terbatas krn keperluan pekerjaan sebaiknya setelah pengumuman ke lulusan berapa lama kami harus mendampingi anak kami? Terutama utk mendampingi memenuhi kebutuhan selama mondok?

    Utk persiapan pendaftaran sampai dengan ujian, Alhamdulillah kami tidak kuatir krn nanti akan dibantu oleh bimbel eks alumni gontor. Namun utk persiapan setelah di nyatakan lulus kami masih belum dpt kejelasan.

    Terima kasih atas atensi ust….. Semoga Allah memberkahi ust dan keluarga

    Jazakallah khoir.

    • Bismillah…

      Saya jawab satu persatu ya:

      1. Pengumuman kelulusan biasanya 3-5 hari setelah test tulis. Untuk putra, test tulis tgl 11 Syawwal. Putri, 15 Syawwal.
      2. Setelah pengumuman dan dinyatakan lulus, santi langsung ikut serta KBM. Tidak bisa pulang.
      3. Yang dinyatakan lulus dan di pondok cabang, akan langsung diantar. Orang tua tidak perlu khawatir.
      4. Di hari pengumuman kelulusan, santri sudah bisa ditinggal. Pengalaman admin, bahkan di hari pendaftaran sudah ditinggal sendiri 🙂

      Untuk persiapan setelah lulus;

      • Bapak bisa baca pesan kiyai Hasan dalam post kami yang berjudul Nasihat Untuk Orang Tua Santri Pesantren dari Kiyai Hasan.
      • Yang utama buku pelajaran, bapak bisa ke koperasi pelajar, di sana sudah ada daftar buku untuk kelas 1 apa saja.
      • Pakaian, bapak juga bisa baca di post kami tentang “Konsep MOS dan Ospek di Pondok Pesantren Gontor”

      Semoga bermanfaat.

    • Assalamualaikum ust…
      Saya Santi,anak saya laki-laki masih kelas 4 SDIT berniat mau melanjutkan ke Ponpes Gontor.. Namun akhir ini berrencana mau survei ke Gontor Pusat..yg mau saya tanyakan:
      1. Apakah ada/boleh ananda untuk mengikuti kegiatan keseharian dalam pesantren untuk 1-2 hari??
      2. Apakah di ponpes Gontor ini ada program tahfidz?
      3. Apakah ada program bimbingan/beasiswa untuk santri yang ingin melanjutkan ke universitas Al. Azhar Mesir??
      Demikian,syukron atas jawabannya ust..wassalamualaikum…

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

        Ibu Santi, saya izin jawab satu per satu ya:

        1. Kalau hanya datang ke pondok, lihat-lihat, silakan saja. Kalau ikut kegiatan secara langsung tidak bisa. Ibu bisa keliling pondok, nonton yang sedang pramuka, masuk di masjidnya, silakan saja. Bahkan ibu bisa tinggal di kamar tamu beberapa pekan, ngobrol dengan wali santri yang sedang jenguk putranya.
        2. Program tahfidz secara khusus tidak ada. Tapi, santri punya group/halaqoh bersama, ada kakak kelas yang akomodir, ini biasanya inisiatif mereka sendiri. Alhamdulillah terbukti, banyak alumni Gontor yang kuliah di Madinah dan Yaman, yang tentu saja mensyaratkan hafal al-Quran.
  149. Assalamualaikum ustad..saya nurul dari palembang kelas 3 SMA…rencana mau lanjut d gontor .bisa nggk ya .??..maaf ustad itu biaya pendaftarannya kalo udah lulus masuk d gontor apa sebelum daftar…trus biaya persemester berapa ya kalo kuliah d stu…?dan kalo ikut bimbel untk tes masuk itu d tanggal berapa ya .??

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Ukty Nurul mau ke Gontor untuk lanjut kuliah atau sekolah?

      Kalau sekolah, nanti mengulang dari kelas 1 SMA. Kalau kuliah, bisa pakai ijazah kelulusan SMA. Administrasi dilakukan saat pendaftaran, sebelum test. Nanti, jika ternyata belum lulus, sebagian biaya yang belum dipakai bisa diambil kembali.

      Untuk kuliah, bisa buka web Universitas Darussalam Gontor berikut: http://unida.gontor.ac.id/

      Pendaftaran masuk Gontor untuk putri dimulai setelah idul fitri.

  150. Ass…ustadz sy mohon infonya,sy berkeinginan sekali anak laki2 sy untuk masuk Gontor tempat tinggal sy berada di Tolitoli Sulawesi tengah, cabang terdekat adalah Gontor 13 Poso. Untuk pendaftaran dan ujian apa cukup kita mengikutinya di Gontor 13 Poso tanpa harus ke Ponorogo lagi. Terimakasih.

    • Wa’alaikumussalam wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

      Ada Gontor 7 dan 13 di Sulawesi. Kalau daftar di Poso kemungkinan ditempatkan di Poso untuk sementara.

      Tapi tidak jarang ada pemindahan ke pusat.

  151. Assalamualaikum
    Apakah setelah lulus KMI bisa melanjutkan kuliah jurusan farmasi?
    Dan disaat tes menulis arab apa tulisan arabnya harus Bagus dan rapih?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Lulus pesantren, tentu saya bisa melanjutkan ke program studi apapun.
      Tes menulis yang terpenting bisa terbaca.

  152. Assalamualaikum wrwb
    Saya berencana mau masukkan anak saya k gontor, saya tinggal di medan, dimanakah cabang gontor yg terdekat, apakah kwalitasnya sama dgn gontor pusat. Apakah bs daftarnya di cabang terdekat, tp nti sekolahnya tetap di pusat

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Gontor punya cabang di Lampung Sulit Air dan Aceh. Pendidikan, silabus, pelajaran bahkan soal ujiannya sama semua seperti di pusat. Untuk daftar bisa coba ke sana.

  153. Assalamualaikum tadz
    Untuk pendaftaran Gontor tahun 2019 lulusan SD tahun 2020 , berarti anaknya baru naik kelas 6 , kira2 gelombang 1 nya tanggal berapa untuk putra dan putri , kebetulan anak saya kembar dan mau naik kelas 6.
    Jazakallah Khair infonya

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Insya Allah, untuk 2019 pendaftaran putra gelombang pertama tgl 23-27 Ramadhan, putri 5-14 Syawwal.

      Semoga bermanfaat.

  154. Assalamualaikum ustadz…
    Nama saya suchi ramadhania putri dari Kalimantan barat,saya ingin nanya
    1.saya kan udah kelas 2 sma saya ingin nanya apakah bisa saya masuk pesantren Gontor padahal saya sudah kelas 2 sma,jadi harusnya gimana ya ustadz apakah saya harus ngulang kelas 1 lagi atau langsung kekelas 3
    2.dan sya kan ada baca balasan komentar ustadz kalau dipesantren Gontor itu tidak tersedia setrika jadi boleh gak ustadz kalau saya bawa setrika sendiri,saya kan cwe malu jadi malu kalau baju saya gak tapi
    3.terus ustadz saya kan jauh lagipun saya gak ada keluarga di sana,jadi bagaimana ya ustadz apakah ada pendaftaran lewat online
    4.terus tahun ini kan saya naik kelas 3,tapi saya ingin nya pesantren kegoltor jadi bagaimana ya ustadz cara saya mendaftar
    Syukron
    Ditunggu balasan nya ustadz

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Saya jawab satu persatu ya Mbak:

      1. Sekarang sudah kelas 2 SMA, bisa masuk Gontor, tapi mulai dari kelas 1 intensif. Belajar dari dasar bahasa Arab, dasar ilmu-ilmu Islam. Atau saudari bisa masuk Gontor setelah lulus SMA tapi sebagai mahasiswi di Univertsitas Gontor. Pola pendidikannya seperti di pondok pesantrennya, namun pelajarannya tentu saja beda.
      2. Untuk Gontor putri boleh menggunakan setrika arang yang tradisional. Semuanya begitu 😀
      3. Pendaftaran Gontor semuanya offline tatap muka. Jadi, kalau merasa jauh, bisa coba cari IKPM Gontor terdekat, tanya-tanya di sana, Insya Allah akan ketemu orang-orang yang juga akan mendaftar. Jadi bisa bareng mereka.
      4. Seperti jawaban di atas, saudari bisa memilih, kalau daftar sekarang mulai lagi dari kelas 1, atau daftarnya setelah lulus SMA sebagai mahasiswi.
      5. Btw, kenapa ingin sekali ke Gontor?

        Jazakallah khairan.

  155. Assalamualaikum wr wb
    Saya dari sekolah umum(smp) saya ingin masuk ma gontor apakah nilai un harus tinggi ?
    Kak katanya kalau masuk ke gontor itu harus ngikut bimbel primago,kalau misalnya nggak ikut bimbel boleh gak kak ? terus ujian imla’ itu di dikte sama ustad nya ya kak ? Kalau pembacaan Al qurannya itu harus penghafalannya ya kak ? Terus kalau misalnya kurang bisa bahasa ingggris gimana kak ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Daftar Gontor tidak mengharuskan nilai UN, yang penting ijazah kelulusan. Toh, di pesantren Gontor juga tidak ada ujian nasional.

      Mengenai bimbingan masuk Gontor, itu tidak resmi dari Gontor. Itu hanya inisiatif para alumni. Kalau gak ikut bimbel tidak apa-apa.

      Ujian imla akan langsung di dikte oleh ustadz, bukan rekaman.

      Untuk al-Quran, tidak harus hafal semua, hanya beberapa surat di juz Amma, siapkan saja sampai Abasa. Yang penting lancar membacanya dan tahu tajwidnya.

      Tidak ada test bahasa Inggris untuk masuk Gontor.

      Kalau ada yang masih tidak mengerti, silakan berkomentar. 🙂

  156. Assalamualaikum…
    Nama saya Nazarudin dari palembang
    Anak saya sekolah di pondok pesantren qodratullah Palembang MTS putri,
    1. Kalau tamat dari sana masuk Gontor menempuh pendidikan berapa lama?
    2. Bisa ngak langsung masuk ke kelas 4?
    Syukron…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      1. Kalau nanti putrinya tamatan MTS, berarti masuk kelas intensif. Penjelasan mengenai kelas intensif ini sudah kami cantumkan di atas.
      2. Jika putri Bapak memiliki kemampuan, bisa ikut ujian lanjutan, jangankan langsung kelas 4, langsung kelas 6 pun bisa.

      Jazakallah khairan.

  157. Assalamualaikum ustad, apakah mencuci baju dan setrika harus dikerjakan santri sendiri? Anak saya lulusan SD , laki2. Kasihan jg kalau harus mencuci dan setrika baju sendiri.

    • Wa’alaikumussalam

      Ya Ibu, di sana cuci pakaian sendiri. Ngak apa-apa toh, supaya mandiri. Ibu tidak usah khawatir, semua anak begitu. Kalau setrika, Gontor putra tidak ada alat dan fasilitasnya. Jadi, baju dipakai tanpa setrika :v

      Terima kasih.

  158. assalamualaikum . ngapunten saya mau m,enynyakan beberpa pertanyaan ,
    1. untuk biaya masuk SMA kisaran 6 jt , lalu untuk syahriyah itu berapa ?
    2. Gontor itu berafiliasi pada ormas tertebtu atau tiodak misal NU /muhammadiyah dll ?
    3. ketrampilan apa saja yg di sediakan oleh GONTOR untuk mengasah bakat santri?
    4. bahasa sehari hari di pondok menmggunakan apa saja?
    maturnuwun atas waktunya dan di tunggu jawabannya
    wassalualaikum,

    • Wa’alaikissalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh

      1. Untuk syahriyah tahun lalu 630rb.
      2. Gontor tidak berafiliasi pada ormas apapun
      3. Untuk keterampilan dan seni di pesantren ini ada banyak, diantaranya: Kaligrafi, Lukis, Sablon, Aquarium, Elektronik, Janur, Acrylic, Ukir, dll. Sementara untuk pengembangan skill lain juga ada.
      4. Keseharian, termasuk dalam KBM menggunakan bahasa Arab dan Inggris saja.

      Apakah ada yang dapat saya bantu lagi?

      Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

      • Assalamualaikum , ustad ana mau tanya. Ana punya adik Laki2 mau masuk SMA dan mau mendaftar kegontor insyaallah nantinya smga lulus.
        1. Kalau dari Pekanbaru kita naik transportasi apa ya, dan turun dibandara mana untuk jalur tercepat nya? Brpa ongkosnya untuk sampai ke tujuan. Pergi dan Pulang.
        2. Biaya yg dikeluarkan berapa untuk mendaftar masuk SMA dan apa saja yg perlu disediakan sebelum berangkat?
        3. Tgl berapa mulai pendaftaran SMA? Dan Tesnya.
        4. Berapa hari untuk tes?

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Semoga Allah mudahkan tujuan menuntut ilmunya.

          1. Kalau dari Pekanbaru bisa coba ke Bandara Jogja, Bandara Solo atau Bandara Surabaya. Ongkosnya relatif. Mengenai rute, bisa dibaca pada sub judul “Transportarsi … ke Pondok Modern Darussalam Gontor”
          2. Biaya pendaftaran dan syaratnya bisa dibaca di https://www.gontor.ac.id/pendaftaran
          3. Pendaftaran dimualai 23 Ramadhan tahun ini.
          4. Test-nya hanya 2 hari. Tapi pengumuman tanggal 15 Syawwal.

          Semoga bermanfaat. Kalau ada yang perlu ditanyakan, silakan …

  159. Assalamualaikum
    Di ponpes Gontor ini pendaftaran nya apa ada test bahasa arabnya ya??,

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Untuk test kemampuan berbahasa Arab tidak ada, tapi ada test baca al-Quran dan menulis Arab (imla).

      • Ustadz apakah digontor mempunyai ijazah umum?

        • Wa’alaikassalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh

          Sampai saat ini ijazah Gontor tersendiri, tapi sudah diakui dapat dan luar negeri.

          • Assalamualaikum…..mohon maaf ustadz mau tanya apakah pendaftaran santri baru di pesantren Gontor 6 Magelang masih buka?

          • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah
            Mohon maaf ibu, sudah ditutup. Semua pendaftaran di Gontor 6, dilakukan di Gontor Pusat Ponorogo.

      • Assalamualaikum Pak Ust…Anzk saya laki2 Mei ini lulus UN dari Sekolah MI…saya asli Pacitan tp tinggal d Bekasi.Td sy baca ada Pondok Alumni utk yg tdk lulus itu bgmn Ust ..Brp lama di pondok tsb jk calsan itu tdk lulus tahun ini?
        Dan apakah boleh Pendaftaran smpai Test nya diwakili kakeknya dikarnakan Swmi sy hnya bs izin 3 hari dan sy pun msh ada bayi.
        Tksh ust atas jwbnnya

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

          Maksudnya, biasanya di tempat pengumuman kelulusan ada stand pondok Alumni yang bersedia menerima calon pelajar yang belum lulus test.

          Untuk pendaftaran, anak ibu harus hadatang langsung ke pondok. Mengenai siapa yang menemani, bisa siapa saja.

          Semoga membantu. Kalau masih ada yang ingin ditanyakan, silakan ajukan.

  160. Asalamualikum pendaftaran kan bln romadon kira kira tgl brp ya pak

  161. Assalamu’alaikum ustad saya punya adik laki-laki skrg sedang mondok di salah satu ponpes di jawa tengah tapi kami keluarganya tinggal di jambi. Adik saya berniat ingin pindah ke gontor, adik saya skrg mondok sambil sekolah aliyah setingkat dgn kelas 1 SMA. Karena jarak antara adik dan kami keluarga yg tinggal di jambi sangat jauh jadi agak sulit untuk mempersiapkan proses pindahnya. Apakah bisa untad adik saya masuk ke gontor? Apakah harus ikut tes dr awal? Dan nanti jika ikut tes dan lulus apakah adik saya berarti mengulang lg dr kelas 1 SMA? Terima kasih sebelumnya ustad mohon penjelasanny

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Kalau masuk ke Gontor memang harus mengulang dari kelas 1 lagi, karena PMDG tidak bisa menerima pindahan. Tapi, kalau punya kemampuan bisa ikut ujian lanjutan, untuk langsung naik kelas 2 atau tidak.

      Sekarang sudah di ponpes juga, kenapa harus pindah? Kalau memang ingin mengenyam pendidikan Gontor, bisa masuk Universitas Darussalam Gontor setelah lulus SMA di ponpes jawa tengah. Ini lebih aman.

      Wallahu ‘alam.

  162. Pendaftaran pondok modern gontor darussalam 2019 2020 kpn y mohon infonya…

  163. Assalamualaikum ww,ustad setelah ujian lisan dan tulisan selesai,berapa hari calon santri & orang tua harus menungu pengumuman ,karena kami dari Bandung harus mempersiapkan tiket kereta api untuk kepulangan(tidak bisa mendadak)
    Terimakasih atas jawabannya.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Kira-kira, dari ujian gelombang pertama, harus menunggu 20 hari. Pokoknya, pengumuman kelulusan gelombong 1 dan 2 tanggal 13-15 Syawwal kurang lebih.

      Terima kasih kembali.

  164. Assalamualaikum,,,,,
    Ustadz saya ingin mondok ,, saya tamatan sma. Bukan kuliah ustadz ,, bisa atau tidak,,, kalau bisa berapa tahun saya mondok dan berapa biaya yang harus saya keluarkan.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Bisa mbak, kalau mau mondok lagi, nanti masuknya setingkat SMA lagi, lama pendidikan 4 tahun. Tapi, Gontor juga punya universitas, kalau bisa, kenapa tidak masuk kampus Gontor saja sekalian, sistemnya juga mondok.

      Untuk masuk ke pesantrennya, pendaftaran tahun lalu 5,5jt. Itu sudah termasuk biaya makan dan SPP bulan tersebut sebesar 630.000.

      Semoga bermanfaat.

  165. Assalamualaikum. Mau tanya kapan pendaftarannya untuk 2019-2020 mohon infonya anak sy dari SMP Umum. dan brp kisaran biayanya.mksh

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barkatuh.

      Pendaftarannya Pertengahan bulan puasa Pak. Kisaran 6jt biayanya.

    • Assalamualaikum
      Kalau syarat mau masuk universitas Gontor apa aja ya?

      • Wa’alaikumussalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh

        Syaratnya sama seperti masuk pondoknya, tentunya ijazah setingkat SMA, jangan lupa. Selain itu, masuk Unida Gontor harus bisa menggunakan bahasa Arab atau Inggris.

  166. Asallamualaikum apakah putra dan putri di Gontor satu sekolah?

  167. kalau pendaftaran mlai dibuka kapan?

  168. Assalamua’laikum tadz, kalo perbedaan gontor putri 1,2, dan 3 itu apa ya? Lalu berapa org gontor putri per kelasnya dan per kamarnya untuk SMA?

    *Terimakasih*

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Tidak ada bedanya, cuma lokasi dan gedung aja yang beda. Biasanya di Gontor satu kelas ada 35-40 santri. Untuk kamar, tergantung luas kamar.

      Terima kaish kembali

  169. Assalamualaikum
    1.Di gontor jika SMA ada jurusan apa saja ustad?
    2.Apakah disana ada Sekolah SMA sambil khusus tahfidz Qur’an?
    Terimakasih🙂

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.

      1. Di Gontor tidak ada jurusan, belajarnya secara menyeluruh. Nanti, kalau mau mendalami, bisa masuk club-club seperti bahasa, exact, kesenian, olahraga di luar jam masuk kelas.
      2. Gontor tidak seperti sebagian pesantren yang memisahkan pondok dan sekolah. Gontor punya kurikulum sendiri. Untuk tahfidz, silakan bergabung ke group penghafal Quran.

      Semoga bermanfaat 🙂

  170. Assalammualaikum..
    Anak saya mondok n kelas 9 MTS di salah satu islamic boarding school di Malang..kalau Mau melanjutkan ke Jenjang berikut..syaratnya apa saja.. Pendaftarannya di mulai kpn?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Pendaftaran masuk GOntor di mulai bulan puasa. Untuk persyaratannya: Ijazah sekolah, surat tanda tamat belajar, pas foto, kartu keluarga, akte lahir.

  171. Assalamualaikum pak ustadz aku mau tanya selain uang pendaftaran masih ada uang gedung ga ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Setahu saya, tahun lalu pondok putra 5,3jt itu sudah semua pendaftaran termasuk makan bulan tersebut.

  172. Assalamualaikum, Saya Jupriadi, S. Pd, dari Rokan Hulu, Provinsi Riau, Anak Saya sekarang Rifqiy Hannan duduk dikelas VI, dan saya berkeinginan sekali anak saya masuk pondok pesantren Gontor, Bagaimana saya mendapatkan info akurat tentang pondok ini, dan apa Usaha saya agar anak saya diterima di pondok ini, syukron

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Di Riau ada 2 pondok Gontor. Kalau bapak berkenan, bisa berkunjung ke sana untuk mendapatkan info yang valid.

      Afwan…
      Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7
      – Rimba Panjang – Tambang – Kampar – Riau 28464

      Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 14
      – Lubuk Jering – Sungai Mandau – Lubuk Jering – Siak – Siak – Riau 28671

  173. Saya berkeinginan untuk mendaftarkan anak saya di pesantren ini.akan tetapi mungkin usia masih belum dpt diterima mohon info lebih terangnya dan bagaimana agar bisa belajar di ponpes tersebut.
    Atau bila di perbolehkan beserta ibu.
    Karena putra saya masih age 7 years

    • Pendidikan di Ponpes Gontor tersedia untuk tamatan SD. Kalau putra bapak berusia 7 tahun dan sudah lulus sekolah dasar, tentu saja dapat mendaftar. Namun jika tidak, mohon maaf tentu saja tidak bisa diterima.

      Saran saya, untuk sekarang ini sebaiknya anak merasakan didikan orang tua. Dia akan berlajar dari ibu-bapak. Itu penting untuk kepribadiannya. Jangan tergesa-gesa mengirimkan anak ke pesantren.

    • Maaf ustadz kalo anak yg sudah kelas 2 SMP
      di pondok pesantren alumni Gontor .kalo ingin mondok di
      Gontor dan meneruskan kls nya bagaimana?

  174. Assalamualaikum tadz mau tanya apakah kelas 11 SMA negeri semester 2 bisa nerusin masuk ke gontor? soalnya di sma negerinya kurang srek. Jazakallah khairan katsira

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Di Gontor tidak menerima pindahan. Semuanya mulai dari awal. Kalau saudari sekarang ini ke Gontor, nanti mengulang lagi dari “kelas 10”. Saran saya, selesaikan dulu SMA yang sekarang. Kalau masih bersemangat menuntut ilmu di Gontor, bisa masuk UNIDA (Universitas Darussalam) Gontor. Pendidikannya mirip di pesantren, tapi pelajarannya anak kuliahan.

      Mengenai “kurang srek” di sekolah adalah hal bisa. Semua orang akan mengalaminya. Toh, sudah setengah jalan.

      Semoga bermanfaat.

  175. Assalamualaikum
    Saya dari Medan Sumatera Utara
    Anak saya ini sedang duduk di kelas 6 SD dan saya ingin mendaftarkan anak saya di ponpes Gontor.
    Saya mohon arahannya , kira2 kapan saya dan anak saya bisa berangkat untuk melakukan pendaftaran dan mengikuti ujian capel.
    Apakah setelah selesai ujian UAN/UAS atau bagaimana…??? Mohon penjelasannya..
    Terimakasih.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Pendaftaran masuk Gontor insya Allah dimulai bulan Ramadhan, dan salah satu syaratnya membawa ijazah kelulusan SD/SMP.

      Semoga bermanfaat.

  176. Assalamualaikum wr. Wb ustadz maaf mau nanya anak saya sekarang sudah kls 6 sd, sdh punya niat mau masuk pondok,anak saya maunya masuk ke gontor, tpi karna kemampuan abinya, bisa tidak mengajukan pakai surat KIP?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Mengenai itu, ibu bisa coba berbicara atau mengajukan ke pihak pesantren Gontor. Atau, bisa coba carikan orang tua asuh, bahwa anak ibu benar-benar ingin menuntut ilmu agama di ponpes. Insya Allah ada jalan yang memudahkan. Barakallah fiikum.

      Terima kasih.

  177. Apa masuk gontor bisa dapat biayasiswa dari olahraga?

  178. Anak saya lulus Ponpes bukan PM Gontor, aliyah. adakah perguruan tinggi gontor?
    Atau harus melanjutkan kemana?

    • Ada Ibu, Universitas Darussalam Gontor.

      • Assalamu’alakum, ustadz anak saya kembar laki-laki keduanya baru tamat SD, anak saya ini sangat ingin sekali masuk pesantren sampai menangis memintanya, tetapi saya tidak mampu membiayai nya untuk mondok, asal saya dari padang sumbar. Apakah di pondok pesantren gontor ada keringanan untuk anak yang kurang mampu.? Mohon pencerahan nya ustadz

        • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

          Mohon maaf Ibu. Soal itu saya kurang tahu pasti.

          Tapi, ibu bisa langsung kontak alamat dan nomer berikut untuk mencari info Pondok Pesantren yang memberikan keringatan bahkan gratis.

          Alamat: Jl. Gajah Mada No.3a, Kp. Olo, Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat 25173
          Telepon: (0751) 7844061

  179. Assalamualaikum tads apa bisa wali murid memilih cabang gontor untuk di tempatkan?
    Sy dari bali kl boleh mau nya yg dekat contoh nya yg di banyuwangi, wassalam

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.

      Setahu saya tidak bisa pak. Tapi, jika bapak mau coba silakan. Sangat mungkin kalau sudah rezeki bapak dan anak, bisa memilih cabang Banyuwangi.

      Wassalamu’alaikum

  180. Assalamualaikum ustat, sekarang ini anak saya barus kelas 2 smp dan sekolahnya juga sekolah umum, bukan sekolah agama, apakah anak2 yg dari sekolah umum di tes juga tu bahasa arab, dan di atas juga ada penjelasan biaya pendaftaran harus dilunasi saat mendaftra dan jika tidak lulu di gontor dana yg sudah masuk tadi akan di kembalikan beberapa saja, tu maksudnya apa ya ustat?? Seandainya anaknya pada saat tes tidak di dampingin orang tua dan hanya di antar saja apakah bisa ustat?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah.

      Sebelumnya saya mohon maaf ibu, tidak ada tes Bahasa Arab saat masuk Gontor. Yang ada hanya membaca tulisan Arab al-Quran dan Menulis Arab. Jadi, kalau tidak bisa berbahasa Arab tidak mengapa. Anak ibu baru kelas 2, masih ada waktu untuk mempelajarinya.

      Mengenai biaya, saat pendaftaran harus dilunasi pembayarannya. Jika ternyata tidak lulus, boleh sebagian diambil kembali terutama untuk uang yang belum digunakan oleh anak Ibu.

      Anak ibu bisa mendaftar tanpa didampingi orang tua.

  181. Maaf,, kalau cabang gontor jawa barat ada tidak ya?

    • Untuk Jawa Barat sudah banyak pondok alumni. Jadi, menurut Gontor tidak perlu mendirikan Pesantren di Jabar.

      • Asslkm..mohon maaf…bisa minta info pondok alumni di jawa barat khususnya di cirebon ?terima kasih..

        • Wa’alaikumussalam

          Bisa coba, Pondok pesantren Al-Azizah Kampung Damai. Kelurahan Perbutulan Sumber Cirebon, tempat dimana Pondok Pesantren Kampung Damai berdiri, dahulu bernama Kampung Dukumulo.

  182. Ustadz, izinkan sya meminta nmor handphone/ WA yg bisa dihubungi, baik nmor pengelola ataupun staff yg berperan langsung dri Gontor

    • Maaf bapak/ibu, untuk permintaan ini saya tidak bisa lakukan karena berkaitan dengan privasi seseorang.
      Kalau ada yang perlu ditanyakan, silakan ajukan di sini saja.

  183. Assalammualaikum wr.wb.
    Saya mau tanya bila capel tidak lulus atau tidak di terima msih bisa ikut ujian apapun utk bisa masuk pesantren? Karena kami berdomisili di jawa barat. Karena cita2 anak saya ingin masuk pesantren gontor.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Bila setelah pengumuman, dinyatakan tidak lulus, putra/putri ibu bisa mendaftak kembali di tahun depan. Atau, bisa juga mendaftar ke Pondok Alumni Gontor.

      Semoga Allah mudahkan niat baik anak ibu.

  184. Assalamu’alaikum ustd, punten mau bertanya,
    Putra sy kls 2 smp di salah satu pesantren modern di bandung, dan skrg sdg masa libur tengah semester, dan sy bermaksud memindahkanny dikala nanti pas kenaikan kls 3.
    1. Apakah pesantren gontor menerima siswa pindahan dr pesantren lain.
    2. Apa persyaratanya dan berapa biaya adm perpindahanny.

    Terimakasih ustd.🙏

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Sebaiknya, putra bapak diluluskan dulu SMP-nya. Kalau baru naik kelas 3 lalu dipindahkan ke Gontor, nantinya akan kelas 1 lagi.

      Jazakallah khairan.

  185. Bahasa apa saja yang dipakai di Gontor?? Dan bagaimana kalo tdk bisa/tdk mengerti bahasanya??

    • Di Gontor sehari-hari termasuk dalam kelas menggunakan Bahasa Arab dan Inggris. Untuk santri yang baru masuk akan diajarkan secara intens sehingga mudah mengerti 2 bahasa asing ini.

  186. Assalamualaikum..klo seandai nya kita datang lebih awal k pondok untuk pendaftaran, apakah sudah dsediakan juga tempat nya, dan apakAh anak2 harus membawa lemari pakaian sendiri,dan seragam apakah yg harus d bw oleh santri utk belajar sehari2..terima kasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh

      Untuk kebutuhan santri, bisa dibeli di pondok. Semuanya sudah tersedia. Seragam di pesantren tidak sama seperti seragam di sekolah konvensional.

      Terima kasih kembali 🙂

  187. Assalamu’alaikum , maaf klo daftarnya sendiri tanpa wali ,bsa gk ya ? Soalnya kasian orang tua , jaraknya jauh ,

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Bisa saja daftar sendiri tanpa wali. Dulu beberapa ustadz saya cerita mereka daftar sendiri. Untuk lebih jelas, silakan telefon ke Gontornya langsung.

      Semoga membantu.

  188. assalamu’alaikum ka saya mau nanya..
    1.katanya untuk lulusan smp masa belajarnya di gontor selama 4 tahun dn itu blum termasuk masa pengabdian..apakah tidak ada jalan alternatif nya?
    2.apakah saat mengabdi bisa sambil kuliah?
    terima kasih..assalamu’alaikum

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      1. Benar ibu, lulusan SMP 4 tahun pendidikan. Kalau mau lebih cepat, bisa dicoba ujian lanjutan. Banyak yang langsung kelas 5. Jadi, pendidikan cuma 2 tahun. Untuk pengabdian, itu harus. Pengabdian itu mengamalkan ilmu, insya Allah memantabkan ilmu, syarat mengambil syahadah.

      2. Untuk yang mengabdi di Gontor, bisa kuliah dan gratis. Kuliah di UNIDA.

      Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wa rahmatullah.

  189. Assalamu’alaikum ustadz ..insya Allah anak saya mau daftar ke pondok, supaya antara pendaftaran dan ujian tulis tidak menunggu waktu lama, kapan kita harus mendaftarnya? Seumpama tidak lulus di gontor apa ada alternatif lainnya ustadz? Saya dengar ada sekolah alumni gontor, maksudnya bagaimana? Terimakasih..wassalamu’alaikum…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Kalau tidak mau menunggu lama, bisa mendaftar setelah lebaran. Karena ujian tulisnya tanggal 10 Syawwal. Seandainya tidak lulus, biasanya di sekitar area pengumuman ada meja stand pendaftaran pondok alumni. Maksudnya, pondok pesantren yang didirikan alumni Gontor. Insya Allah kurikulumnya hampir sama.

      Semoga mencerahkan.

      Wassalamu’alaikum wa rahmatullah.

  190. Assalamualaikum bagaimana bila ingin masuk gontor tp tidak punya uang yang mencukupi (sebanyak yang disyaratkan)

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Insya Allah sampai pendaftaran ada rezekinya. Sebenarnya ada banyak cara untuk itu. Di antaranya, ibu konsultasikan ke orang terpandang di tempat ibu bahwa tujuan ibu baik. Atau minta bantuan masjid sekitar rumah untuk membantu, karena masjid punya fungsi dan kewajiban menopang kebutuhan penduduk sekitar. Ibu juga bisa coba sharing di group facebook Gontor, (siakan cari di fb “Keluarga besar pondok modern”) tidak menutup kemungkinan ada yang punya solusi.

  191. Assalamualaikum..
    Anak saya putra skrg kls 9…berkeinginan utk mondok..kpn pendaftaran dimulai..krn ujian akhir smp bln april 2019…apakah lsg datang mendaftar..apa sj persyaratan yg hrs dilengkapi krn kmi dr kalsel…brp biaya yg disiapkan

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Insya Allah pendaftaran akan dibuka bulan puasa. Untuk persyaratan, bisa dilihat di atas.

  192. Assalammualaikum…saya mau nanya pendaftaran masuk pondok pesantren Gontor tahun ajaran 2019-2020 kapan ya pak dibukanya?. Untuk anak saya putra tamat SD tahun ini. terima kasih sebelumnya pak. Assalammualaikum ..

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Insya Allah pendaftaran akan dibuka bulan Ramadhan. Semoga Allah mudahkan.

      Wassalamu’alaikum wa rahmatullah

  193. Assalamualaikum,….untuk tahfidz ada gak ya???kalau ada lokasinya dimana?khusus cowok atau cewek?syukron.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Sebenarnya di Gontor banyak juga yang menghafal al-Quran. Tapi, kalau anak bapak masih SD atau belum sekolah dasar, bisa dimasukan ke pondok tahfidz di samping Pondok Modern Gontor.

      Jazakallah

  194. assalamualaykum…mau tanya berapa biaya pendaftaran anak msk smo dan sma karan anak sy yg satu sd dan yg satu lagi smp…tamatnya barengan
    satu cewek satu cowok..dan mau tanya niasanya anak gontor liburnya dlm sthn brp kali bisa pulang.saya domisili kalimantan barat.mksh

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.

      Dalam satu tahun Gontor liburan 2 kali. Awal tahun 10 hari, akhir tahun 50 hari. Selama waktunya ada, tentu saya bisa pulang. Mungkin dari Jawa ke Kalimantan hanya 1,5 jam.

      Untuk sementara, Gontor belum membuka cabang di Kalimantan.

      Jazakillah.

  195. Assalamualaikum ustadz…
    Saya mau nanya ank sya lulus SD tahun ni tapi kami tinggal jauh di Sumatera barat kota Padang..
    Gimana cara pendaftaran nya dan apa sja persyaratan nya masuk ponpes ni…
    Biaya masuk tahun ni berapa dan berapa biaya Perbulan nya, dan apa saja fasilitas yang diberikan..
    Wassalam

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Pertama, untuk mendaftar masuk harus langsung ke Pondok Gontor Pusat di Ponorogo. Untuk biaya masuk tahun ini belum keluar keputusan. Untuk sementara, mungkin ibu bisa mengunjungi Ponpes Gontor yang ada di Sumatera untuk bertanya lebih jelas, mungkin dari sana bisa ujian-nya.

      Alamat Gontor di Sumatera:

      > Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 11
      > Bubuh Limau, Mandi Mandi an, Ompang Talago Lawe, Sulit Air, Solok, Sumatera Barat.

      + Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 12
      + Parit Culum 1, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Jambi

      = Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 14
      = Lubuk Jering – Sungai Mandau – Lubuk Jering – Siak – Siak – Riau 28671

  196. Assalamualaikum….sy mau tny td sy ada baca klo pendaftaran di mulai awl ramadhan, mis daftar tgl 1 ramadhan tgl 2 ramadhan ujian lisan, nah sp menunggu ujian tulis apakah anaknya blh pulang dulu…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Sampai ujian tulis, tidak boleh pulang. Menunggu sambil belajar.

      Itu yang saya tahu.

  197. Assalamualaikum.
    Apakah Lulusan Smp Bisa mondok di Gontor dan masuk kelas reguler . Dan daftarnya pakai ijazah apa

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Lulusan SMP bisa masuk kelas reguler di Gontor, cukup bawa ijazah SD. Tapi, apakah tidak sayang waktunya? Kalau nantinya merasa kurang puas belajarnya di Gontor, teruskan saja masuk UNIDA.

  198. Assalamualaikum….
    Mau nanya, misal ktrima d KMI gontor sampe lulus lalu pengabdian 1 tahun..pengin saya anak saya nnti stelah lulus KMI bisa masuk kuliah kuliah jurusan teknik atau kedokteran.. apakah bisa? apakah ada alumni yang bisa masuk ke PTN seprti UGM ITB ITS dll.
    terima kasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Bapak/Ibu tidak perlu khawatir, banyak alumni Gontor ada di PTN, UGM, ITB, dan ITS juga banyak. Tapi, biasanya alumni Gontor cita-cita kuliahnya ke luar negeri. Kedokteran ada, arsitek ada, pilot ada, politisi segudang, dll.

      Terima kasih.

  199. Assalamualaikum. Sy telah menyimak komentar diatas. Apakah bisa pondok alumni dijadikan alternatif liburan anak2 sekolah yg sekolahnya tidak di ponpes tsb. Klo boleh kira2 brp biayanya untuk selama liburan anak? Terimakasih. Wassalamu’alaikum.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Tentu saja bisa ibu, hanya berkunjung dan lihat-lihat boleh. Sepanjang yang tahu, datang ke Pondok sebagai tamu, itu gratis. Bahkan, tidak sedikit sekolahan yang menjadikan Gontor atau pondok alumni sebagai tempat study tour.

      Wassalamu’alaikum wa rahmatullah.

  200. Assalamualaikum wr wb….
    1. Anak saya saat ini kelas 5sd apabila saat lulus sd nanti ingin mengikuti test di gontor brarti di bulan apa anak saya bisa mengikuti?
    2. Saya membaca bahwa calon santri mengikuti test sampai 10 hari bakan lebih dan itupun ada yg tidak lulus, apakah saat pemberitahuan tidk lulus test lama?karna apabila tidak lulus test otomatis si anak akan sekolah umum, apabila terlalu lama menunggu hasil test kemungkinan pendaftaran sekolah umum tutup

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      1. Insya Allah, Gontor selalu membuka pendaftaran di Bulan Ramadhan.
      2. Sebenarnya, yang lama itu menunggu ujian tulis di tanggal 11 Syawwal. Terakhir daftar tanggal 10 Syawwal. Kalau ibu daftar tanggal 1 Ramadhan, tanggal 2 Ramadhan anak ibu akan ujian lisan. Jadi, anak ibu (boleh ditinggal) akan menunggu selama 38 hari sampai ujian tulisa.
  201. alda klarissa febiola

    assalamualaikum…
    saya mau tanya kak,saya kan sekarang ini kelas 9 smp [kelas 3] saya ingin melanjutkan SMA saya di gondor. saya akan menanyakan beberapa hal:
    Saya pernah dengar jika di gontor itu membutuhkan waktu lama disana hingga bisa 4\5 tahun disana ,dalam waktu selama itu program disana apa saja ya kak? .
    Di gontor apa iya disana dibiasakan menggunaka 3 bahasa tiap harinya kak?
    Dan pertanyaan terakhir saya jika calon pelajar yg tidak lulus pendaftaran apa harus ke pondok alumni gontor atau dapat mencari sekolah lain ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Saya jawab satu persatu ya:

      1. Untuk lulusan SMP, normalnya masa belajar sebagai santri 4 tahun. Kecuali bisa ikut ujian lanjutan, ada yang langsung kelas 5 bahkan langsung kelas 6 pun ada. Setelah lulus, alumni Gontor harus mengamalkan ilmunya dengan mengabdi selama satu tahun, bisa dimana saja. Untuk wanita, kalau setelah lulus sudah ada yang melamar, dan tahun itu menikah, maka dia dibebaskan mengabdi.
      2. Mengenai program, boleh dijelaskan program apa yang dimaksud?
      3. Selama belajar di Gontor, santri hanya boleh menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Bahkan saat belajar dikelas. Kecuali pelajaran B. Indonesia.
      4. Jika belum lulus, bisa mencari sekolah lain. Tapi umumnya, karena tujuan awal memang mau mendalami agama di Pondok Pesantren, mereka akan lebih memilih ke Pondok Alumni.
  202. Ass’wbr sya mu tanya kalau untuk anak umur 7 tahun bisa GK ya masuk Gontor ?…
    Mksh

    • Wa’alaikuussalam

      Maaf Ibu, Pesantren Gontor hanya menerima lulusan SD minimal. Saran kami, jika ibu masih sanggup dan sempat mendidik anak sendiri, apalagi di usianya yang masih 7 tahun, sebaiknya dirumah saja dulu. Umur segitu memang milik orang tua.

  203. Assalamu”alaikum

    Saya berencana memasukan anak saya ke gontor ,pada tahun ajaran 2019. kami berasal dari indonesia tapi sekarang saya tinggal di johor malaysia ,yang ingin saya tanyakan . anak saya sekolah lulusan dari sekolah rendah – tahfis johor -malaysia .
    1.persyaratan apa saja yang di perlukan bagi calon yang berijazah dari sekolah luar negeri
    2.bagaimana dengan ujian tulis bidang bahasa indonesia yan notabenya. tidak di dapat waktu sekolah di malaysia

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Mengenai 2 pertanyaan bapak, sejauh yang saya tahu di Gontor banyak pelajar yang berasal dari Malaysia dan beberapa negara lain, tentunya ijazah dan bahasa ibunya berbeda. Saya yakin akan pertimbangan lain mengenai 2 pertanyaan bapak. Untuk lebih detil, silakan menghubungi kontak berwenang berikut:

      Tel dan Faks Sekretaris Pimpinan (0352) 311 766

      Email [email protected]

      Pengasuhan Santri (0352) 311 711/311 911/313 102

      Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) (0352) 313 336

      Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Pusat (0352) 311 586

      Semoga Allah permudah.

  204. Assalamualaikum warohmatuhi wabahrokatuh. Saya sekarang saya kelas 3 sma rencana tamat sma mau masuk pesantren gontor,prtanyaannya sekolah tinggi disana berapa tahun?dan berapa biaya yang harus saya keluar kan per semesternnya

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh

      Di Universitas Darussalam kurang-lebih kuliah 4 tahun. Untuk biaya silakan langsung mengunjungi web UNIDA: http://unida.gontor.ac.id/

      Insya Allah ringan untuk pendidikan.

  205. Gladis diah prihatini

    Assalamualaikum…
    Saya mau tanya, saya sekarang kelas 9, saya ingin setelah lulus smp, saya pesantren di gontor, tapi saya takut kalau test, tidak lulus, karna saya tidak terlalu mendalami pelajaran tajwid, dan berbahasa arab, bagaimana ya mengatasinya??, agar bisa lulus test. Terima kasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Sebaiknya, sejak sekarang di dalami tajwidnya dan tulisan arabnya. Kalau belum bisa bahasa Arab tidak apa-apa. Kalau ada rezeki, cuma daftar bimbel masuk Gontor, atau cari IKPM Gontor terdekat. Biasanya di sana ada bimbingan.

      Semoga Allah permudah.

  206. Assalamualaikum.. Saya mau bertanya Apakah mondok di gontor ada pelajaran mengaji kitab kuning / kitab gundul ? Jika saya mendaftarkan anak saya tgl 5 syawal, apakah sejak mendaftar sampai pengumuman penerimaan saya harus menetap terus di ponpes ? Atau saya hanya datang untuk mendaftar lalu pulang dan datang lagi ketika test dan pengumuman penerimaan?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Alhamdulillah, namanya pesantren pasti mendalami agama Islam dan tentunya melalui kitab ulama salaf (kitab kunging). Semua alumni Gontor bisa baca Arab Gundul. Untuk pendaftaran, sebaiknya anak Bapak ditunggui sampai pengumuman. Putra-putrinya tidak boleh pulang.

  207. Assalamualaikum..saya mw nanya untuk gontor putra itu mulai pendaftarannya kpn dan sampai kpn?kl misal daftarnya hbs lebaran msh bisakah?dan misalkan anak saya daftar awal ramadhan itu anak saya tinggal dipondok atau hanya daftar saja.makasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Insya Allah pendaftaran dibuka dari Ramadhan sampai 9 Syawwal. Sejak pendaftaran, calon santri tidak bisa pulang karena ada kegiatan.

  208. Assalamualaikum saya mau tanya saya kn kelas 8 smp niat saya semester 2 ini ingin mondok di gontor apakah bisa?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Saran saya, sebaiknya lulus SMP saja dulu. Nanti daftar masuk Gontor sebagai lulusan SMP.

  209. Assalamualaikum wr. Wb
    Ada hal yang mengganjal dipikiran saya saat ini
    Anak saya lulusan sd thn skrg.. Dan dia ingin sekali masuk pesantren di gontor.. Ketika saya tanya kesana kesini ketemu lah dengan teman saya dan dia pun anaknya masukbdi gontor thn 2017 tapi skrg dia sdh berhenti diakrrnakan anaknya nakal selalu ribut disana.. Dan saya sharing kepada teman saya mengenai biaya yang harus dikeluarkan jika pesantren disana..
    Dan saya sangat kaget ketika teman saya menghabiskan uang selama dikarantina itu mencapai 35 jt..
    Saya pun jadi bingung dan sampai saat ini pun saya masih memikirkannya.. Uang dari mana kalo sampai biaya dikarantina tsbt mencapai biaya yang sangat tinggi sedangkan anak sata ingin sekali pesantren di gontor..
    Saya mohon minta penjelasannya mengenai hal tsbt.. Sebelumnya sata ucapkan terima kasih
    Wassalamualaikum wr. Wb

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Menurut saya, teman bapak over belanja. Pendaftaran Gontor saja tidak lebih dari 6juta, sudah termasuk makan. Untuk karantina, diluar itu mungkin hanya kebutuhan pakaian sekadarnya saja.

      Kalau sudah diterima, mungkin ada kebutuhan lain seperti buku-buku yang saya yakin tidak lebih dari 500 ribu untuk kelas 1. Semoga membantu.

      Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

  210. Assalamualaikum
    Mohon info, dalam waktu dekat sy ada rencana survey ke gontor, tetapi yg sy harapkan bisa melihat aktivitas seperti biasanya, apakah dlm Bulan November ini aktivitas gontor sudah mulai aktif ?, krn sy dengar para santri sedang liburan semester, kalo memang betul kpn waktu dimulai pembelajarannya lagi
    Saya ada rencana dari Semarang siang dg perjalanan darat artinya sampai sana sudah malam, apakah kami bisa dibantu penginapan nya ?, mengingat sy membawa balita juga, terimakasih
    Atau kalo boleh minta link penginapan yg kira kira bisa membantu tuk pesan kamar
    terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Sekarang ini Gontor sedang sibuk melaksanakan ujian pertengahan semester yang akan dilanjutkan dengan liburan tengah tahun antara 11-20 Rabiul Awwal. Jadi, kegiatan efektif akan dimulai kembali kurang-lebih 1 pekan setelah tanggal tersebut.

      Untuk tamu, sudah ada gedung khusus sebagai tempat penginapan. Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Kalau yang free, satu kamar bisa 10-20 orang. Tentunya, kalau wanita sama wanita semua.

      Sementara yang berbayar, bisa coba hubungi nomer berikut; (0352)311-470

      Semoga informasi tersebut bermanfaat.

  211. اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎
    saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan
    1.Apakah harus menunggu lulus SD dahulu jika ingin mendaftar???
    2.Apakah anak usia 7 tahun bisa mndaftar ke pondok pesantren Gontor???Karena saya menginginkan anak saya bisa mendalami agamanya.
    3.Apakah betul persyaratan untuk masuk pondok pesantren Gontor Harus hafal minimal surat Yasiin dan istiqhosah terlebih dahulu untuk mnjalankan testnya???karena ada salah 1 tetangga saya pernah mendaftar.beliau mengatakan harus hafal minimal surat Yasiin dan istiqhosah
    4.Berapa biaya untuk pendaftarannya untuk anak SD
    5.Apa saja persyaratannya
    جزاك اللهُ‎
    Wassalamualaikum warrohmatullohi wabarrokatuh

    • وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

      Terkait pertanyaan Ibu, izinkan saya menjawab satu persatu:

      1. Syarat daftar Gontor harus membawa ijazah sekolah, baik itu SD, SMP, SMA atau Sarjanan.
      2. Mohon maaf, Gontor tidak melayani pendaftaran secara indent. Kalau ibu berkenan, di sebelah Pondok Gontor Pusat ada pesantren tahfidz untuk anak-anak. Pesantren itu diasuh dan dipimpin langsung oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal, yang juga pimpinan Gontor.
      3. Tidak betul, tidak harus hafal Yasiin dan Istighosah. Yang benar, yang akan diujikan; Bahasa Indonesia, Membaca al-Quran, Praktik Shalat, Hafalan doa harian, Hafalan surat pendek dalam Juz Amma. Imla (dekte bahasa Arab) dan berhitung.
      4. Untuk biaya pendaftaran tahun lalu sebesar Rp.5.400.000,-
      5. Persyaratannya, Persiapakan minimal 2 fotokopi; STTB yang sudah dilegalisir, Akte lahir, KTP Wali, Kartu Keluarga. Selanjutnya, pas foto 4×6 dan 3×4 sebanyak 4 lembar, jangan lupa surat keterangan sehat dari dokter.

      Kurang lebih hanya itu saja. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silakan cantumkan komentar.

      Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

  212. Asalamualaikum…saya mau nanaya selain uang masuk sama uang bulanan apakah ad biaya lain …mohon ingfoya ….saya kepegin anak saya masuk Gontor tp kyakya yg masuk situ orang2 kaya …mksh wassalamu’alaikum

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

      Ibu Aisyah, selain biaya di atas, ada biaya yang sifatnya opsional. Artinya, sesuai kebutuhan dan keinginan santri. Contohnya; buku dan kitab sesuai kelas. Kegiatan ekstrakulikuler dan kelompok yang diikuti.

      Saya termasuk bukan orang kaya. Sebagian uang SPP saya dibayarkan oleh teman dan ustadz. Sejak kelas 3 KMI saya tidak dapat membeli buku. Selain saya, masih banyak lagi santri yang keterbatasan. Tapi ketika saya melihat, biaya pendidikan di Gontor saat itu, bahkan sampai hari ini, ternyata lebih murah ketimbang biaya pendidikan di Kota tempat saya dibesarkan.

    • Assalamu’alaikum ustadz sya h5 sya berencana ingin memasukkan adik sya ke gontor .sya tinggal di sumaterautara medan..apakah adah pendaftaranya melaulu medan..tidak mesti ke gontor

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah

        Kalau saudari berkenan, bisa coba mendaftar di Gontor yang ada di Lampung ataupun Aceh.

        Pendidikan, silabus, kegiatan, semuanya sama seperti di pusat.

  213. Asslamualaikum kak saya mau tanya berapa lama kita di ponpes kalau kita masuk kesana baru tamat smp.dan apa ketika tamat dari ponpes bisa dapat ijazah

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Untuk tamatan SMP, masa belajarnya 4 tahun, itu belum termasuk pengabdian. Insya Allah Ijazah diberikan setalah pengamalan ilmu selama 1 tahun.

    • Usmadina Aulia Rahman

      Assalamualaikum ustadz.. Saya mau bertanya.. Saya dulu pernah menjadi santriwati di PMDG PUTRI 3 KARANGBANYU, lalu saya memutuskan untuk keluar dari gontor tersebut karena saya tidak kuat dengan pembelajaran disana/ Belum bisa adaptasi di lingkungan sana.. Tetapi setelah direnung, ternyata saya sangat menyesal sekali karena saya telah keluar dari gontor tsb.. Saya bener bener pengen merubah semuanya dari awal lagi.. Seperti dah tak bisa.. Karena kata teman, dulu yang pernah masuk gontor keluar udah gak bisa daftar lagi di gontor sana.. Sekarang saya sklh di kls 1 MA, dan saya masih memiliki 1 kesempatan lagi yaitu kuliah.. Saya bingung, dulu saya pernah keluar dari gontor, masih bisa tidak menerima saya di unida tsb.. Karena saya dari dulu pengen sekali memiliki sebuah lingkungan dan ajaran murni dari islam yang benar benar terdidik.. Saya bingung, boleh tidak ya? Karena itu keinginan saya banget.. Boleh tidak ustadz?

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

        Izin jawab ya mbak.

        Setahu saya, boleh saja daftar kembali di Gontor. Saya pernah tahu selama nyantri, ada 2 orang keluar terus masuk lagi. Silakan saja mbak kalau mau coba masuk kelas taksifi. Atau, lebih jelas langsung telepon ke KMI aja.

        Semangat ya mbak. Apalagi UNIDA sangat terbuka untuk siapa saja yang mau menuntut ilmu.

  214. Assalamu’alaikum warahmatullhiwabarakatuh

    say ibu meli say orng tua murit kebetualan ank say yg besar udh kelas 6 sekarang bentarlg tamat.ank say mau masuk gontor boleh gk soalnya ank say dari sd no muslim sd sint carolus brngkulu (katolik)

    klo boleh apa saja syaratnya?

    Kmi agama islam..panjang ceritanya klo mau di jelaskan..lebih kurang ppny dulu cihna(budh)..kmi kan dri daerah Bengkulu apa saja yg nati harus kmi bawa?

    Ada gk alumi dari bengkulu klo ada bisa mintak alamatnya atu no hp pendaftaran 2019kpn di buka? Klo say mau informasi langsung no mn yg say hubungi tolng bantuanya ank say semangt sekali ingin masuk santren gontor terima kasih

    wassalam mu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

      Ibu Meli yang terhormat, jangankan SD di sekolah nonmuslim. Dulu teman seangkatan saya ada yang muallaf setelah S1 kemudian masuk Gontor. Yang orang tuanya nonmuslim pun ada. Yang penting ada ijazah SD, bisa diterima. Untuk syarat-syarat pendaftaran Gontor Putra sebagaimana berikut kurang-lebih:

      1. 2 lembar fotokopi STTB yang sudah dilegalisir.
      2. Surat Keterangan dokter.
      3. Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
      4. 1 lembar fotokopi Akta Kelahiran.
      5. 1 lembar fotokopi KTP wali.
      6. 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga.

      Mungkin, saya tidak bisa mencantumkan kontak alumni secara pribadi. Tapi Ibu Meli bisa mengunjungi kantor cabang IKPM (Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor) Bengkulu. Alamatnya: Jln. Cendrawasih RT. 07 RW. 02 No. 1 Kebun Geran Bengkulu.

      Gontor juga memiliki cabang di Kalianda, Sulit Air dan Aceh. Kalau Ibu berkenan, bisa berkunjung ke sana.

      Ada juga group sharing wali santri Gontor di facebook, dengan nama “Keluarga Besar Pondok Modern Darussalam Gontor” yang jumlah anggotanya 61 ribu.

      Untuk pendaftaran akan mulai dibuka pada bulan Ramadhan insya Allah.

      Semoga info di atas membantu.

      Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

  215. Assalamualaikum kak,kalau boleh tanya apakah tes masuk gontor harus hafal juz amma atau juz 30?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Tidak harus. Pelajaran yang diujikan hanya; Bahasa Indonesia, Membaca al-Quran, Praktik Shalat, Hafalan doa harian, Hafalan surat pendek dalam Juz Amma. Imla (dekte bahasa Arab) dan berhitung.

  216. Assalamualaikum
    Apakah ada kampus gontor yg diluar jawa ?
    Jika ada, bagaimana dg sistem seleksinya yg dalam penempatan kampusnya ditentukan dari hasil seleksinya, mungkinkah si anak di tempatkan di luar jawa ?, mengingat anak laki laki sy masih kelas 6SD
    Jika mau berkunjung ke gontor tuk pengenalan ke anak, mohon saran lebih baik gontor yg dimana ? mohon alamatnya sekalian dan adakah rekomendasi penginapan untuk kami, mengingat perjalanan kami cukup jauh, mohon maaf jika sy banyak pertanyaan dan terimakasih

    • Wa’alaikumussalam wa rahatullah wa barakatuh.

      Untuk di luar jawa, kampus Gontor baru ada di Aceh, Lampung, Kendari dan Poso. Kalau boleh tahu, Ibu tinggal di pulau apa?

      Sejauh ini, yang saya tahu dari banyak daerah ingin merasakan di pusat. Tapi setahu saya juga, ada yang daftar di cabang Gontor. Biasanya, penempatan di cabang, hanya akan di sekitar Jawa, kalau daftarnya di Gontor pusat. Kecuali saat naik kelas 6 KMI. Mereka akan ditugaskan ke Sumatera dan Sulawesi.

      Untuk pengenalan, Ibu bisa membawa putranya ke Gontor terdekat. Kalau belum puas, silakan ke Gontor Pusat di Mlarak Ponorogo. Mengenai penginapan, ibu dan putranya bisa bermalam di bagian penerimaan tamu gratis. Sebagian Gontor juga memiliki wisma.

      Semoga membantu…

  217. Assalamualaikum, saat ini anak saya kelas 6 MIN, saya berencana memasukkan anak saya ke ponpes gontor tahun depan. Pertanyaan saya, apakah saya datang langsungnya nanti saat pendaftaran di buka tgl 1-10 syawal? Atau sblm pendaftaran di buka saya berkunjung dulu ke ponpes gontor?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Sebaiknya datang untuk mendaftar sejak Ramadhan, tentunya saat pendaftaran sudah dibuka. Kalau mau sekedar berkunjung dan melihat-lihat pondok, sekarang juga boleh. Sekaligus perkenalan untuk putranya.

  218. Assalamualaikum
    Anak lelaki sy skrg 6 SD, tuk masuk Gontor sesulit apa ?, mengingat dari SD umum, kira kira apa yg harus sy persiapkan dengan matang agar keterima harus hapal juz 30 kah atau bagaimana ?
    Melihat pondok pondok lain yg sudah mulai membuka pendaftaran bahkan Januari 2019 mereka sudah tutup pendaftaran, bagaimana dg gontor, kira kira Bulan apa pendaftaran nya, dan biasaya para calon santri yg tidak keterima mereka biasanya melanjutkan kemana ?
    Ohya 1 pertanyaan lagi, di beberapa pondok pondok modern skrg menyediakan fasilitas laundry atau mungkin mesin cuci, bagaimana di gontor untuk fasilitas mencuci baju para santrinya
    Mohon Maaf jika banyak bertanya, terimakasih 🙏

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Sebenarnya masuk Pesantren Gontor sangat mudah. Pelajaran yang diujikan juga gampang; Bahasa Indonesia, Membaca al-Quran, Praktik Shalat, Hafalan doa harian, Hafalan surat pendek dalam Juz Amma. Imla (dekte bahasa Arab) dan berhitung. Untuk lebih mudah dalam mempelajarinya, ibu bisa carikan Primago/Bimago/Sigor (bimbingan masuk Gontor).

      Untuk pendaftaran, Gontor ikut tahun hijriah. Mulai dibuka pendaftaran bulan Ramadhan sampai 9 Syawwal. Kalau tidak diterima nyantri di Gontor. Biasanya di area pondok akan ada stand pendaftaran Pondok Alumni.

      Mengenai cuci baju. Di Gontor sudah ada laundry sejak lama. Tapi sebaiknya putra ibu, harus belajar cuci pakaian sendiri. Bukankan kita ingin anak-anak kita mandiri?

      Semoga info blog ini membantu. Kalau masih banyak yang ingin ditanyakan, silakan cantumkan saja dikomentar.

  219. Assalamualaikum, Kak jadi sekarang saya kelas 3 smp saya ingin melanjutkan SMA di pondok pesantren gontor ini kak,untuk jadwal pendaftaran kapan akan di laksanakan nya kak? Terimakasih:) Wassalamualaikum

  220. Assalamu’alaikum kak, saya akhwat, kira² untuk biaya keseluruhan di ponpes gontor untuk lulusan Madrasah Aliyah pertahunnya berapa ya ka?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Ukhty, terkait biaya pertahun, untuk tahun ajaran yang akan datang belum dapat dipastikan. Tapi, saudari bisa merujuk halaman resmi Gontor berikut untuk biaya tahun lalu. Insya Allah tidak akan beda jauh.
      https://www.gontor.ac.id/pendaftaran

  221. Assalamualaikum, thn ini dia lulus smp pesantren modrn, dia berminat untuk masuk pesantren salaf, apakah gontor termasuk pesantren salaf?? Berapa biaya perbulan klo lulusan smp?? Terimakasih!!

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Alhamdulillah Gontor menerima lulusan SMP. Tapi, sebelumnya boleh tahu apa maksud saudara tentang Pesantren Salaf dan Modern?

  222. Assalamu’alaikum wr. wb,,saya ingin bertanya ustadz,,saya masih sekolah sma di daerah tangerang kelas 2 sma,,saya ingin belajar dan mendalami ilmu agama,,apakah saya bisa mendaftar di pesantren gontor? Menurut ustadz apakah saya bisa langsung pindah dan mendaftar ke pondok pesantren gontor atau menamatkan sma dlu baru mendaftar ke pondok pesantren gontor?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Semoga Allah mudahkan niat dan tujuannya mendalami ilmu agama dan menjadi ilmuan.

      Untuk masuk Gontor saat ini harus ikut ujian. Lulusan SMA dan SMP nantinya masuk kelas yang sama. Jadi, silakan tentukan sendiri mau nunggu lulus SMA atau langsung sekarang.

  223. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, saya akhwat,..
    InsyaaAllah, sya lulusan Madrasah Ahliyah thun 2019,.. saya ingin mondok dulu tahun , utk mmperdalam ilmu agama, dan bahasa arab atau pun inggris. Terlebihnya tahfidz,..
    Kira2, klo saya ambil program blajr 1 thun bisa kah? Dan apakah pndaftarannya sesulit tes pelajar wjib, sperti tmatan sd atao smp? Ataukah bisa langsung di terima dan ? Lalu, bagaimana pelajarannya, apkah di gabung dengan pelajar yg tingkat sma ? Atao ad kelas lainnya?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Sepanjang yang kami tahu, di Gontor tidak ada program 1 tahun. Kecuali, kalau saudara bisa langsung masuk kelas 6 KMI, melalui ujian lanjutan. Sementara untuk ujian masuk, materinya sama saja dengan tamatan SD dan SMP.

      Kalau boleh saran, kenapa tidak masuk UNIDA (Universitas Darussalam) Gontor? Sekalian melanjutkan jenjang S1 sarjana.

  224. Jika cepel dinyatakan lulus dan diterima.. Bagaimana mekanisme kunjungan orangtua.. Sebulan berapakali atau berapa bulan sekali..

    • Untuk kunjungan, orang tua boleh datang setiap hari. Dengan syarat, tidak boleh mengganggu kegiatan pondok. Misalnya waktu masuk kelas atau pramuka, orang tua tidak boleh membawa atau menahan anaknya.

  225. Assalamualaikum saya lulusan S1 apakah saya bisa masuk ke gontor trus berapa lama masa pendidikannya
    Kalo saya ingin belajar agama sekitar 1 tahun saja apakah bisa..?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Lulusan S1 bisa. Pendidikannya 4 tahun sampai tamat Gontor. Untuk belajar agama, sebenarnya tidak cukup setahun.

    • Kalau saya boleh saran, kenapa tidak masuk Gontor tapi program S2 Master saja sekalian?

      • S2 Master di Unida? Saya browsing jurusannya tidak sesuai dengan jurusan saya. Lalu bagaimana ya pak? Kalau hanya mempelajari agama saja apakah boleh?

        • Sebenarnya, belajar agama memang harus punya dasar. Bahkan masuk kampus manapun pasti diuji kemampuan dasar kita.
          Kalau benar-benar mau belajar agama caranya banyak. Allah pasti akan buka jalan tersebut.

          Nonformal di antaranya; sering ikut kajian, banyak membaca buku dan yang tidak kalah penting menguasai Bahasa Arab dan ilmu alat untuk membedah isi Quran dan Hadits. Kekurangan cara ini, belajar kita tidak runut dan sistematis. Kita hanya meraba yang sekiranya penting, tanpa bimbingan mendalam.

          Formal; masuk pesantren. Kebalikan dari cara nonformal, belajar kita terukur, teruji, terbimbing. Tapi, bagi sebagian orang cara ini makan banyak waktu. Saudari harus duduk kembali di kelas bersama anak seumuran 1 SMA selama 4 tahun. Tidak terlalu bermasalah sebenarnya kalau kita bertekad menuntut ilmu.

  226. Assalamualaikum.wr.wb
    Izin bertanya…
    Saya baru lulus SMA …apa saya bisa ikut pendftaran ponpes gontor… ?terima kasih

  227. Assalamu’alaikum, untuk Capel putra boleh di dampingi oleh ibunya atau harus di dampingi oleh laki² juga atau ayahnya.

  228. Assalammualaikum…
    pak ustad..mao bertnya anak saya saat ini sedang mondok jg kls 2 smp
    trus dia mao nerusin ke pondok gontor
    apakah sekolah yg dia tempuh nantinya menjd 4 thn kah?
    syarat dan test masuk bagi yg pernah mondok apakah sama pak ustad?
    trus kami kan berada jauh dr pondok gontor yaitu dr tangerang apa benar pendaftaran hrs indent 1 thn sblmnya?
    mohon jawabannya pak ustad…wassalamualaikum

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

      Pertama, kalau anaknya kelas 2 SMP, terus pindah ke Gontor, nanti mulai dari kelas 1, jadinya 6 tahun. Sebaiknya tamat SMP dulu, setelah itu SMA-nya di Gontor, masuk kelas intensif. Masa studi 4 tahun.

      Kedua, Semua test masuk sama. Tidak dibedakan. Nanti, kalau anak ibu memang pernah mondok di pesantren, bisa ikut ujian lanjutan untuk langsung naik kelas 3 atau kelas 5, bahkan langsung kelas 6 juga bisa.

      Ketiga, masuk ponpes Gontor tidak harus indent, bahkan tidak ada program indent di PM Gontor.

      Semoga membantu menjawab pertanyaan Ibu. Jazakillah.

  229. Kenapa kita tidak bisa masuk ke website persyaratan pendaftaran?

  230. Kalo Misalnya dya tidak sekolah N sekarang dya sudah usia lanjut , boleh kah masuk ke pesantren Gontor ?

  231. Bukankah pesantren tempatnya mencari ilmu, lalu kenapa harus diberikan tes terlebih dahulu 🤔

    • Kenapa daftar Gontor harus pakai tes masuk?

      • Supaya bisa bisa diberikan kelas B, C, D, P atau Q. Untuk mempermudah proses belajar-mengajar.
      • Agar dapat diketahui, apakah calon santri tersebut mampu atau tidak menjalani proses pendidikan di Gontor.
      • Meminimalisir kezaliman terhadap peserta didik. Kalau siapa saja bisa diterima, ditakutkan tidak dapat asrama, tidak dapat kelas, akhirnya terbengkalai. Walau bagaimanapun, Gontor punya kapasitas yang terbatas.
  232. minimal diusia berapa bisa mondok digontor. dan bayaran perbulannya.

    • Minimal masuk Gontor lulus Sekolah Dasar. Biaya bulanannya 630.000. Itu sudah termasuk;

      • biaya makan 3 kali sekali, minum air bening sesukanya,
      • air untuk mandi,
      • tempat tinggal,
      • spp sekolah, tidak perlu lagi keluar uang tambahan untuk ujian
      • dll

Leave a Reply